-->

Ads1

Inilah Selang Waktu Pinjaman Kapur Dolomit Dengan Pemupukan

Inilah Selang Waktu Pinjaman Kapur Dolomit Dengan Pemupukan

Pak Tani Harry Bus - Pemupukan tanaman dengan memakai pupuk kimia maupun organik sudah sering kita dengar. Memang kebutuhan nutrisi tanaman sebagian besar dihasilkan dari pupuk. Makanya tidak heran kita sering melihat para petani yang memupuk tanaman yang telah mereka budidayakan. Berkaitan dengan persoalan meningkatkan produktivitas tanaman, kini berkembang pula metode yang sanggup menambah produktivitas tanaman, yaitu dengan menambahkan kapur dolomit pada tanaman. Apa itu kapur dolomit? Dolomit adalah sejenis kapur yang mempunyai kandungan hara menyerupai Kalsium (Ca)dan juga Magnesium (Mg) yang tentunya sangat bermanfaat bagi kesuburan tanah. Sudah banyak petani yang telah menambahkan kapur dolomit pada lahan pertanian dan perkebunan mereka. Namun alasannya yakni kurangnya pemahaman mereka wacana takaran dan jarak waktu antara santunan kapur dolomit dengan pemupukan. Hal inilah yang menciptakan kesalahpahaman diantara mereka wacana dolomit.

Didaerah dimana kami tinggal sering kali terjadi persoalan semacam ini, yaitu petani ingin menciptakan tanaman mereka menghasilkan panen yang baik dan meningkat, makanya mereka manambah kapur dolomit pada ketika pemupukan tanaman. Biasanya mereka mencampr antara kapur dolomit dengan pupuk kimia menyerupai urea, ZA, KCL, dan lain sebagainya. Lantas dalam beberapa tahun terakhir produktivitas pertanian maupun perkebunan mereka turun secara drastis. Apa penyebab hasil pertanian dan perkebunan menjadi turun? Apakah alasannya yakni santunan kapur dolomit atau alasannya yakni apa? Banyak diantara mereka yang tidak menyadari bahwa selama ini cara yang mereka gunakan salah.

 Pemupukan <b><a href=tanaman dengan memakai pupuk kimia maupun organik sudah sering kita dengar Inilah Selang Waktu Pemberian Kapur Dolomit Dengan Pemupukan" border="0" height="300" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEimgf0mhZvrO3UD-YuPRF8uXeVvy3mJ21XrSU61nokdI65eXxEajaySjCHeL04KqyXVO3ylkdCofunlkaGBuA9qmgYE3PP71YoMogcSRncr4sv-b9cdcUkZjIxlhjNqgyuGqR3gPcyspB0/s400/jarak-pemberian-kapur-dolomit-dengan-pemupukan.jpg" title="Inilah Selang Waktu Pemberian Kapur Dolomit Dengan Pemupukan" width="400" />

Jarak Waktu Pemberian Kapur Dolomit dengan Pemupukan


Jadi sesudah mencari-cari persoalan yang berkaitan dengan hal itu, kami telah menemukan beberapa kesalahan dalam santunan kapur dolomit dengan proses pemupukan. Dimana letak  salahnya? Perlu diperhatikan bahwa takaran santunan kapur dolomit ini dihentikan diberikan bersamaan dengan pemupukan. Lantas berapa usang selang waktu santunan kapur dolomit dengan pemupukan? Idealnya yakni 40 hari jarak santunan antara kapur dolomit dengan pemupukan. Kaprikornus tida dianjurkan untuk mempupuk tanaman dan dibarengi dengan pengapuran memakai dolomit. Kenapa demikian? Apabila pemupukan dan pengapuran dilakukan bersamaan, karenanya akan terjadi reaksi antara kapur dengan pupuk. Perlu diketahui bahwa pupuk kimia menyerupai NPK, TSP, maupun ZA yakni pupuk yang bersifat asam alasannya yakni mengandung sulfur akan di netralkan oleh kapur dolomit yang terang bersifat basa. Nah dengan demikian tentu akan berdampak pada pH tanah yang tidak naik dan justru menurun, sehingga nutrisi untuk tanaman menjadi tidak tersedia.

Kesimpulannya yakni bahwa pemupukan dan pengapuran harus dilakukan secara terpisah dan dihentikan dilakukan bersamaan. Sekurang-kurangnya harus berjarak 1 bulan lebih atau idealnya 40 hari. Kaprikornus sesudah anda menunjukkan kapur dolomit, maka jarak 40 hari kedepan gres anda berikan pupuk. Semoga bermanfaat.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser