-->

Ads1

Cara Menciptakan Tanaman Belimbing Rajin Berbuah

Cara Menciptakan Tanaman Belimbing Rajin Berbuah

Cara Menciptakan Tanaman Belimbing Rajin Berbuah

Cara Menanam Belimbing Bangkok Manis Agar Cepat Berbuah - Buah belimbing yang menjadi ikon kota Depok semenjak tahun 2007 ini merupakan jenis tanaman buah yang mempunyai bentuk penampang buah menyerupai bintang jikalau dipotong. Buah ini mengandung banyak vitamin C. Rasanya anggun dan sedikit masam, dan terasa renyah dikala digigit dengan kandungan air yang banyak. Selain rasanya yang segar, buah belimbing mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan insan yang mengkonsumsinya, diantaranya:

Cara Menanam Belimbing Bangkok Manis Agar Cepat Berbuah Cara Membuat Tanaman Belimbing Rajin Berbuah

  1. Pencegah kanker, kandungan vitamin C dalam buah belimbing marupakan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas dan anti inflamasi bagi tubuh.
  2. Mengatasi tekanan darah tinggi, belimbing mengandung komponen penting yang sanggup menjaga denyut jantung menyerupai kalium. Sebagian terapi untuk mengatasi tekanan darah tinggi dan jantung ialah memakai terapi belimbing.
  3. Melancarkan pencernaan, Serat yang ada dalam buah belimbing membantu memperlancar pencernaan.
  4. Mengurangi kadar kolesterol, zat Pektin dalam buah belimbing mengikat kolesterol dan mengeluarkan asam empedu pada sekresinya.
Selain manfaat-manfaat di atas, buah belimbing masih banyak lagi mempunyai manfaat bagi kesehatan orang yang mengkonsumsinya. Tanaman Belimbing juga tidak sulit untuk dibudidayakan, tumbuhan ini relatif gampang hidup terutama di tempat tropis. Untuk menanam pohon belimbing sanggup dilakukan dengan beberapa langkah berikut.

Menyiapkan Bibit

Untuk menyiapkan bibit belimbing sanggup dilakukan dengan 2 cara, yaitu melalui biji dan melalui vegetatif (cangkok/okulasi). Jika anda ingin menghasilakan bibit dari biji, maka pilihlah belimbing yang tua, akan lebih baik lagi biarkan buah hingga benar-benar matang dipohon dan terjatuh dengan sendirinya.

Belah buah belimbing dan ambil biji-bijinya, jemur di terik matahari sekitar 1 hari dan angkat. Letakkan biji belimbing di tisu atau kain lembab dan letakkan di lemari pendingin selama 3-5 hari. Setelah itu keluarkan dari lemari pendingin, dan tanamlah biji ke media penyemaian. Media penyemaian sanggup dibentuk dari polybag atau pot kecil yang diisi tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Biji belimbing akan mengeluarkan tunas sekitar 6-7 hari dari penanaman. Biarkan bibit hingga tingginya mencapai 20cm sebelum dipindahkan ke lokasi tanam permanen. Penanaman buah belimbing dengan biji frelatih akan usang menghasilkan buah.

Untuk menghasilkan pohon belimbing yang cepat berbuah sanggup dilakukan dengan menyiapkan bibit dengan cara mencangkok batang belimbing yang diinginkan, atau membeli bibit dari kios-kios pertanian yang menjual bibit cangkokan.

Membuat Lubang Tanam

Bibit belimbing yang telah disiapkan sanggup ditanam di tanah secara langsung, juga sanggup ditanam di pot sebagai tanaman buah dalam pot (tabulamot) yang juga berfungsi sebagai hiasan.

Jika anda menginginkan tumbuhan belimbing ditanam di tanah secara langsung, maka buatlah lubang dengan ukuran 50cm x 50cm dengan kedalaman 40cm. Isi lubang dengan memakai pupuk kandang atau kompos hingga 2/3 cuilan terisi. Biarkan lubang selama 1 ahad sebelum ditanami.

Jika anda ingin menanam belimbing di pot, maka siapkan pot yang besar atau drum bekas yang dipotonmg menjadi 2bagian. Isi pot dengan tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1 dan biarkan 1 ahad sebelum ditanami.

Menanam Pohon Belimbing

Setelah bibit belimbing mencapai tinggi 20cm atau bibit hasil cangkokan telah disiapkan, maka bibit sanggup dipindahkan ke dalam lubang tanam yang disiapkan. Buka peplastik polybag secara perlahan biar tanah semaian atau tanah cangkokan tidak terhambur, masukkan bibit belimbing ke lubang tanam atau pot yang telah disediakan. Lakukan penutupan dengan tanah sisa yang ada disekitar lubang. Lakukan penyiraman sehabis penanaman tanggapan dilakukan.
 
Melakukan Perawatan

Tanaman belimbing tidak memerlukan perawatan yang sulit, cukup bersihkan tumbuhan liar yang ada disekitarnya. Jangan menanam pohon belimbing di area yang terlindung, alasannya ialah pohon belimbing membutuhkan sinar matahari yang cukup.

Lakukan pemangkasan jikalau pohon belimbing sudah tinggi untuk mendapat pohon belimbing yang sesuai keinginan.

Pemupukan sanggup dilakukan dengan memeberikan pupuk kandang secara bersiklus setiap 1 bulan sekali dengan cara menggali tanah disekitar akar pohon dan menaburkan pupuk ke dalam lubang tersebut.

Itulah beberapa langkah gampang cara menanam belimbing baik di halaman rumah amaupun di dalam pot. Tanaman ini sangat segar jikalau dimakan pada siang hari yang panas, dan juga sanggup dijadikan adonan buah di rujak.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser