-->

Ads1

Cara Antisipasi Penyakit Antraknosa Pada Tanaman Bawang Merah Terbukti Ampuh

Cara Antisipasi Penyakit Antraknosa Pada Tanaman Bawang Merah Terbukti Ampuh

Cara Antisipasi Penyakit Antraknosa Pada Tanaman Bawang Merah Terbukti Ampuh

Pak Tani Harry Bus - Pada animo penghujan biasanya menjadi hal yang seram bagi setiap petani, terutama petani bawang merah. Kenapa animo hujan kok ditakuti banyak petani bawang merah? Sebenarnya bukan hanya petani bawang merah saja, ada juga petani lain yang juga waspada terhadap animo penghujan. Pasalnya pada ketika animo penghujan, banyak dampak yang terjadi pada tanaman, ibarat wabah penyakit. Penyakit pada tanaman bawang merah di animo penhujan antara lain yaitu antraknosa. Kaprikornus hati-hati jikalau sudah datang animo penghujan, harus ada pengendalian yang baik dan lebih baik melaksanakan pencegahan terhadap penyakit antraknosa ini.

Cara mengendalikan penyakit antraknosa pada tanaman bawang merah ini sanggup dibilang sulit bagi para petani, lebih lagi jikalau animo hujan telah tiba. Penyakit antraknosa ini disebabkan oleh cendawan yang berjulukan Coletotricum Gioesporiodes. Cendawan ini akan lebih berkembang lagi jikalau animo penghujan tiba. 

Adapun penyakit antranosa ini sanggup ditandai dengan mulai munculnya bercak berwarna putih pada daun bawang, kemudian akan membentuk lekukan dan usang kelamaan akan menjadi patah daun tersebut. Jika penyakit antraknosa ini tidak segera dilakukan penanganan, maka akan menular pada tanaman lainnya. Kelembaban udara sangat mempengaruhi percepatan pembentukan spora, sehingga cepat menyebar ke permukaan tanah sampai sanggup menular ke tanaman bawang yang lain.

Berikut ini bebera tips mengantisipasi penyakit antraknosa pada tanaman bawang merah yang sudah terbukti ampuh dan banyak dilakukan petani bawang. Silahkan anda coba ikuti dan biar bermanfaat.

 Pada animo penghujan biasanya menjadi hal yang seram bagi setiap petani Cara Antisipasi Penyakit Antraknosa Pada Tanaman Bawang Merah Terbukti Ampuh
Daun bawang merah terkena penyakit antraknosa

Cara Antisipasi Penyakit Antraknosa Pada Tanaman Bawang Merah Terbukti Ampuh


  1. Cara mengantisipasi dan mengendalikan penyakit antraknosa pada tanaman bawang merah yaitu dengan melaksanakan rotasi tanaman, maksudnya yaitu kita di anjurkan untuk tidak menanam bawang merah secara terus menerus, harus ada tanaman lainnya ibarat menanam kacang maupun tanaman sayur lainnya. Baru nanti kembali menanam bawang merah kembali. Intinya rotasi tanaman yaitu menanam banyak sekali jenis tanaman secara bergilir pada satu lahan pertanian.
  2. Melakukan budidaya bawang merah pada animo kemarau, hal ini merupakan cara paling gampang dan efektif dilakukan. Pada tahap ini memang kita harus tahu dan jeli dalam memperkirakan cuaca dan musim. Karena pada animo kemarau jarang sekali terjadi kasus penyakit antraknosa ini.
  3. Menggunakan fungisida dengan baik dan benar sehingga tidak menyebabkan kerusakan pada tanaman, lantaran jikalau tidak tepa dalam penggunaan fungisida, justru sanggup merusak tanaman dan ekosistem didalamnya.
  4. Selalu menjaga kebersihan lingkungan dan lahan daerah kita menanam bawang merah. Dengan rajin membersihkan lahan, maka akan memperkecil penyebaran penyakit antraknosa.
  5. Cara mencegah penyakit antraknosa selanjutnya yaitu dengan menanam bawang merah yang tahan terhadap penyakit. Ada beberapa varietas bawang merah yang sangat tahan terhadap penyakit, nah anda sanggup menggunakannya.

Itulah beberapa Cara Mengantisipasi Penyakit Antraknosa Pada Tanaman Bawang Merah Terbukti Ampuh, biar isu ini bermanfaat dan sanggup menambah wawasan anda semua.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser