-->

Ads1

Hama Walang Sangit (Kungkang) Waktu Serangan Dan Cara Pengendaliannya

Hama Walang Sangit (Kungkang) Waktu Serangan Dan Cara Pengendaliannya

Hama Walang Sangit (Kungkang) Waktu Serangan Dan Cara Pengendaliannya

Hama Walang sangit - Walang sangit yaitu hama dari golongan serangga yang sangat merugikan petani alasannya yaitu serangan hama ini menyerang dengan cara mengisap isi biji padi pada bulir matang susu (milk), bulir yang lunak (soft dough), dan bulir yang keras (hard dough).


Walangsangit (Hama Kungkang)
Kerusakan yang ditimbulkan dari serangan hama walang sangit ini sanggup mencapapi 10-40% bahkan jikalau populasinya yang tinggi sanggup menimbulkan gagal panen atau kita sering menyebutnya dengan puso.

Waktu serangan hama walang sangit atau kungkang ini disaat flora dalam masa generatif tepatnya disaat flora memasuki fase berbunga hingga pada pengisian bulir padi.

PENGENDALIAN HAMA WALANG SANGIT (KUNGKANG)


Untuk mengendalian hama walang sangit ini terlebih dahulu kita membersihkan habitat dari walangsangit itu sendiri. Biasanya habitat walang sangit di rerumputan atau gulma yang berada disekitar flora padi.

Hama Walangsangit akan tetap membisu direrumputan atau gulma disekitar flora padi dan ketika flora padi memasuki fase berbunga, walang sangit akan pindah ke flora padi tersebut. Aktivitas serangan walang sangit mengisap bulir padi selama 24 jam, tetapi waktu kegiatan yang paling banyak serangannya pada pukul 05-09 dan pukul 15.00-19.00.

Untuk pengendalin hama walang sangit ini ada beberapa cara, adapun cara pengendalian hama walangsangit ini yaitu sebagai berikut,

  1. Melakukan pencucian dan pengendalian rumput liar dan gulma flora yanwg ada disekitar tanaman.
  2. Memasang jebakan dengan cara menempelkan bangkai keong mas di pematang sawah
  3. Lakukan penanaman flora secara serempak.
  4. Jika populasi hama walangsangit sudah mencapai ambang batas sekitar 10 ekor/20 rumpun sanggup dikendalikan dengan cara penyemprotan insektisida yang mengandung materi aktif BPMC.
Demikian artikel ihwal Hama Walang sangit (Kungkang) Waktu serangan dan cara pengendaliannya, agar artikel ini bermanfaat dan sanggup menambah pengetahuan ihwal pertanian khususnya ihwal hama walang sangit.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser