-->

Ads1

Klasifikasi Dan Morfologi Nanas (Ananas Comosus)

Klasifikasi Dan Morfologi Nanas (Ananas Comosus)

Klasifikasi Dan Morfologi Nanas (Ananas Comosus)

Klasifikasi dan Morfologi Nanas (Ananas comosus) - Nanas atau nenas merupakan tumbuhan yang kaya manfaat, berdasarkan beberapa sumber Nanas berasal dari Brasil, Bolivia , dan Paraguay yang merupakan tempat tropis, namun ada juga yang menyebutkan nanas berasal dari Amerika Selatan dan pada masa ke-16, bangsa Spanyol membawa tumbuhan nanas ke Filipina dan Semenanjung Malaysia dan pada balasannya masuk ke wilayah nusantara.


Nanas (Ananas comosus)
Di Indonesia, Kabupaten Subang lah yang merupakan salah satu tempat penghasil nanas terbesar di lndonesia. Tumbuhan yang mempunyai nama latin Ananas comosus ini termasuk kedalam keluarga Bromeliaceae atau keluarga nanas nanasan yang merupakan  salah satu suku anggota tumbuhan berbunga. Menurut sistem penjabaran APG II suku ini termasuk ke dalam bangsa Poales, klad commelinids (eumonokotil). Untuk lebih jelasnya berikut Klasifikasi Nanas.

Klasifikasi Nanas (Ananas comosus)


Klasifikasi Tanaman Nanas
(Ananas comosus)
Kingdom
: Plantae
Subkingdom
: Tracheobionta
Superdivisi
: Spermatophyta
Divisi
: Magnoliophyta
Kelas
: Liliopsida
Subkelas
: Commelinidae
Ordo
: Bromeliales
Famili
: Bromeliaceae
Genus
: Ananas
Spesies
: Ananas comosus (L.) Merr.


Morfologi Nanas (Ananas comosus)


Nanas mempunyai mosfologi terdiri dari akar, batang, daun, bunga dan buah. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat dibawah ini,

Morfologi Akar Nanas (Ananas comosus)

Akar nanas terdiri dari akar tanah dan akar samping. Akar tumbuhan nanas tumbuh dari batang lalu masuk ke dalam ruang antara batang dan daun. Bentuk dari akar tumbuhan nanas ini lalu akanmenjadi pipih dan melingkar dikarenakan akar tumbuhan dalam keadaan terjepit.

Morfologi Batang Nanas (Ananas comosus)

Tanaman Nanas mempunyai batang yang pendek letaknya tertutup oleh daun-daun dan akar tanaman. Panjang dari batang tumbuhan nanas diantara 20 cm hingga 30 cm, batang bab bawah tumbuhan nanas berukuran sekitar 2 cm hingga 3,5 cm sedangkan pada batang bab atas sekitar 5,5 cm hingga 6,5 cm lalu pada bab atas meruncing. Batang tumbuhan nanas mempunyai ruas-ruas pendek, dapat terlihat jikalau daunnya dilepas atau gugur. Panjang ruas tersebut antara 1mm hingga 10 mm.

Morfologi Daun Nanas (Ananas comosus)

Daun tumbuhan nanas tidak mempunyai tulang daun dengan panjang daun dapat mencapai 90 cm tergantung dari jenis varietasnya dari tanaman. Letak daun nanas umumnya tegak agak ke atas dari bab tengah batang. Ujung daunnya memanjang dan meruncing hingga pada ujungnya. Warna daun tumbuhan nanas berwarna hijau tua, merah bau tanah bergaris, atau kemerahan tergantung jenis varietas yang ditanam.

Morfologi Bunga Nanas (Ananas comosus)

Tanaman nanas ini mempunyai morfologi berupa rangkaian bunga beragam pada ujung batang tanaman. Bunga akan terbuka setiap hari dan jumlahnya kira-kira 5 hingga 10 kuntum. Pertumbuhan bunga ini dimulai dari bab bawah menuju bab atas dan memakan waktu antara 10 hingga 20 hari. Warna bunga nanas berwarna merah.

Morfologi Buah Nanas (Ananas comosus)

Tanaman nanas mempunyai buah yang beragam yang terbentuk dari campuran 100 hingga 200 bunga dan bentuknya lingkaran panjang. Putik pada bunga akan menjadi mata buah nanas sesudah terjadi penyerbukan. Kulit buah mempunyai sisik sisik yang simetris dan pada ujung buah mempunyai mahkota yang dapat sebagai perbanyakan tanaman. Ukuran, bentuk, rasa, dan warna dari buah nanas tergantung dari jenis varietas.

Demikian uraian singkat perihal Klasifikasi dan Morfologi Nanas (Ananas comosus), biar artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan terutama perihal tumbuhan nanas.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser