-->

Ads1

Pengendalian Hama Dan Penyakit Tanaman Tomat.

Pengendalian Hama Dan Penyakit Tanaman Tomat.

Tomat merupakan buah segar yang sanggup dikonsumsi secara pribadi ataupun sebagai materi masakan. Tomat sangat familiar di konsumsi dikalangan masyarakat, misal dibentuk jus, salad, tumis wah pokonya banyak sekali. Usaha petani dalam budidaya tomat pastinya akan menghadapi musuh utama yakni HPT alias Hama dan Penyakit Tanaman tomat. Hama dan Penyakit Tanaman tomat apabila kita abaikan akan menjadikan hasil panen tidak maksimal bahkan kegagalan panen tomat. Tapi jangan takut gan ... pada postingan kali ini saya akan mengembangkan pengalaman perihal pengendalian hama dan penyakit tumbuhan tomat. 

Langsung saja berikut ini yakni hama yang sering menyerang tumbuhan tomat serta cara mengatasinya :

1. Ulat Tanah
Ciri-ciri fisik Ulat Tanah : Warnanya coklat bau tanah dengan garis-garis dibagian sampingnya, Bentuk tubuhnya tanah lebih pendek jikalau dibandingkan dengan ulat buah.
Bagian pangkal batang dan tangkai daun tomat yang biasa menjadi target empuk ulat tanah. batang gampang patah dan mati jikalau terkena gigitan ulat tanah. dan perlu diingat di awal ekspresi dominan kemarau serangan ulat tanah biasanya menghebat.
Cara mengatasinya yaitu dengan penyemprotan memakai insektisida

2. Ulat Buah
Ciri-ciri fisik Ulat Buah : Warna ulat buah bervariasi dari mulai hijau, hijau kekuningan, kecoklatan sampai hitam. Pada cuilan samping tubuh terdapat garis bergemlombang dengan warna yang lebih terang.
Bagian tumbuhan tomat yang sering diserang Ulat Buah yaitu buah tomat, bunga dan daun tomat. buah tomat yang terjangkit ulat buah akan berlobang-lobang sampai membusuk.
Cara mengatasinya yaitu dengan penyemprotan memakai insektisida

3. Kutu Daun Hijau (Aphis sp)
Ciri-ciri fisik kutu daun hijau atau Aphis sp yaitu : Ukuran panjang kutu hijau sekitar 2 mm. Ada yang bersayap dan tidak bersayap. Kutu yang bersayap warna kepala dan dadanya coklat sampai kehitaman, cuilan perutnya biasanya berwarna hijau kekuningan. Kutu yang tidak bersayap berwarna hijau kekuningan.
Bagian tumbuhan tomat yang sering diserang Kutu Daun Hijau yaitu daun tomat. kutu daun hijau bersifat penyebar virus daun yang terjangkit akan keriting dan kerdil, warna daun mozaik dan sanggup menjadikan ringkih daun.
Cara mengatasinya yaitu dengan penyemprotan memakai insektisida.

4. Lalat Buah (Bactrocera sp)
Ciri-ciri fisik lalat buah yaitu : warna tubuhnya hijau kehitaman, panjang badannya sekitar 8 mm dan sayapnya transparan.
Bagian tumbuhan tomat yang sering diserang lalat buah yaitu buah tomat. buah akan busauk dan berbelatung.
Cara mengatasinya yaitu dengan mengkremasi buah yang sudah terjangkit lalat buah dan menjaga keberisihan tumbuhan tomat dari gulma.

5. Lalat Putih (Bemisicia tabaci)
Ciri-ciri fisik lalat putih yaitu : Panjang lalat ini kurang lebih 1 mm, rentangan sayapnya sekitar 2 mm, berwarna putih, permukaan tubuhnya dilapisi tepung putih.
Bagian tumbuhan tomat yang sering diserang Lalat putih yaitu : daun, buah, batang tomat. Tanaman tomat terlihat ibarat terselubungi tepung putih jikalau disentuh tepung putih tersebut akan berhamburan serta pertumbuhan tumbuhan kerdil merupakan efek dari serangan Lalat Putih.
Cara mengatasinya yaitu dengan penyemprotan memakai insektisida.

Berikut ini yakni penyakit yang sering menyerang tumbuhan tomat :

1. Busuk buah
Buah yang terjangkit akan terlihat bercak kecil berwarna coklat. Kemudian akan membesar, cekung dan cuilan tengahnya retak. Busuk buah disebabkan oleh cendawan Thanatephorus cucumeris dan Colletotrichum coccodes.
Cara mengatasinya yaitu dengan penyemprotan memakai fungisida yang berbahan aktif kaptafol.

2. Busuk Daun
Pada cuilan daun terjadi bercak coklat sampai hitam. Awalnya menyerang ujung dan sisi daun, lalu meluas ke seluruh permukaan daun sampai ke tangkai daun penyebabnya yakni jamur Phytophthora infestans
Cara mengatasinya yaitu dengan mencabut tumbuhan yang sudah terjangkit dan di bakar atau dengan penyemprotan memakai fungisida.

3. Layu fusarium
Tanaman tomat yang terjangkit penyakit ini akan berkembang menjadi layu dan mati. penyerang dari akar lalu berkembang ke lewat jaringan pembuluh. penyebab penyakit layu fusarium yakni jamur Fusarium oxysporum.
Cara mengatasinya yaitu dengan penggunaan mulsa plastik untuk menekan perkembangan jamur dalam tanah.

4. Bercak bakteri
Penyakit ini biasanya menyerang batang, daun dan buah tomat. Pada cuilan batang yang terjangkit akan terlihat kering memanjang berwarna keabu-abuan. Daun yang terjangkit akan terlihat keriting dan mengering. Pada buah pada mulanya terlihat bercak lembap dan berkembang menjadi bercak bergabus. Bakteri Xanthomonas vesicatoria merupakan penyebab dari penyakit Bercak bakteri.
Cara mengatasinya yaitu dengan Penyemprotan memakai bakterisida yang mengandung antibiotik.

Gimana gan ... kini udah pada tau kan hama dan penyakit yang sering menyerang tumbuhan tomat. Cukup sekian untuk postingan kali ini biar bermanfaat ....

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser