-->

Ads1

Semai Padi Dengan Memakai Nampan Atau Baki

Semai Padi Dengan Memakai Nampan Atau Baki

Semai Padi Dengan Memakai Nampan Atau Baki

Semai padi dengan memakai nampan atau baki mungkin terasa ajaib bagi sebagian orang, namun bagi beberapa orang yang telah melaksanakan kegiatan SRI (System Rice of Intesification) sudah tidak ajaib lagi alasannya yaitu semai padi dengan memakai nampan atau baki ini merupakan salah satu tahapan dalam kegiatan SRI tersebut.


Semai padi memakai nampan atau baki
Sama halnya dengan proses semai padi pada umumnya yakni terlebih dahulu dilakukan seleksi benih dan perendaman Zpt dan pestisida dengan bertujuan untuk merangsang perakaran dan mencegah serangan hama maupun penyakit dari semenjak dini, namun yang membedakan tidak dilakukannya pengeraman pada benih dan perbedaan pada media tanam yang dipakai.

KEUNTUNGAN SEMAI DENGAN NAMPAN ATAU BAKI

Menurut pengalaman blog Pak Tani Harry Bus terdapat beberapa laba bila melaksanakan semai padi memakai nampan atau baki.  Adapun laba semai padi dengan nampan atau baki sebagai berikut:

1. Persemaian lebih terkontrol

Persemaian menjadi lebih terkontrol dari serangan hama dan penyakit yang mengalah bibit tanaman. Jika terdapat tanda ada serangan menyerupai hama penggerek batang yang bertelur, akan sanggup terlihat sanggup dilakukan pengendalian secepatnya.

2. Lebih gampang dikala penanaman

Dengan semai benih padi memakai nampan atau baki akan memudahkan cara pengangkutan bibit alasannya yaitu sudah dalam nampan tinggal serok saja pake tangan, tp harus melaksanakan pencabutan bibit yang menyebabkan perakaran putus

3. Tidak merusak perakaran bibit

Untuk yang ingin menggunakanmetode SRI, semai dengan memakai nampan atau baki sangat membatu alasannya yaitu bibit akan gampang dipisahkan dari 1 bibit tumbuhan ke bibit tumbuhan lainnya tanpa merusak perakaran pada bibit tumbuhan padi tersebut.

Media tanam untuk persemaian dengan memakai nampan atau baki ini memakai perbandingan 1:2:1 dengan rincian tanah, pupuk organik dan arang sekam lalu ketiga media tanam tersebut di aduk sampai rata. Tanah yang baik untuk persemaian diambil dari tanah di bawah pohon bambu.

Demikian artikel perihal persemaian dengan memakai nampan atau baki, untuk memakai metode SRI contoh persemaian menyerupai ini sangat dianjurkan alasannya yaitu gampang nya dikala penanaman, benih dan perakaran tidak rusak sehingga tumbuhan akan lebih cepat untuk pembiasaan dikala dipindahkan ke lahan petakan sawah. Semoga bermanfaat.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser