-->

Ads1

Media Tanam Untuk Flora Anggrek Yang Sering Digunakan

Media Tanam Untuk Flora Anggrek Yang Sering Digunakan

Media Tanam Untuk Flora Anggrek Yang Sering Digunakan

Media tanam Anggrek - Bunga Anggrek merupakan salahsatu tanaman hias yang sering kita jumpai dan ditanam dipekarangan rumah, kenapa tumbuhan ini sering ditanam, alasannya yakni tumbuhan anggrek ini mempunyai bunga yang sangat bagus dan cukup simple untuk menyimpan tumbuhan anggrek.


Media tanam Sabut kelapa
Pada habitat aslinya yakni didaerah hutan, tumbuhan bunga anggrek ini yakni tumbuhan yang menempel pada tumbuhan-tumbuhan yang lebih besar untuk bertahan hidup, sehingga untuk memelihara bunga anggrek ini sebisa mungkin memalsukan habitat aslinya jikalau ingin tumbuh baik salahsatunya yakni memalsukan pada media tanamnya. Berikut ini yakni media tanam yang sering dipakai untuk memelihara anggrek.

1. Media Akar Pakis

Media tanam yang terkenal atau yang sering dipakai yakni akar pakis. Akar pakis ini mempunyai yakni bisa menyimpan air yang cukup tinggi, alasannya yakni akar pakir mempunyai rongga-rongga untuk proses aerasi dan drainase selain itu daya lapuk akar pakis ini yang relatif lebih usang dan terjadi secara perlahan serta mengandung banyak unsur hara yang dibutuhkan oleh tumbuhan anggrek. Sebaiknya jikalau ingin memakai media ini terlebih dahulu direndam pupuk NPK biar bisa diserap akar sebagai cadangan nutrisi bagi anggrek.

2. Media Pecahan Bata atau Genteng

Media tanam selanjutnya yakni potongan bata dan genteng, media ini mempunyai kelebihan yakni media ini baik dipakai sebagai tempat melekatnya akar, pengatur kelembaban sekitar akar, dan tempat menyimpan air serta larutan unsur hara. Selain itu, kedua media tersebut tidak gampang melapuk serta mempunyai drainase dan aerasi yang cukup baik.

3. Media Sabut Kelapa

Media sabut kelapa mempunyai daya simpan air yang sangat baik dan mengandung unsur hara yang sangat diharapkan anggrek untuk tumbuh. Jika kau ingin memakai sabut kelapa sebagai media tanam untuk anggrek, pilihlah sabut kelapa yang sudah tua.

4. Media Arang Kayu

Media Arang kayu sangat terkenal untuk dijadikan media tanam angger, media ini mempunyai kemampuan mengikat air yang cukup baik, namun jikalau dibandingkan dengan media sabut kelapa masih jauh. Kelebihan media ini tidak gampang lapuk dan tidak gampang ditumbuhi cendawan dan bakteri, jikalau ingin memakai media arang kayu perlu diberikan pupuk tambahan.

5. Media Potongan kayu atau serutan Kayu

Media ini sangat baik untuk dijadikan media tanam, alasannya yakni mempunyai aerasi dan drainase yang baik, kekurangan dari media ini berdaya serap air kurang baik dan sedikit mengandung unsur hara. Proses pelapukan media kayu ini berlangsung cukup lambat alasannya yakni banyak mengandung senyawa yang sulit terdekomposisi, ibarat selulosa, hemiselulosa, dan lignin. Jika ingin memakai media ini sebaiknya direndam terlebih dahulu dengan larutan pupuk urea dan TSP dengan tujuan mencegah hadirnya hama dan penyakit pada media tanam.

Demikian macam macam media tanam yang sering dipakai untuk menanam anggrek. Untuk mendapat pertumbuhan yang baik, sebaiknya diberikan pupuk dan nutrisi tambahan.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser