-->

Ads1

Cara Gampang Menciptakan Sangkar Kelinci Yang Baik Dan Benar, Sederhana Namun Sehat

Cara Gampang Menciptakan Sangkar Kelinci Yang Baik Dan Benar, Sederhana Namun Sehat

Cara Gampang Menciptakan Sangkar Kelinci Yang Baik Dan Benar, Sederhana Namun Sehat

Kelinci merupakan salah satu binatang peliharaan yang mempunyai tingkat perkembang biakan yang cukup tinggi. Induk Kelinci sanggup melaihrkan anak 4 - 8 anak sekali melahirkan, tentunya ini akan sangat mempengaruhi luasan sangkar yang akan dibuat. Rasio luasan sangkar terhadap jumlah kelinci yang akan menghuni sangat berkaitan akrab dengan kualitas sanitasi sangkar yang akan berdampak pada kesehatan kelinci. Hewam kelinci juga sangat rentan terhadap serangan penyakit, sehingga perawatannya harus terjaga semoga kelinci-kelinci tidak gampang mati. Salah satu perjuangan yang sanggup dilakukan yaitu dengan menjaga kebersihan dan kesehatan kandang. Berikut beberapa tips Cara Membuat Kandang Kelinci yang Sederhana dan sehat.

Kelinci merupakan salah satu binatang peliharaan yang mempunyai tingkat perkembang biakan yang Cara Praktis Membuat Kandang Kelinci Yang Baik dan Benar, Sederhana Namun Sehat


Jenis-jenis Kandang Kelinci - Kandang kelinci mempunyai beberapa jenis, diantaranya yaitu Jenis Postal, Jenis Ranch (terbuka), dan jenis Batery. Penggunaan beberapa jenis sangkar kelinci tersebut tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya jumlah kelinci yang dipelihara dan juga ketersediaan lahan untuk pembuatan kandang.

Jenis Kandang Kelinci Type Ranch (terbuka)

Jenis sangkar tipe Ranch (terbuka) merupakan jenis sangkar kelinci dengan memperlihatkan kebebasan pada kelinci untuk berkeliaran (diumbar), namun tetap diberi pagar semoga kelinci tidak terlalu jauh pergi. Jenis Kandang Kelinci menyerupai ini cukup sederhana, hanya memperlihatkan pagar keliling dan trumah-rumahan untuk kelinci berteduh.

Kelinci merupakan salah satu binatang peliharaan yang mempunyai tingkat perkembang biakan yang Cara Praktis Membuat Kandang Kelinci Yang Baik dan Benar, Sederhana Namun Sehat
Source: Pinterest.com

Hal yang perlu diperhatikan kalau menentukan sangkar kelinci tipe ini yaitu pengaturan drainase, hal ini bertujuan untuk menjaga permukaan tanah agr tetap kering alasannya yaitu kelinci tidak menyukai area yang lembap atau lembab. Selain itu untuk menjaga kelinci semoga tidak kabur, maka pagar pengaman harus benar-benar kuat, tertancap dalam semoga tidak digali oleh kelinci, dan juga cukup tinggi semoga kelinci tidak melompat. Ketinggian pagar bisa sekitar 1-1,5 meter dan untuk luasan pagar diadaptasi dengan jumlah kelinci dan ketersediaan lahan.

Jenis Kandang Kelinci Type Postal

Jenis sangkar tipe Postal merupakan jenis sangkar tertutup, kelinci masukkan dalam sangkar dan tidak diberi area untuk beraktifitas secara bebas. Jenis sangkar ini biasanya diperuntukkan bagi kelinci yang dibudidaya sebagai kelinci pedaging atau penggemukan, alasannya yaitu dengan sistem sangkar postal tidak menciptakan kelinci banyak bergerak menyerupai jenis sangkar ranch. Pembuatan sangkar kelinci jenis postal juga tidak memerlukan lahan yang luas. Pada sangkar jenis postal ini biasanya dihuni oleh lebih dari satu kelinci, sehingga perlu diperhatikan rasioa luasan terhadap jumlahnya.

Kelinci merupakan salah satu binatang peliharaan yang mempunyai tingkat perkembang biakan yang Cara Praktis Membuat Kandang Kelinci Yang Baik dan Benar, Sederhana Namun Sehat
source: Petco.com

Kandang Jenis postal bisa diletakkan di indoor maupun di outdoor, kalau diletakan di luar ruangan, maka perlu doiperhatikan untuk santunan dinding semoga menjaga kelinci dari hujan dan angin malam yang dingin.

Jenis Kandang Kelinci Type Batery

Jenis sangkar batery hampir sama dengan tipe postal, sangkar ini tidak memperlihatkan kebebasan pada kelinci untuk berkeliaran. Perbedaan dengan tipe postal yaitu pada tipe batery setiap kelinci menghuni pada satu bidakan/kotak. Tipe sangkar ini biasanya diperuntukkan bagi kelinci dalam masa penggemukan atau jenis kelinci untuk pedaging. Kelinci tidak terlalu aktif sehingga memudahkan untuk penggemukan.

Kelinci merupakan salah satu binatang peliharaan yang mempunyai tingkat perkembang biakan yang Cara Praktis Membuat Kandang Kelinci Yang Baik dan Benar, Sederhana Namun Sehat


Kandang kelinci tipe batery biasanya dibentuk degan sistem panggung bertingkat yang terdiri dari beberapa bidakan/kotak padasetiap tingkatnya. Yang perlu diperhatikan yaitu kebersihan dari sangkar alasannya yaitu sistem tingkat akan memperlihatkan peluang sangkar kotor yang tinggi kalau sistem pembuangan kotoran kelinci tidak tertata dengan baik.

FaktorFaktor Yang Mempengaruhi Kesehatan Kandang Kelinci

Memelihara Kelinci memang tidak jauh berbeda dengan cara memelihara jenis binatang ternak lainnya menyerupai kambing, namun kelinci sedikit lebih manja dibandingkan dengan kambing terutama mengenai kesehatan kandang. Berikut beberpa hal yang perlu diperhatikan semoga sangkar kelinci tetap sehat bagi Kelinci kesayangan anda:
  1. Kebersihan Kandang, Kandang kelinci harus sering dibersihkan dari sisa makanan dan juga kotoran. Hal ini akan kuat terhadap perkembangan penyakit, kelinci akan gampang mengalami rontok bulu dan gatal . Pembersihan sebaiknya dilakukan secara teratur 2 hari sekali. Pembersihan sangkar juga bisa dilakukan dengan mencuci sangkar kelinci.
  2. Jenis Lantai kandang, Lantai sangkar kelinci sangat kuat terhadap kesehatan kelinci. Jenis lantai yang terbuat dari bambu atau kayu harus dibentuk jarak semoga kotoran dan kecing Kelinci sanggup turun. Jenis lantai sangkar yang terbuat dari kawat akan mempengaruhi kesehatan kaki kelinci, untuk menghindari luka atau kelainan pada kaki kelinci sebaiknya sediakan papan atau nampan semoga kelinci tidak terus-menerus menapak pada kawat.
  3. Sinar Matahari, Kandang yang sehat merupakan sangkar yang mempunyai sanitasi yang baik. Kandang kelinci harus didesain semoga sinar matahari bisa masuk ke kandang. Jika sangkar kelinci diberi dinding, maka yang perlu diperhatikan yaitu peletakan sangkar harus menghadap matahari pagi. Jika anda mempunyai jenis kelinci hias yang diletakkan di dalam ruangan, maka keluarkan kelinci anda secara bersiklus semoga tetap mendapat sinar matahari.
  4. Rasio Luasan Kandang terhadap Jumlah Kelinci, memang tidak ada contoh khusus bagi jumlah kelinci dalam satuan luas, Namun untuk menjaga semoga kelinci tidak terlalu sesak dalam sangkar maka perlu diperhatikan julah maksimum kelinci yang menghuni sangkar dalam satuan luasan tertentu. Bisanya 1 kelinci idealnya menghuni sangkar dengan ukuran 50cm x 50cm x 50cm. dengan kata lain kalau anda mempunyai 2 ekor kelinci maka sangkar yang dibentuk yaitu ukuran 1m x 1m x 1m.
Itulah bebebapa tips cara menciptakan sangkar kelinci yang sederhana dan sehat, sehabis melihat beberapa tipe sangkar kelinci di atas tentunya anda sudah bisa menentukan jenis sangkar yang mana yang akan anda gunakan untuk memelihara kelinci yag diadaptasi dengan luasan area dan jumlah kelinci yang akan anda pelihara. Sebelum anda menciptakan sangkar bagi kelinci-kelinci peliharaan, tentunya anda harus membaca lagi Faktor-faktor yang kuat terhadap kesehatan sangkar kelinci di atas, lakukan perawatan semoga sangkar kelinci tetap sehat.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser