-->

Ads1

Pengendalian Dan Pencegahan Hama Thrips (Thrips Tabaci) Pada Tanaman Cabe

Pengendalian Dan Pencegahan Hama Thrips (Thrips Tabaci) Pada Tanaman Cabe

Pengendalian Dan Pencegahan Hama Thrips (Thrips Tabaci) Pada Tanaman Cabe

Pengendalian dan Pencegahan hama Thrips (Thrips tabaci) pada tumbuhan Cabai - Untuk yang bergerak dibidang budidaya tumbuhan cabai mungkin tidak absurd lagi dengan salahsatu nama hama yang satu ini, ya.. hama Thrips, hama Thrips merupakan hama yang berukuran sangat kecil dengan panjang dari hama tersebut sekitar 1-2mm dan lebar kurang dari 1 mm.


 Pengendalian dan Pencegahan hama Thrips  Pengendalian dan Pencegahan hama Thrips (Thrips tabaci) pada tumbuhan Cabe
Pengendalian dan Pencegahan hama Thrips (Thrips tabaci) pada tumbuhan Cabe
Walaupun memiliki ukuran yang sangat kecil, hama thrips dikategorikan hama yang sangat berbahaya, diketahui serangan hama ini sangat fatal. Hama ini menyerang tumbuhan cabai dengan cara menghisap cairan yang ada pada daun dan bunga tumbuhan sehingga daun menjadi kriting dan bunga akan mengalami kerontokan, serangan hama thrips bukan hanya menghisap cairan pada tanaman, ternyata hama thrips juga dapat menularkan virus pada tumbuhan cabai.

Untuk pengendalain hama thrips dapat memakai pestisida dengan materi aktif abamectin, namun untuk virus yang ditularkannya sangat sulit untuk dikendalikan sebab hingga kini masih belum ada pestisida yang secara efektif tuntas mengendalikan virus yang menyebabkan daun pada tumbuhan cabai tersebut menjadi kriting.

Untuk mengatasi keriting pada daun tumbuhan cabai dapat dengan cara pencegahan semenjak awal, untuk mengetahui cara pencegahan hama thrips mari kita simak langkah-langkahnya berdasarkan versi blog sampulpertanian:

  • Pembersihan gulma : Pembersihan gulma sangat penting sebab dapat jadi gulma yang ada merupakan tumbuhan inang dari hama trips tersebut.
  • Melakukan Pencegahan : Lakukan pencegahan dengan cara penyemprotan pestisida berbahan aktif Abamectin secara teratur dan bersiklus misalkan setiap 1 ahad sekali.
  • cara dan Waktu Penyemprotan : Penyemprotan dapat dilakukan pada pagi hari sekitar jam 6 hingga jam 9 atau dapat dilakukan pada sore hari pada jam 4-6. Penyemprotan dapat dengan cara diarahkan ke potongan dalam daun sebab hama thrips berada dibalik daun.
  • Memilih benih : Benih yang dipilih dianjurkan terbebas dari hama dan penyakit dari tumbuhan sebelumnya.
  • Menggunakan mulsa : Penggunaan mulsa hitam perak ketika ini sangat dianjurkan, selain dapat menghambat pertumbuhan gulma penggunaan mulsa hitam perak juga cukup efektif mencegah hama.

Demikian artikel ihwal pengendalian dan cara pencegahan hama thrips pada tumbuhan cabai, biar artikel ini bermanfaat dan dapat menambah pengatehuan ihwal cara pengendalian hama thrips. simpulan kata kunjungi selalu blog Pak Tani Harry Bus sebab masih banyak warta menarik lainnya. Terima kasih
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser