-->

Ads1

Tips Mengatasi Daun Kelapa Sawit Yang Menguning

Tips Mengatasi Daun Kelapa Sawit Yang Menguning

Tips Mengatasi Daun Kelapa Sawit Yang Menguning

Pak Tani Harry Bus - Daun yang kuning pada kelapa sawit menerangkan bahwa sawit tersebut kurang sehat. Karena kalau kelapa sawit tersebut sehat maka pastinya akan mempunyai daun yang hijau. Kebanyakan petani sawit tidak menyadari akan hal ini, sehingga semakin usang dibiarkan daun sawit menguning, maka akan berdampak pada produktivitas buah sawit yang semakin usang akan semakin menurun. Penyabab daun sawit menguning ini biasanya lantaran faktor penyakit dan kurangnya nutrisi pada tanaman sawit. Selain itu juga disebabkan oleh pinjaman pupuk yang tidak tepat. Karena kalau salah menentukan pupuk untuk kelapa sawit, maka keinginan kita untuk dapt meningkatkan hasil panen sawit akan hilang.

Menanam kelapa sawit memang semua orang sanggup melakukannya, tapi untuk menjaga biar tanaman ini tetap sehat dan menghasilkan buah sawit yang berkualitas tidak semua orang sanggup melakukannya. Rata-rata petani sawit yang masih belum paham betul dengan tumbuh kembang sawit, tehnik perawatan kelapa sawit dan lain sebagainya, akan mendapati daun kelapa sawit tiba-tiba menguning. Gejala awalnya sih tidak terlalu terperinci dan sulit mengenali apakah ini suatu penyakit atau bukan. Terkadang penyebab daun sawit menguning ini bukan lantaran penyakit saja, tapi sanggup juga lantaran kurangnya nutrisi atau pupuk. Lantas apa pupuk yang baik untuk kelapa sawit biar sanggup menghasilkan buah sawit yang berkualitas?

Silahkan baca : pupuk-untuk-kelapa-sawit" target="_blank">Inilah jenis pupuk untuk kelapa sawit yang baik dan berkualitas

Pemupukan kelapa sawit memang menjadi salah satu upaya untuk menciptakan tanaman sawit subur dan menghasikan buah sawit berkualitas. Tapi terkadang ada juga sawit yang sudah dipupuk tapi belum juga menghasilkan buah yang baik, terlebih lagi kalau daun sawit sudah mulai menguning. Daun sawit yang menguning ini mengakibatkan sawit menjadi kurang produktif. Lalu bagaimana cara mengatasi daun sawit yang menguning? Pada kesempatan kali ini Harry Bus akan mencoba membuatkan sedikit pengalaman wacana bagaimana cara mengatasi daun sawit yang menguning. Berikut klarifikasi singkatnya.

 Daun yang kuning pada kelapa sawit menerangkan bahwa sawit tersebut kurang sehat Tips Mengatasi Daun Kelapa Sawit Yang Menguning
Gambar daun sawit yang menguning


Tips Mengatasi Daun Kelapa Sawit Yang Menguning


1. Penuhi kebutuhan hara

Untuk mengatasi daun sawit yang kuning, cara pertama yang harus anda lakukan yaitu dengan memenuhi kebutuhan hara pada tanah. Jika unsur hara tanah terpenuhi, maka otomatis tanaman akan subur. Salah satu cara biar unsur hara terpenuhi yaitu dengan memberi pupuk. Pupuk yang baik yaitu pupuk yang banyak mengandung hara. Ada banyak jenis pupuk yang baik untuk sawit.

2. Penuhi kebutuhan Kalsium (Ca) dan Magnesium (Mg)

Jika tanaman kurang kalsium dan magnesium, akan menimbulkan daun sanggup menjadi kuning. Untuk itu anda sanggup menawarkan kapur dolomit biar daun pada sawit anda menjadi hijau kembali. Untuk problem dolomit ini admin juga sudah menjelaskannya pada artikel sebelumnya.
Silahkan baca : Apa itu dolomit?

3. Memelihara dan menjaga sawit dengan baik

Untuk memelihara dan menjaga sawit dengan baik memang harus anda lakukan dengan benar-banr baik. Karena kalau tanamans awit tidak dijaga dengan baik, maka kesudahannya juga tidak akan baik, salah satu misalnya yaitu daun sawit sanggup menguning.

Itulah beberapa Tips Mengatasi Daun Kelapa Sawit Yang Menguning, mudah-mudahan gosip singkat ini sanggup bermanfaat dan manambah wawasan anda semua.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser