-->

Ads1

Pengertian Gkp (Gabah Kering Panen)

Pengertian Gkp (Gabah Kering Panen)

Pengertian Gkp (Gabah Kering Panen)

GKP yakni Gabah kering panen atau sanggup juga disebut gabah kering pungut. Gabah ini merupakan gabah yang gres saja dipanen dari lapangan sehingga jumlah bobot gabah ini harus dilakungan pengeringan lebih lanjut bila ini dilakukan penyimpanan dan penggilingan.


Panen
Gabah GKP atau Gabah kering panen memiliki kandungan kadar air lebih besar dari 18% namun lebih kecil atau sama dengan 25% kadar air dari GKP memang lebih tinggi dari GKS damw GKG, selanjutnya memiliki hampa/kotoran lebih besar dari 6% tetapi lebih kecil atau sama dengan 10%, butir hijau/mengapur lebih besar dari 7% tetapi lebih kecil atau sama dengan 10%, butir kuning/rusak maksimal 3% dan butir merah maksimal 3%.

GKP (Gabah Kering Pane) ini biasanya sering dijadikan contoh bobot hasil panen, baik produksi maupun produktivitas. Untuk menghitungnya sanggup dengan cara Ubinan dengan cara sederhana yakni dengan ukuran 2,5 meter x 2,5 meter dan jumlah rumpun didalamnya dipanen sehingga akan menerima hasilnya, lalu dilakukan penimbangan dan alhasil dikali 16.

Demikian pengertian dari GKP (Gabah Kering Panen), agar artikel ini sanggup memperlihatkan warta suplemen ihwal pertanian. Akhir kata terima kasih dan salam pertanian.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser