-->

Ads1

Cara Menciptakan Dan Menentukan Materi Atap Untuk Sangkar Sapi

Cara Menciptakan Dan Menentukan Materi Atap Untuk Sangkar Sapi

Cara Menciptakan Dan Menentukan Materi Atap Untuk Sangkar Sapi


Tips Membuat Atap Kandang Sapi Yang Baik
Salah satu cuilan penting dari sangkar sapi ialah pada cuilan atap. Karena atap ini mempunyai aneka macam fungsi dan manfaat. Fungsi yang paling penting ialah melindungi sapi terhadap hujan dan sinar terik matahari. Fungsi yang lainnya ialah untuk  melindungi pakan sapi dari terpaan air hujan terutama kalau pakan sapi tersebut berupa konsentrat.


Sebenarnya bahan-bahan yang dapat digunakan untuk atap rumah pada umumnya dapat dipergunakan juga untuk atap sangkar sapi. Bahan atap menyerupai asber, genteng bahkan seng bekerjsama dapat digunakan untuk sangkar sapi asal diubahsuaikan dengan konstruksi kandang. Bahan lain yang juga dapat digunakan ialah daun rumbia, daun alang-alang, janur dan lain-lain. Yang perlu diperhatikan ketika menentukan materi atap ialah dari segi kekuatan bahan, kenyamanan untuk sapi dan tentu saja harus ekonomis.

Sebagai referensi kalau anda menentukan memakai epilog atap dari genteng maka alasannya ialah sifat genteng yang dapat meredam panas maka anda tidak perlu terlalu tinggi menciptakan tiang untuk atapnya. Lain halnya kalau anda menentukan memakai atap dari asbes atau seng maka ketinggian atap wajib anda perhatikan alasannya ialah kedua materi ini gampang sekali menyerap panas sehingga dapat mengakibatkan suhu didalam sangkar menjadi cepat panas dan sapi menjadi tidak nyaman.

Pemilihan tiang penyangga atap juga wajib diperhatikan. Pilihlah tiang penyangga atap yang kuat, kalau dari kayu pilih kayu yang tidak gampang lapuk biar sapi lebih kondusif dari kemungkinan kejatuhan atap sangkar jawaban tiang yang lapuk. Bisa juga anda memakai pisa besi dengan diisi cor pada cuilan dalamnya.

Jadi pada prinsipnya penggunaan epilog atap seng, asbes maupun genteng semua dapat dipergunakan untuk atap sangkar sapi. Yang perlu diperhatikan ialah konstruksi tiang penyangga atap terutama dalam hal ketinggian dan kekuatannya. Perlu dicatat bahwa genteng akan lebih berat daripada seng sehingga tiang penyangga atap juga harus lebih kuat. Tinggi atap sebaiknya tidak kurang dari 3 meter, perhatikan materi epilog atap yang dipilih. Kemiringan atap sebaiknya sekitar 30 derajat biar sirkulasi udara juga dapat berjalan dengan baik.

Tips Saat Membuat Atap Kandang Sapi
  • Pemilihan materi epilog atap dapat dari genteng, seng, asbes, janur, atap rumbia dll
  • Perhatikan juga segi irit materi atap yang dipilih disamping itu juga segi kekuatan materi dan kenyaman untuk sapi.
  • Perhatikan kekuatan tiang penyangga atap diubahsuaikan dengan berat materi epilog atap
  • Perhatikan ketinggian atap, sebaiknya tidak kurang dari 3 meter
  • Kemiringan atap sekitar 30 derajat
  • Semakin gampang menyerap panas materi atap yang dipilih sebaiknya tinggi atap semakin ditambah
Semoga bermanfaat.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser