-->

Ads1

Keunggulan Memanen Padi Memakai Mesin Teknologi Modern

Keunggulan Memanen Padi Memakai Mesin Teknologi Modern

Keunggulan Memanen Padi Memakai Mesin Teknologi Modern

Pak Tani Harry Bus - Teknologi pertanian kini semakin modern dan berkembang lebih baik, hal ini terbukti dengan adanya penemuan gres dibidang pertanian padi. Mesin penanam padi dan pemanen padi modern yakni salah satu contohnya. Jika sebelumnya sudah dibahas wacana mesin penanam padi modern, kini saatnya kita membahas wacana bagaimana keunggulan memanen padi memakai mesin teknologi modern. Seperti yang belum usang ini dilakukan petani padi di kawasan kami tinggal, tepatnya di Desa Rambah Baru, Kecamatan Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau. Para petani padi kini sudah tidak perlu memikirkan bagaimana cara mudah memanen padi alasannya sudah ada mesin pemanen padi modern yang sanggup meringankan beban mereka.

Keunggulan mesin pemanen padi modern ini sungguh luar biasa, bagaimana tidak? Buktinya banyak petani padi yang memanfaatkan mesin modern pemanen padi ini sebagai alat untuk memetik padi. Bahkan kini saking hebatnya mesin tersebut, padi yan dipetik sanggup eksklusif dirontokkan dengan mesin tersebut. Kaprikornus tidak perlu kerja dua kali dan ini lebih mempersingkat waktu, biaya dan tenaga. Lantas apa saja keunggulan dari mesin pemanen padi modern ini? Berikut ini Pak Tani Harry Bus akan bagikan beberapa manfaat dari penggunaan mesin pemanen padi modern sebagaimana hasil wawancara penulis dengan beberapa petani yang ada di kawasan kami tersebut.

 Teknologi pertanian kini semakin modern dan berkembang lebih baik Keunggulan Memanen Padi Menggunakan Mesin Teknologi Modern
Proses Pemanenan Padi Menggunakan Mesin Teknologi Modern ( Foto by Wahyu Hendro Wibowo/admin Pak Tani Harry Bus )


Keunggulan Memanen Padi Menggunakan Mesin Teknologi Modern


1. Menghemat waktu

Salah satu manfaat dan keunggulan dari mesin teknologi pemanen padi ini yakni sanggup menghemat waktu, artinya proses pemetikan padi menjadi lebih cepat dan singkat. Faktanya dengan memakai mesin modern pemanen padi in, hanya butuh kurang lebih 1 jam untuk memanen padi seluas 1 hektar. Namun kecepatan waktu pemanen ini tergantung pada kondisi lahan sawah, bila lahan sawah kering pada dikala panen, maka proses pemananen akan lebih cepat.

2. Menghemat biaya

Selain itu manfaat memanen padi memakai mesin modern yakni untuk menghemat biaya, faktanya dengan memakai mesin pemanen padi modern ini, biaya yang dikeluarkan petani untuk memanen padi menjadi lebih kecil bila dibandingkan memakai jasa buruh pemanen padi. Kalau biasanya mereka memakai jasa buruh pemanen padi, satu orang buruh dibayar 80 ribu perhari, dan rata-rata untuk lahan sawah 1 hektar harus memakai jasa buruh kurang lebih 5 orang untuk siap dalam satu hari. Kaprikornus uang yang harus dikeluarkan petani untuk memanen padi saja 450 ribu sehari, belum lagi upah merontokkan padinya. namun dengan memakai mesin pemanen padi modern ini, hanya butuh biaya kurang lebih 200 ribu dan padinya sudah eksklusif dirontokkan sekaligus.

3. Mengehemat tenaga

Tidak hanya waktu dan biaya saja sanggup di hemat, tapi dengan mesin ini tenaga yang diperlukan untuk memanen padi mejadi lebih ringan, namanya juga memakai mesin.

Itulah beberapa Keunggulan Memanen Padi Menggunakan Mesin Teknologi Modern yang sanggup admin bagikan kepada anda semua. Meskipun demikian di samping ada keunggulan tentu ada juga kelemahan dari memanen padi memakai mesin modern ini. Untuk mengetahui lebih jauh wacana apa saja kelemahan memanen padi memakai mesin teknologi modern, and abisa baca pada artikel kami yang ada pada link dibawah ini.
Silahkan baca : Inilah Beberapa Kelemahan Memenen Padi Menggunakan Mesin Modern

Kaprikornus pada pada dasarnya yakni teknologi pertanian yang semakin maju da berkembang ini harus dimanfaatkan dengan baik, dan harus dijaga dan dirawat dengan baik juga. Dengan demikian teknologi modern tersebut tetap sanggup dipakai sepanjang masa.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser