-->

Ads1

Panduan Lenngkap Cara Menanam Pohon Gaharu

Panduan Lenngkap Cara Menanam Pohon Gaharu

Panduan Lenngkap Cara Menanam Pohon Gaharu

Cara Menanam Pohon Gaharu Yang Benar - Gaharu ialah kayu berwarna kehitaman dan mengandung resin khas yang dihasilkan oleh sejumlah spesies pohon dari marga/genus Aquilaria, terutama A. malaccensis. Resin ini dipakai dalam industri wangi-wangian (parfum dan setanggi) alasannya ialah berbau harum. Gaharu semenjak awal kurun modern (2000 tahun yang lalu) telah menjadi komoditi perdagangan dari Kepulauan Nusantara ke India, Persia, Jazirah Arab, serta Afrika Timur. (sumber: wikipedia)

 ialah kayu berwarna kehitaman dan mengandung resin khas yang dihasilkan oleh sejumlah sp Panduan Lenngkap Cara Menanam Pohon Gaharu

Pohon gaharu sanggup menyesuaikan diri dengan gampang terhadap lingkungannya, tumbuhan ini tidak memerlukan lahan dengan kriteria khusus untuk sanggup tumbuh. Untuk membudidayakan pohon gaharu sanggup dilakukan dengan beberapa langkah berikut:


Menyiapkan Bibit Gaharu

Bibit Pohon gaharu banyak dijual secara online atau sanggup juga pribadi mendatangi petani gaharu, biasanya petani gaharu terletak di pulau kalimantan. Jika anda menentukan mendapat bibit dari membeli, maka periksalah bibit secara seksama supaya mendapat bibit gaharu yang berkualitas. Tinggi bibit minimal 30cm dan diamaternya kurang lebih 1-2cm.

Namun kalau anda ingin menciptakan bibit gaharu dari menyemai bijinya, maka lakukan beberapa hal berikut:
  1. Pilih buah pohon gaharu yang sudah tua, dan ambil bijinya.
  2. Jemur biji gaharu di terik matahari selama 4-5 jam, kemudian angkat dan tempatkan di area yang teduh.
  3. Siapkan media semai berupa adonan tanah, pasir , dan pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan 1:1:1.
  4. Rendam biji gaharu di air hangat selama 3 jam, dan buang biji gaharu yang mengapung alasannya ialah kemungkinan tumbuh kecil. Angkat biji gaharu dan tiriskan.
  5. Taburkan biji gaharu di media persemaian, dan lapisi dengan tanah secara merata dan tipis. Lakukan penyiraman sesudah proses penyemaian selesai.
  6. Berilah epilog pada pecahan atas media semai, sanggup memakai pelastik atau jaring semai dan juga sanggup memakai dedaunan yang dibuat ibarat atap dengan jarak 20-30cm dari permukaan semai.
  7. Lakukan pemyiraman secara rutin pada sore hari untuk menjaga media persemaian tetap lembab, namun jangan terlalu basah.
  8. Setelah bibit gaharu tumbuh dan mencapai tinggi sekitar 10-15cm, cabut bibit gaharu dan pindahkan ke polybag. Kemudian tempatkan ke lahan yang lebih luas hingga biobit siap tanam ke lahan tanam permanen (saat bibit gaharu sudah mempunyai ketinggian sekitar 30cm)

Menyiapkan Lahan Tanam Gaharu

Lahan tanam untuk pohon gaharu tidak membutuhkan lahan khusus, hanya saja jangan menanam pohon gaharu di area yang tergenang air atau rawa. Buatlah lubang tanam dengan ukuran 40cm x 40cm dengan kedalaman 40cm. Isi lubang tanam dengan adonan tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Buatlah lubang dengan ukuran yang sama pada jarak 4 meter dari lubang sebelumnya (jarak tanam 4m x 4m). Isi semua lubang dengan adonan tanah dan pupuk kandang yang sama. Biarkan lubang tanam selama 2-3 ahad sebelum ditanami. 

Menanam Bibit Gaharu

Setelah bibit hasil semaian sudah mempunyai tinggi sekitar 30cm, maka bibit sanggup dipindahkan ke lahan tanam yang telah disediakan. Buka polybag semaian dengan  cara merobek secara perlahan supaya tanah semaian tidak pecah, gali kembali lubang dengan cangkul. kemudian masukkan bibit gaharu ke lubang tanam, dan tutup kembali dengan material sisa galian. Padatkan dengan cara menginjak secara perlahan. Lakukan hal yang sama hingga semua lubang tertanami. 

Penanaman sebaiknya dilakukan pada awal demam isu penghujan, supaya tidak perlu kesulitan untuk melaksanakan penyiraman. Sehingga persentase tumbuh juga besar. 

Merawat Pohon Gaharu 

Perawatan yang dilakukan ialah melaksanakan penyulaman pada bibit gaharu yang mati. Penyulaman sebaiknya dilakukan segera supaya pertumbuhan pohon sulaman tidak tertinggal dari yang lainnya. Setelah itu lakukan penyiangan rumput yang tumbuh disekitar tanaman, dan lakukan pemupukan ulang dikala umur tumbuhan 6 bulan dengan memakai pupuk kandang.

Untuk menanggulangi kemungkinan hama yang merusak tumbuhan gaharu anda, lakukan penyemprotan dengan insektisida.

Itulah tips membudidayakan dan merawat pohon gaharu yang baik dan benar, pohon gaharu sangat bernilai ekonomis. Getah atau resin dari pohon gaharu tercipta alasannya ialah reaksi tumbuhan terhadap mikroba yang masuk ke jaringan tumbuhan sehingga tumbuhan gaharu bereaksi mengeluarkan semacam getah. Getah yang keluar ini berbau harum yang banyak dimanfaatkan sebagai materi parfum.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser