-->

Ads1

Beberapa Kelebihan Dan Kekurangan Cara Budidaya Hidroponik

Beberapa Kelebihan Dan Kekurangan Cara Budidaya Hidroponik

Beberapa Kelebihan Dan Kekurangan Cara Budidaya Hidroponik

Budidaya hidroponik merupakan salah satu cara menyebarkan tumbuhan dengan tehnik sederhana tanpa tanah dan air. Banyak tehnik yang sanggup diterapkan dalam menanam hidroponik ini. Adapun sistem hidroponik yang paling terkenal dan banyak diterapkan khususnya bagi para pemula yakni hidroponik sistem sumbu ( wick ) dan hidroponik sitem apung ( floating system ).

Didalam membudidayakan tumbuhan memakai tehnik hidroponik ini, tentu ada sisi konkret dan juga negatifnya, sisi posistif sanggup berupa laba dan kelebihan sedangkan sisi negatif sanggup berupa kekurangannya. Untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan budidaya hidroponik ini anda sanggup terus simak artikel ini, alasannya yakni pada postingan kali ini dasar pertanian akan share apa saja kelebihan dan kekurangan menanam dengan sistem hidroponik.

Budidaya hidroponik merupakan salah satu cara menyebarkan tumbuhan dengan tehnik sederhan Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Cara Budidaya Hidroponik


Adapun Kelebihan dan Kekurangan Bercocok Tanam Hidroponik antara lain yakni sebagai berikut :

Kelebihan Hidroponik

  1. Menanam hidroponik sangat cocok dan sesuai bagi anda yang mempunyai lahan sedikit atau terbatas. Bagi anda yang tinggal di kawasan perkotaan dan tentunya mempunyai lahan yang sangat terbatas, maka kalau ingin menanam banyak sekali macam tumbuhan ibarat sayuran maupun buah-buahan, anda sanggup memakai sistem hidroponik ini. Anda sanggup memanfaatkan sedikit lahan atau pekarangan anda untuk budidaya tanaman, salah satu tehnik atau sistem budidaya yang sanggup anda terapkan yakni dengan metode hidroponik verticulture atau menanam dengan sistem vertikal.
     
  2. Menanam hidroponik sangat sesuai untuk dilakukan di kawasan dengan kondisi tanah yang kering dan gersang. Perlu anda ketahui bahwa tehnik menanam hidroponik ini tidak membutuhkan tanah sebagai tempat atau media tanam, maka meskipun kondisi tanah kawasan anda kering dan gersang, anda tetap sanggup melaksanakan budidaya pertanian atau perkebunan ibarat jenis sayuran dan buah-buahan.
     
  3. Dengan tehnik hidroponik ini, maka hasil panen akan lebih banyak bila dibandingkan dengan memakai cara konvensional atau memakai media tanah, kalau dengan kondisi luas yang sama. Kaprikornus bila anda bandingkan dua tempat yang ukurannya sama, dan anda coba gunakan sama-sama untuk menanam, lahan yang satu anda pakai cara konvensional dan lahan satu lagi anda pakai cara hidroponik, maka kesudahannya saya jamin lebih unggul tumbuhan hidroponik.
     
  4. Tanaman hidroponik akan lebih menghemat air. Meskipun namanya hidroponik, tetapi sesungguhnya dengan metode ini justru akan menghemat air alasannya yakni air yang habis tidak akan terbuang sia-sia, melainkan akan terserap oleh tanaman. Berbeda dengan tumbuhan yang tumbuh ditanah, meskipun banyak disiram air, maka air akan habis merembes lagi kedalam tanah.
     
  5. Dengan metode hidroponik ini, kita akan lebih memperkecil pencemaran zat kimiawi pada tanah. Coba anda perhatikan kalau kita menanam pada media tanah atau lahan pertanian, saat pupuk kimia ditebarkan, maka usang kelamaan akan merusak unsur hara pada tanah dan pencemaran zat kimia akan terjadi. Berbeda dengan tehnik hidroponik ini alasannya yakni tumbuhan hidroponik terang tidak memakai media tanah, jadi meskipun ada zat kimia tidak akan merusak tanah alasannya yakni zat kimia tersebut akan eksklusif diserap oleh tanaman.

Namun disamping kelebihan hidroponik ini, tentu ada juga kekurangannya. Nah untuk kekurangan menaman hidroponik ini silahkan anda baca penjelasannya dibawah ini.

Kekurangan Hidroponik

  1. Kebutuhan nutrisi dan pupuk masih sangat sulit untuk didapatkan. Kalaupun anda ingin membeli ditoko pertanian, masih jarang dijumpai kebutuhan nutrisi untuk tumbuhan hidroponik ini, jadi anda harus pandai-pandai mencari alternatifnya, sanggup melaksanakan browsing internet dan sanggup melaksanakan belanja online. Kaprikornus bagi anda yang masih gaptek alias gagap teknologi, tidak paham degan internet dan sebagainya, hal ini tentu akan menyulitkan.
     
  2. Menanam hidroponik diperlukan modal awal yang tidak mengecewakan besar, kecuali anda sanggup kreatif menciptakan sendiri peralatan dan media yang dipakai untuk menanam sistem hidroponik ini. Contohnya dengan memakai paralon bekas, botol aqua bekas, dan materi lain yang kira-kira sanggup dijadikan alternatif untuk menanam dengan tehnik hidroponik.
     
  3. Tanaman hidroponik lebih membutuhkan perawatan dan ketelitian bila dibanding dengan menanam eksklusif pada lahan atau tanah. Karena anda harus teliti dan selalu mengecek kadar pH pada tanaman, yang mana kadar pH ini sangat kuat pada pertumbuhan tumbuhan tersebut.

Itulah sedikit klarifikasi ihwal Kelebihan dan Kekurangan Hidroponik, mudah-mudahan menambah wawasan anda dibidang pertanian hidroponik.
Salam pertanian...

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser