-->

Ads1

Mencegah Dan Mengendalikan Penyakit Kresek Atau Hawar Daun Basil (Blb) Pada Tanaman Padi

Mencegah Dan Mengendalikan Penyakit Kresek Atau Hawar Daun Basil (Blb) Pada Tanaman Padi

Mencegah Dan Mengendalikan Penyakit Kresek Atau Hawar Daun Basil (Blb) Pada Tanaman Padi

Hawar daun kuman atau Penyakit Kresek ialah penyakit tanaman padi yang disebabkan oleh kuman yang berjulukan Xanthomonas oryzae pv. oryzae (Xoo) yang sanggup merusak daun dan batang pada tanaman padi yang menyebar melalui goresan eksklusif pada daun yang telah terinfeksi kuman tersebut.


 Hawar daun kuman atau Penyakit Kresek ialah penyakit tanaman padi yang disebabkan oleh Mencegah dan mengendalikan Penyakit Kresek atau Hawar daun Bakteri (BLB) pada tanaman padi
Penyakit Kresek atau Hawar daun kuman (BLB)
Penyakit yang memiliki nama absurd disebut dengan Bacterial leaf blight (BLB) ini kenapa orang menamakannya penyakit dengan sebutan Penyakit Kresek, mungkin para petani menamakannya lantaran penyakit ini menjadikan gosong pada daun sehingga kalau disentuh tangan daun akan berbunyi kresek-kresek sehingga penyakit tersebut diberi nama Penyakit Kresek.

Penyebab penyakit kresek atau Hawar daun kuman pada tanaman padi


Penyebab terjadinya Penyakit Kresek ini sanggup aneka macam cara, sanggup melalui goresan secara eksklusif dengan daun yang telah terinfeksi, sanggup disebarkan oleh bekas jerami tanaman yang terinfeksi, melalui benih yang berasal dari tanaman yang terinfeksi dan sanggup pada gulma yang menjadi tanaman inang dari kuman hawar naun tersebut.

Cara mencegah dan mengendalikan Penyakit Kresek


Sebelum tanaman padi tertular Penyakit Kresek sebaiknya kita mengetahui cara mencegah penyebaran penyakit yang disebabkan kuman Xanthomonas oryzae pv. oryzae (Xoo) ini, adapun cara mencegah dana mengendalikan Penyakit Kresek sebagai berikut :

  1. Gunakan Benih yang sehat
  2. Gunakan teladan tanaman yang baik
  3. Gunakan jarak tanam legowo
  4. Menggunakan pengairan berselang (Intermiten)
  5. Jangan berlebihan memakai pupuk Urea
  6. Gunakan Benih yang yang tahan Penyakit Kresek
  7. Hindari memakai jerami yang terinfeksi penyakit kresek
  8. Pengendalian dengan kuman Corynebacterium
  9. Gunakan Pestisida jenis Bakterisida


Demikian ulasan singkat perihal cara mencegah dan mengandalikan Penyakit Kresek atau Hawar daun Bakteri (BLB) pada tanaman padi, biar artikel ini sanggup bermanfaat dan sanggup menambah pengetahuan perihal pertanian anda khususnya perihal penyakit kresek atau penyakit Hawar daun Bakteri (BLB) ini. Akhirkata terima kasih



Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser