-->

Ads1

Cara Gampang Dalam Menanam Pohon Akasia (Acacia Mangium)

Cara Gampang Dalam Menanam Pohon Akasia (Acacia Mangium)

Cara Gampang Dalam Menanam Pohon Akasia (Acacia Mangium)

Cara Menanam Pohon Akasia - Akasia (acacia mangium) merupakan tanaman kayu yang dikembangkan di tempat Malaysia Barat dan tersebar ke tempat filipina dan Indonesia ibarat Papua dan Maluku. Tanaman pohon Akasia ini sangat gampang sekali tumbuh dan tidak memerlukan perawatan yang sulit, sehingga tanaman ini banyak juga dijumpai hampir diseluruh wilayah di Indonesia. Pohon akasia biasanya banyak dimanfaatkan sebagai penghijau di Hutan tanaman rakyat atau di area reklamasi. 

 merupakan tanaman kayu yang dikembangkan di tempat Malaysia Barat dan tersebar ke tempat  Cara Praktis Dalam Menanam Pohon Akasia (Acacia Mangium)

Untuk membudidayakan pohon akasia (acacia mangium) sanggup dilakukan dengan memakai semai biji. Berikut beberapa langkah cara menanam akasia dari bijinya:

Menyiapkan Benih Akasia
  1. Pilih biji akasia yang bau tanah dan mempunyai bentuk biji yang tepat (tidak keriput)
  2. Jemur biji akasia selama 5-6 jam di terik matahari, kemudian angkat dan letakkan di area yang teduh
  3. Siapkan media persemaian, sanggup memakai polybag atau rak semai. Namun anda juga sanggup menciptakan media semai dengan menggemburkan tanah dan membentuk ibarat tegalan. 
  4. Campurkan pupuk kompos, tanah, dan pasir sebagai media semai dengan perbandingan 1:1:1. Biarkan selama 1 hari sebelum ditaburi biji akasia.
  5. Rendam biji akasia selama 1 malam sebelum di semai, pisahkan biji yang karam dan buang biji akasia yang mengapung alasannya yakni kemungkinan tumbuh kecil.
  6. Angkat biji akasia dan tiriskan, kemudian tebarkan secara merata di media semai. Tutup memakai lapisan tanah secara merata dan tipis. 
  7. Tutup serpihan atas dengan pelastik transparan atau dedaunan dengan jarak 30cm dari permukaan semaian. hal ini untuk menjaga kelembaban media semai.
  8. Lakukan penyiraman pagi dan sore hari dengan penyiraman yang tipis, hanya untuk menjaga kelembaban lahan semaian saja.
  9. Setelah bibit tumbuh, buka pelastik atau epilog semaian.
  10. Bibit akasia sanggup dipindahkan ke polybag yang lebih besar sesudah mencapai ketinggian 15cm -20cm. Dan letakkan ke lahan yang lebih luas untuk menunggu bibit siap ditanam di lahan tanam permanen atau sekitar usia penyemaian 5 - 6 bulan.
Menyiapkan lahan Tanam

Buatlah lubang tanam dengan ukuran 40cm x 40cm dengan kedalaman 40cm. Isi lubang dengan memakai capuran tanah, pupuk kandang dan pasir dengan perbandingan 1 : 2 : 1 (1 tanah : 2 pupuk kandang : 1 pasir) hingga penuh. Biarlkan lubang tanam selama 2 - 3 ahad sebelum ditanami. Buat lubang yang sama dengan jarak tanam 4 meter antar lubang dan isi juga dengan capuran tanah , pupuk kandang dan pasir.

Menanam Bibit Akasia

Lakukan penanaman pada awal demam isu penghujan semoga tidak memerlukan perjuangan yang banyak untuk penyiraman. Bibit akasia yang telah mempunyai tinggi batang sekitar 50cm sanggup dipindahkan ke lubang tanam yang disediakan. Gali kembali lubang tanam dengan memakai cangkul, dan letakkan tanah galian di sebelah lubang. Buka polybag semaian secara perlahan, masukkan bibit akasia ke dalam lubang tanam kemudian tutup kembali dengan tanah galian. Padatkan tanah epilog dengan menginjak secara perlahan.

Merawat Tanaman Akasia

Perawatan pohon akasia terbilang cukup mudah, tanaman ini tidak memerlukan perhatian khusus dikala dibudidayakan. Pemupukan juga dibutuhkan yaitu dengan menambahkan pupuk kandang pada dikala umur tanaman 6 bulan sesudah tanam. Apabila tanaman akasia terjangkit hama, lakukan penyemprotan dengan insektisida. Perawatan lain yang dibutuhkan yakni pemangkasan cabang, pemangkasan cabang batang akasia dibutuhkan semoga kualitas kayu baik atau tidak terlalu banyak mata kayu (sebutan untuk bekas cabang). Pemangkasan cabang sebaiknya dilakukan segera dikala tanaman akasia masih kecil, semoga tidak terlambat dan menjadikan mata kayu akan semakin terperinci terlihat dan menyulitkan dikala kayu akan diolah kelak.

Sebenarnya pohon akasia yang tumbuh tidak perlu dirawatpun akan tetap tumbuh subur asalkan tanah di lahan tanamnya mengandung banyak unsir hara. Perawatan khusus dibutuhkan kalau area tanam yakni area yang tandus.

Pohon akasia yang telah berumur 7 tahun sanggup ditebang dan kayunya sanggup dimanfaatkan sebagai materi baku pembuatan lemari, kursi, mebel, dan furniture lainnya. Kayu akasia juga terbilang baik kualitasnya.

Itulah beberapa langkah sederhana menanam akasia, tanaman ini banyak digemari alasannya yakni daya tumbuhnya cepat dan penyesuaian terhadap lingkungan sangat baik.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser