-->

Ads1

Cara Membersihkan Sangkar Sapi Dengan Lantai Cor Dari Kotoran Sapi (Ternak).

Cara Membersihkan Sangkar Sapi Dengan Lantai Cor Dari Kotoran Sapi (Ternak).

Cara Membersihkan Sangkar Sapi Dengan Lantai Cor Dari Kotoran Sapi (Ternak).

Macam-Macam Cara Membersihkan Kotoran Sapi di Kandang Lantai Cor

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk melaksanakan permbersihan sangkar sapi dari kotoran yang menumpuk. Kegiatan membersihkan sangkar dari kotoran yaitu aktivitas wajib seorang peternak alasannya yaitu sangkar yang higienis juga akan menciptakan sapi lebih nyaman dan tentu saja sehat.


Bayangkan saja ketika anda mengunjungi peternakan sapi yang terkesan jorok, kotoran sapi tidak terurus dan menumpuk dikandang sehingga mengakibatkan lalat berkembang biak dimana-mana. Selain itu, sangkar yang kotor dengan tumpukan kotoran sapi akan mengundang wangi tajam yang tidak sedap alasannya yaitu tingginya kadar amonia yang keluar dari tumpukan kotoran sapi.

Cara untuk membersihkan kotoran sapi di sangkar tergantung dari jenis lantai sangkar yang digunakan. Untuk sangkar tanah, cara pembersihannya sangat sederhana alasannya yaitu tinggal mengambil saja kotoran sapi yang menumpuk memakai skop atau cangkul dan kemudian dipindahkan ke daerah pembuangan selesai atau diolah menjadi kompos.

Bagaimana dengan sangkar yang berlantai cor?
Untuk sangkar dengan lantai cor agak khusus cara membersihkan kotorannya. Jika dengan sistem tradisional maka kita membutuhkan garuk untuk meminggirkan kotoran sapi yang kemudian dapat diangkut memakai kendaraan khusus untuk dibawa ke daerah penampungan atau pembuatan kompos dan biogas.

Cara yang lain untuk membersihkan kotoran sapi dikandang berlantai cor yaitu dengan flushing yaitu dengan menyemprot lantai sangkar dengan pompa bertekanan tinggi memakai selang khusus. Untuk pencucian kotoran dengan flushing konstruksi kemiringan sangkar harus diperhatikan biar air berserta kotoran lancar mengalir. Kemiringan sangkar sapi sekitar 5% sehingga bila jarak lantai  sangkar antara kepingan depan hingga belakang yaitu 100 cm maka perbedaan ketinggian lantai yaitu 5 cm. Untuk cara ini juga perlu dipersiapkan lagoon untuk menampung air bekas penyemprotan yang dapat direcycle lagi untuk dipakai menyemprot sangkar berikutnya.

Keuntungan cara ini yaitu lebih efisien dan menghemat tenaga kerja alasannya yaitu cara pengerjaannya dapat dilakukan dengan sistem borongan perkandang atau dengan kontrak tertentu dengan standar kebersihan yang sudah disepakati. Waktu penyemprotan sangkar juga dapat ditentukan biar lebih efisien.

Air pada lagoon yang kadang berlebih dapat dimanfaatkan lagi untuk penyiraman lahan tanaman hijauan yang sekaligus juga bermanfaat sebagai pupuk cair.

Tips Saat Membuat Lantai Kandang Cor
  • Kemiringan lantai sangkar sekitar 5%
  • Permukaan lantai sangkar jangan terlalu bernafsu atau terlalu licin. Jika terlalu bernafsu akan merusak kuku sapi sedangkan bila terlalu halus atau licin menjadikan sapi gampang tergelincir atau terpeleset yang dapat mengakibatkan lamenes atau pincang
  • Lantai sangkar harus lebih tinggi dari permukaan tananh sekitar sangkar biar anutan air bekas penyemprotan sangkar serta anutan air kencing sapi dapat lancar dan tidak menggenang dalam area kandang.
  • Buatkan parit disekitar lantai sangkar untuk daerah anutan air kencing dan air pencucian kandang
  • Lantai sangkar yang lebih tinggi juga dapat mencegah air hujan mengalir kedalam sangkar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser