-->

Ads1

Cara Menanam Adenium Dari Biji

Cara Menanam Adenium Dari Biji

Cara Menanam Adenium Dari Biji

Cara Menanam Adenium dari Biji - Bunga kamboja jepang yang sering dikenal dengan sebutan Adenium ini banyak digandrungi oleh penggemar tanaman. Tidak kalah dengan kamboja bali, bentuknya yang unik dengan bonggol-bonggolnya dan bunganya yang cerah sangat menarik menghiasai rumah, dan bonsainya juga menghiasi meja-meja ruang tamu.
 Bunga kamboja jepang yang sering dikenal dengan sebutan Adenium ini banyak digandrungi ol Cara Menanam Adenium dari Biji
Bonsai merupakan teknik pengkerdilan tumbuhan dengan cara menghambat pertumbuhan tumbuhan tersebut, biasanya ini dilakukan pada tumbuhan yang mempunyai kayu (batang). Namun ternyata tidak selamanya harus berkayu, keindahan bonsai Adenium sudah mematahkan anggapan beberapa kalangan perihal syarat bonsai harus berkayu.
Jenis-jenis adenium yang banyak dikenal yaitu :
  1. Adenium Obesum
  2. Adenium Multiflorum
  3. Adenium Arabicum
  4. Adenium Swazicum
  5. Adenium Oleifolium
  6. Adenium Somalense
  7. Adenium Crispum
  8. Adenium Boehmianium
  9. Adenium Socotranum
Untuk menanam Bunga Adenium menjadi bonsai yang Indah di dalam pot sanggup dilakukan dengan beberapa langkah berikut: 


Menyiapkan Bibit Adenium

Ketika ingin menciptakan Bonsai Adenium, yang perlu disiapkan yaitu menentukan tumbuhan adenium yang sehat. Ambil biji yang sudah tua, yang kulit buahnya sudah mongering. Lakukan penjemuran sekitar 5-6 jam di terik matahari sehabis biji adenium didapat.  Penjemuran dilakukan untuk mengurangi kadar air dalam biji, sehingga tidak gampang membusuk.
 Bunga kamboja jepang yang sering dikenal dengan sebutan Adenium ini banyak digandrungi ol Cara Menanam Adenium dari Biji
Biji Adenium

Biji yang telah dijemur diangkat dan diletakkan di daerah yang teduh. Untuk melaksanakan penyemaian, maka perlu disiapkan media semai. Media semai sanggup dibuat dari pot atau polybag yang diisi dengan adonan Tanah dan sekam padi dengan perbandingan 1:2 (1 Tanah : 2 Sekam). Isi hingga 2/3 belahan pot terisi,dan 1/3nya biarkan untuk memberi ruang tumbuh. Tutup dengan plastic transparan yang telah diberi lubang-lubang kecil memakai jarum.

Letakkan media semai di area yang teduh, jangan terkena sinar matahari secara langsung. lakukan penyiraman memakai spray (jangan terlalu basah, biar biji adenium tidak busuk). Setelah sekitar 1 minggu, biji adenium biasanya akan mengeluarkan tunas, buka plastic epilog dan biarkan media semai tetap pada tempatnya.

Bibit Adenium gres bisa dipindahkan ke pot kecil atau polybag gres sehabis berumur 2 bulan atau sudah mempunyai daun sebanyak minimal 6 helai. Penyemaian berikutnya untuk memisahkan adenium pada wadah tersendiri satu persatu . Setelah tumbuhan bunga adenium mempunyai ketinggian 20cm, maka bunga adenium sanggup dipindah ke lahan tanam permanen.

Menyiapkan Lahan Tanam

Yang perlu diingat bahwa bunga adenium tidak menyukai lahan tanam yang lembab, dan memerlukan sinar matahari yang banyak. oleh alasannya yaitu itu, kalau anda ingin menanam adenium di Tanah halaman rumah secara langsung, maka anda harus memastikan Tanah anda mempunyai porositas yang baik (mudah meloloskan air ibarat pasir) dan mendapat cukup sinar matahari. Buatlah lubang dengan kedalaman 20cm meter dan diisi dengan adonan pupuk kandang dan pasir.

Jika anda ingin menanam adenium di pot, maka isilah pot bunga anda dengan adonan Tanah gembur, pasir dan sekam padi atau pupuk kandang yang dibakar dengan perbandingan 1 : 2 : 1 (1 Tanah : 2 Pasir :1 pupuk kandang). Namun sebelumnya masukkanlah pecahan genting atau watu split pada dasar pot, untuk menjaga biar air gampang mengalir dan tidak tertahan di dalam pot.

Lubang tanam atau pot yang diguanakn sebagai lahan tanam permanen sebaiknya dibiarkan selama 1 ahad sebelum ditanami, ini bertujuan untuk menstabilkan kondisi unsur hara dalam Tanah akhir penggalian, dan untuk menawarkan kesempatan pupuk tercampur tepat dalam Tanah.

Memindahkan Adenium

Adenium yang telah mempunyai tinggi sekitar 20cm dan mempunyai daun banyak sanggup dipindahkan ke lahan tanam permanen yang disiapkan. Buka polybag secara perlahan, dan pindahkan bibit adenium ke lahan tanam secara perlahan biar Tanah semaian tidak hancur. Kemudian lakukan penutupan dengan Tanah sisa yang ada.
 Bunga kamboja jepang yang sering dikenal dengan sebutan Adenium ini banyak digandrungi ol Cara Menanam Adenium dari Biji
Pic/thailandadenium.com

Letakkan pot di area yang teduh hingga tumbuhan adenium sudah tumbuh. Lakukan penyiraman untuk menjaga kelembaban Tanah (namun jangan terlalu basah) memakai spray.

Merawat dan membentuk Adenium

Pohon adenium sanggup dibuat sesuai cita-cita dengan cara memotong batang dan akar serta mengatur kelokan bantang memakai kawat sesuai keinginan. Pemupukan juga tetap harus dilakukan serta penyiraman sesekali tetap harus dilakukan walaupun adenium yaitu flora yang tahan terhadap kekeringan.

Selamat mencoba tips menanam bunga adenium, bunga adenium  ini akan semakin Indah kalau anda bisa berkreasi dengan membentuk bonsai yang unik. Selain itu juga tumbuhan ini harga jualnya mahal kalau sudah menjadi tumbuhan bonsai di pot. Akar-akar yang kekar keluar dari media tanamnya dan bentuk batangnya serta bunganya yang unit menjadi penghias teras rumah anda.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser