-->

Ads1

Manfaat Dan Peranan Dari Pupuk Organik Bagi Tanah Dan Tanaman

Manfaat Dan Peranan Dari Pupuk Organik Bagi Tanah Dan Tanaman

Manfaat Dan Peranan Dari Pupuk Organik Bagi Tanah Dan Tanaman

Bahan organik atau pupuk organik sudah tidak diragukan lagi dalam dunia pertanian salahsatunya yaitu manfaat memakai pupuk organik yakni untuk meningkatkan hasil bagi tanaman. Di periode modern ini banyak petani yang berlih menuju pertanian organik dengan tujuan yakni harga jual dari hasil produksi lebih tinggi.


 Bahan organik atau pupuk organik sudah tidak diragukan lagi dalam dunia pertanian salahsa Manfaat dan Peranan dari PUPUK ORGANIK BAGI TANAH DAN TANAMAN
Manfaat dan peranan pupuk organik bagi tanaman
Blog sampulpertanian kesempatan kali ini akan membahas ihwal artikel manfaat dari materi organik atau pupuk organik bagi tanah dan tanaman. Adapun manfaat dari materi organik bagi tanah dan pertumbuhan tumbuhan sebagai berikut:

1. Menghidupkan kembali jasad renik

Jasad renik atau mikroorganisme yang menguntungkan bagi tumbuhan akan kembali berkembang sehingga dengan berkembangnya mikroorganime pada tanah akan menciptakan tanah menjadi subur serta ketersediaan unsur hara kembali tersedia bagi tanaman

2. Menjaga struktur dan kesuburan tanah

Dengan menambahkan materi organik atau pupuk organik struktur tanah akan bertahap bisa berubah, tanah tidak akan padat dan masam melainkan kembali gembur dan tanah pH tanah kembali netral. hal ini sangat menguntungkan bagi tumbuhan terutama untuk pertumbuhan perakaran.  

3. Mampu menahan air

Memasuki trend kemarau kebutuhan air sangat meningkat tidak terkecuali bagi tanaman, dengan seringnya memakai pupuk organik tanah bisa menyimpan air lebih usang kalau dibandingkan dengan tanah yang tidak diberikan materi organi atau pupuk organik.

4. Sumber unsur hara bagi tanaman

Sudah tidak diragukan lagi, materi organik atau pupuk organik merupakan sumber unsur hara yang sangat diperlukan bagi tanaman, sehingga dengan menambahkan organik disetiap pemupukan tanah akan bisa memenuhi kebutuhan unsur hara bagi tanaman, terbukti kalau tumbuhan diberikan organik tumbuhan bisa tumbuh lebih sehat dan hasil produksi dati tumbuhan akan meningkat.

5. Tanaman lebih sehat

Sudah tidak bisa dipungkiri, kemajuan zaman menciptakan tumbuhan semakin tidak sehat, dengan tercemarnya pestisida dan bahan-bahan kimia lainnya menciptakan tumbuhan menyimpan residu yang konsumsi oleh kita. Pemberian pupuk maupun pestisida organik akan menciptakan tumbuhan lebih sehat sekaligus harga jual dari hasil produksinya lebih tinggi kalau dibandingkan tumbuhan yang memakai materi kimia.

Sebenarnya masih banyak manfaat dan peranan materi organik bagi tanah dan tumbuhan namun secara garis besar blog sampulpertanian membaginya hanya menjadi 5 poin. Demikian artikel ihwal manfaat dan peranan materi organik atau pupuk organik bagi tanaman, biar artikel ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan. Terima kasih
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser