-->

Ads1

Jenis Penyakit Pada Tanaman Jagung

Jenis Penyakit Pada Tanaman Jagung

Jenis Penyakit Pada Tanaman Jagung

Kita mengenal dengan pola tanam Padi-Padi-Palawija, biasanya petani memulai menanam tumbuhan padi pada awal isu terkini penghujan, sedangkan untuk penanaman tumbuhan palawija biasanya dilakukan sehabis tumbuhan padi selesai dipanen.


Jagung (Zea mays)
banyak jenis tumbuhan palawija yang biasa ditanam para petani menyerupai misalnya tumbuhan Mentimun, Kacang Panjang, Jagung dan Kedelai. Untuk mencoba penanaman jagung alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu hama dan penyakit apa saja yang menyerang tumbuhan jagung, Berikut ini yakni beberapa penyakit yang menyerang tumbuhan jagung :

Hawar daun

Penyakit hawar daun yakni salah atau penyakit yang menyerang tumbuhan jagung dan disebabkan oleh helmithosporium turcicum yang di tandai mulai munculnya bercak pada daun berukuran kecil dan membentuk bundar atau oval yang mana ukuran bercak tersebut semakin usang semakin memanjang dan menyebar membentuk elips gres lalu bermetamorfosis nekrotik atau yang disebut dengan hawar dengan warna hijau keabu – abuan semakin usang warnanya menjadi kecokelatan.

Busuk Pelepah

Busuk Pelepah merupakan Penyakit padaah jagung selanjutnya, penyakit ini sering kali menyerang area - area di pelepah daun pada tumbuhan jagung. Gejalanya diawali dengan munculnya beberapa bercak yang berwarna agak merah kecolataan, bercak akan terus membesar dan akan semktin meluas.

Penyakit bulai

Penyakit bulai yakni Salah satu penyakit yang menyerang tumbuhan jagung dikala usia tumbuhan masih muda, yaitu sekitar umur 1-2 Minggu sehabis tanam. Penyakit bulai akan menghambat pertumbuhan tumbuhan jagung terutama perkembangan tongkol jagung.

Busuk batang

Faktor terjadinya amis batang dikarenakan adanya cendawan yang bermacam-macam jenisnya, menyerupai Diplodia maydis, cephalosporium acremonium, macrophomina phaseolina dan sebagainnya. Penyakit busuja batang akan berakibat pada matinya tumbuhan jagung sehingga gagal panen.

Karat daun

Penyakit lainnya yang menyerang tumbuhan jagung yakni karat daun atau nama lainnya Puccinia polysora, penyakit ini ditandai dengan munculnya banyak bercak yang berwarna cokelat pada daun dan semakin usang semakin menyebar. Jika tumbuhan jagung yang terjangkit penyakit ini tidak segera di kendalikan maka daun pada tumbuhan jagung akan menjadi layu dan akibatnya kering.

Penyakit gosong

Penyakit gosong yakni salah satu penyakit yang menyerang tumbuhan jagung, penyakit ini yang mengakibatkan bentuk dari tumbuhan dan hasil jagung gosong yang disebabkan kuman dan cendawan sehingga jagung - jagung tersebut tidak layak untuk di perjual belikan.

Kerdil jagung

Virus benam maize dwarf mosaik merupakan virus yang mengakibatkan tumbuhan jagung menjadi kecil atau kerdil, tumbuhan jagung akan sulit atau terhambat perkembangannya.

Bercak daun

Salasatu penyakit yang mengakibatkan tumbuhan jagung layu dan mati sehabis 3-4 ahad yakni penyakit bercak daun.

Demikian daftar penyakit-penyakit tumbuhan jagung yang sering menyerang, supaya artikel ini bermanfaat dan dapat memperlihatkan pengetahuan seputar pertanian terutama perihal penyakit apa saja yang menyerang tumbuhan jagung.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser