-->

Ads1

Tips Budidaya Kacang Tanah Organik Biar Sukses

Tips Budidaya Kacang Tanah Organik Biar Sukses

Tips Budidaya Kacang Tanah Organik Biar Sukses

Tips Budidaya Kacang Tanah Organik ialah cara menanam kacang tanah dan bagaimana kita sebagai petani terutama petani kacang tanah biar mendapat hasil panen kacang tanah yang melimpah. Kacang Tanah atau bahasa latinnya Arachis hypogaea adalah tanaman jenis kacang-kacangan yang banyak di budidayakan di indonesia. Kacang tanah menduduki posisi tertinggi sebagai tanaman yang banyak dibudidayakan sesudah padi, jagung dan kedelai dalam pertanian di indonesia. 

budidaya-kacang-tanah-organik.jpg" imageanchor="1" style="margin-left: auto; margin-right: auto;"> ialah cara menanam kacang tanah dan bagaimana kita sebagai petani terutama petani kacang Tips Budidaya Kacang Tanah Organik Agar Suksesbudidaya-kacang-tanah-organik.jpg" title="Tips Budidaya Kacang Tanah Organik Agar Sukses" width="320" />
Foto pribadi : Pak Tani Harry Bus

Tehnik budidaya kacang tanah ini sangat cocok ditanam pada kawasan atau wilayah yang mempunyai curah hujan sedang. Karena jikalau kita menanam kacang tanah pada kawasan yang mempunyai curah hujan terlalu tinggi sanggup menjadikan hasil budidaya kacang tanah menjadi buruk. Seperti bunga sulit untuk diserbuki, pertumbuhan jamur semakin cepat alasannya tanah terlalu lembab, dan hasil panen akan banyak yang gagal. Sebaiknya dalam membudidayakan kacang tanah ini harus mendapat sinar matahari yang penuh, alasannya penyinaran matahari dibutuhkan sekali terutama ketika perkembangan daun dan pembesaran buah. Idealnya dalam bercocok tanam kacang tanah berada di ketinggian antara 50-500 meter diatas permukaan laut.

Dalam budidaya kacang tanah sangat efektif jikalau dilakukan pada konstur tanah yang gembur, yang mempunyai kandungan unsur hara kalsium (Ca), nitrogen (N), kalium (K) dan pospat (P) yang cukup tinggi. Tingkat keasaman (pH) yang baik untuk budidaya kacang tanah ini ialah sekitar 5-6,3. Dengan tanah yang gembur tentu akan menciptakan pertumbuhan kacang tanah menjadi cepat.

Adapun unsur kalsium (Ca) ini sangat dibutuhkan sekali bagi tanaman terutama kacang tanah, lebih-lebih pada fase generatif. Adanya unsur Kalsium (Ca) ini sangat kuat terhadap produktivitas tanaman untuk menghasilkan kacang. Didalam tehnik pertanian organik, unsur kalsium (Ca) sanggup dipenuhi dengan menambahkan kapur khusus untuk pertanian atau dolomit pada ketika pengolahan lahan. Khusus pada lahan yang mempunyai tingkat keasaman tinggi atau disebut juga lahan basah, maka dalam menambahkan kapur akan lebih tinggi dibanding lahan kering yang ber-pH netral.

Adapun Tips Budidaya Kacang Tanah Organik Agar Sukses sanggup anda simak dibawah ini penjelasannya.

Pemilihan bibit

Dalam proses pemilihan bibit diharapkan ketelitian dan kejelian kita, alasannya jikalau kita salah dalam menentukan bibit kacang tanah, maka budidaya kacang tanah tidak akan berhasil. Benih kacang tanah sanggup kita dapatkan dari kacang tanah yang sudah bau tanah kira-kira yang sudah 100 hari. Selain itu anda juga sanggup membeli bibit kacang tanah ditoko pertanian, namun dalam membeli benih kacang tanah ditoko pertanian pilihlah yang mempunyai label atau akta resmi dari dinas pertanian atau perkebunan. Agar anda yakin akan kualitas dari benih kacang tanah tersebut. Sedang untuk benih yang berasal dari biji kacang tanah langsung, kriteria benih yang baik ialah benih yang warnanya kehitaman dan apabila dibuka tidak mempunyai selaput pada pecahan dalam cangkang. Setelah kadang tanah dipanen segera lakukan penyortiran terlebih dahulu, kemudian jemur benih selama kurang lebih 4-5 hari. Untuk tatap menjaga kualitasnya, maka sebaiknya benih kacang tanah teresebut anda simpan selama 3-6 bulan saja. Ketika dalam masa penyimpanan sebaiknya kulit kacang tanah sebaiknya jangan dikupas dulu biar tetap awet. Silahkan buka kulitnya apabila akan dipakai saja.

Tehnik pengolahan tanah

Agar anda mendapat hasil maksimal dalam budidaya kacang tanah ini, maka lahan untuk budidaya kacang tanah tersebut harus digemburkan terlebih dahulu. Proses penggemburan tanah sanggup dilakukan dengan bajak, cangkul, dan sebagainya. Namun untuk menghemat waktu sebaiknya anda gunakan bajak biar lebih cepat dan hasil penggemburan semakin bagus. Setelah lahan siap digemburkan, tambahkan kapur sebanyak 2 ton per hektar untuk hasil maksimal. Kemudian campurkan secara merata keseluruh tanah yag telah digemburkan dan diamkan selama kurang lebih 2-3 hari.

Setelah itu anda boleh juga menambahkan pupuk kandang atau pupuk kompos sebagai pupuk dasarnya. Akan lebih manis jikalau ada adonan pupuk dari kotoran ayam atau kotoran kambing. Campurkan dengan tanah secara merata.

Proses Penanaman Kacang Tanah

Tehnik penanaman kacang tanah dilakukan dengan cara menciptakan lubang dengan jarak tanam 25×25 cm. Kemudian isi pada setiap lubang dengan satu butir benih. Mungkin akan diharapkan sekitar 50 kg benih untuk satu hektar lahan. Setelah benih kacang tanah siap ditanam, lakukan penyiraman setiap pagi dan sore hari terutama pada demam isu kemarau. Biasanya benih kacang tanah akan mulai tumbuh atau berkecambah sesudah 4-7 hari.

 ialah cara menanam kacang tanah dan bagaimana kita sebagai petani terutama petani kacang Tips Budidaya Kacang Tanah Organik Agar Sukses
benih kacang mulai berbunga

Tehnik Perawatan dan Pemupukan Kacang Tanah

Kacang tanah akan tumbuh secara serentak sesudah satu ahad pertama dan mulai berbunga pada usia sekitar 20-30. Pada masa pertumbuhan inilah hal yang penting untuk melaksanakan perawatan. Adapun cara perawatan kacang tanah organik ini ialah dengan sumbangan pupuk tambahan, pencucian hama dan gulma, penyiraman, dan lain-lain. Sebaiknya anda tambahkan pupuk yang banyak mengandung posfor biar hasil buahnya manis serta banyak atau gembel.

Pembersihan hama yang harus dilakukan ialah dengan cara penyemprotan. Adapun hama yang biasanya menyerang tanaman kacang tanah ini antara lain ulat penggulung daun, ulat grayak, ulat jengkal, dan uret (pemakan akar). Dengan rajin melaksanakan perawatan dan pemupukan pada kacang tanah, maka dijamin anda akan panen kacang tanah dengan hasil maksimal.

Masa panen budidaya kacang tanah

Kacang tanah ini sudah sanggup dipanen sesudah berumur 90 hari sesudah tanam. Adapun ciri-ciri fisik dari kacang tanah yang siap untuk dipanen antara lain ialah sebagai berikut :
  • Batangnya sudah mulai mengeras
  • Daun sudah mulai menguning dan berguguran. 
  • Selain itu anda juga sanggup mencoba mengambil pola atau mencabut beberapa batang kacang tanah dan menilik secara eksklusif apakah bijinya sudah terisi penuh atau belum.
Demikianlah beberapa  Tips Budidaya Kacang Tanah Organik Agar Sukses, mudah-mudahan sanggup membantu anda dalam rencana budidaya kacang tanah organik.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser