-->

Ads1

Tahapan Cara Menanam Kangkung

Tahapan Cara Menanam Kangkung



Ada 2 jenis tumbuhan kangkung yang biasa dibudidayakan :


1. Kangkung Darat
Tumbuh di daerah kering
Batang lebih kecil demngan warna putih kehijauan
Daun lebih tipis dan lebih lunak
Warna bunga umumnya putih

2. Kangkung Air
Tumbuh ditempat berair mirip parit, genangan sawah, maupun kolam
Batang lebih besar dan berwarna hijau pekat
Daun lebih lebar dan lebih keras
Warna bunga putih kemerahan

Untuk mengetahui cara menanam kangkung yang baik dan benar, mari simak secara seksama artikel kali ini yang akan membahas cara menanam kangkung sebagai berikut :
agribisnis.com%2Fwp-content%2Fuploads%2F2015%2F01%2Fcara-menanam-kangkung-cara-budidaya-kangkung-cara-tanam-kangkung-pemeliharaan-kangkung-Copy.jpg%3Fresize%3D300%252C234&container=blogger&gadget=a&rewriteMime=image%2F*" imageanchor="1" style="clear: left; float: left; margin-bottom: 1em; margin-right: 1em;">agribisnis.com/wp-content/uploads/2015/01/cara-menanam-kangkung-cara-budidaya-kangkung-cara-tanam-kangkung-pemeliharaan-kangkung-Copy.jpg?resize=300%2C234" />
Persiapan benih

Langkah pertama cara menanam kangkung, tentunya Anda harus mendapat hibrida terlebih dahulu. Pilih bibit yang bebas dari hama penyakit, serta berasal dari varietas yang memang sudah terbukti kualitasnya.

Untuk pembibitan kangkung sediri sanggup dilakukan dengan 2 cara, cara yang pertama ialah dengan memakai biji atau lebih dikenal dengan sebutan generatif. Sedangkan cara yang kedua, atau vegetatif, yaitu pembibitan dilaukan dengan sistem stek.

Bibit sangat penting sebagai langkah awal cara menanam kangkung yang baik, dianjurkan semoga memakai bibit dari varietas yang jelas. Anda tidak usah kebingungan untuk mencari bibit, tinggal tiba kekios pertanian, disitu Anda sanggup pilih jenis bibit apa yang akan digunakan.

Persiapan Lahan Tanam

Untuk persiapan lahan dalam cara menanam kangkung yang benar. Maka langkah yang harus Anda lakukan pertama ialah mencangkul. Agar tanah menjadi gembur, sekaligus membersihkan lahan dari beberapa gulma, rumput liar, maupun akar bekas dari tumbuhan sebelumnya.

Cara menanam kangkung selanjutnya ialah menciptakan bedengan di lahan tersebut. Idealnya bedengan dibentuk dengan lebar 100cm serta tinggi 30cm, panjang menyesuaikan bentuk lahan. Berikan juga jarak antar bedengan yang sanggup difungsikan sebagai drainase dengan jarak kurang lebih 50 cm.

Namun jikalau lahan Anda sempit, persiapan cara menanam kangkung sanggup Anda sesuaikan dengan kebutuhan saja. Pada prinsipnya lahan harus dibentuk gembur, dan di atur bentuk ibarat bedengan, semoga sanggup dipakai untuk budidaya kangkung.

Nah, jikalau tidak punya lahan Anda pun jangan kawatir. Cara menanam kangkung sanggup dilakukan secara sederhana. Anda sanggup melaksanakan cara tanam kangkung dengan media pot plastik atau polybak.

Pemberian Pupuk

Setelah persiapan lahan siap, cara menanam kangkung selanjutnya, menambahkan pupuk awal pada lahan. ini dilakukan sebelum Anda memulai cara menanam kangkung. Berikan pupuk kandang kurang lebih secukupnya pada lahan, ratakan diatas bedengan, sesudah itu biarkan selama 3 – 5 hari semoga pupuk sanggup teremulsi tepat kedalam tanah.

Jika lahan terlalu asam, maka sebaiknya Anda tambahkan kapur (dolomit) untuk menetralkan PH tanah. Agar cara menanam kangkung sanggup dilakukan dengan baik, pinjaman kapur harus Anda lakukan, jikalau pupuk 1 karung maka gunakan kapur 1 baskom kecil saja (jangan terlalu banyak).


Tahapan cara Menanam Kangkung

Waktu yang tepat cara menanam kangkung, sebaiknya diawali pada ketika animo penghujan tiba yaitu sekitar bulan november – desember. Jika Anda melaksanakan cara tanam kangkung dimusim kering, maka pengairan dan penyiraman wajib dilakukan setiap hari.

Berikut tahapan cara menanam kangkung, pertama buatlah lubang tanam di bedengan sedalam kurang lebih 5 cm dengan jarak antar lubang kurang lebih 15-20 cm.

Setiap lubang tanam, masukkan kira – kira 3 sampai 5 biji bibit kangkung dan tutup kembali dengan tanah tipis yang telah dicampur pupuk NPK dan pupuk kandang. Cara penanaman sanggup dilakukan dengan metode garitan maupun zig – zag.

Penyulaman

Cara menanam kangkung tidak lepas dari tahap penyulaman yaitu, pemilihan dan penggantian tumbuhan yang mati atau tidak tumbuh sempurna, semoga segera diganti dengan benih yang gres semoga hasil yang di sanggup nantinya seragam.

Perawatan tumbuhan kangkung

Setelah bibit ditanam selanjutnya pemeliharaan tanaman, dengan membersihkan gulma maupun tumbuhan lain yang sanggup mengganggu perkembangan tumbuhan kangkung.
agribisnis.com/wp-content/uploads/2015/01/cara-menanam-kangkung-cara-budidaya-kangkung-cara-tanam-kangkung-merawat-kangkung-Copy.jpg?resize=300%2C231" />


Pemberian pupuk susulan juga diharapkan untuk menjaga ketersediaan unsur hara yang terdapat dalam lahan. Berikan pupuk urea dengan takaran 15 gr / meter lahan dengan cara ditabur di pinggiran bedengan. Pemupukan sanggup dilakukan kurang lebih 10 hari semenjak bibit ditanam.

Panen Kangkung

Umumnya tumbuhan kangkung sudah sanggup dipanen pada ketika memasuki usia tanam 30 hari semenjak benih ditanam. Cara memanen kangkung ialah dengan mencabut sampai akar – akarnya, atau sanggup juga memotong ujung pangkal batang kangkung memakai pisau.

Kumpulkan hasil panen di suatu daerah yang teduh namun tidak terlalu lembab supaya tidak layu. Cara lainya di antisipasi dengan merendam akar kangkung yang sudah di panen supaya bertahan lebih lama.

Demikianlah cara menanam kangkung yang baik dan benar, Anda tidak perlu menunggu usang untuk budidaya kangkung, alasannya ialah kangkung dalam waktu satu bulan saja sudah sanggup eksklusif panen.
agribisnis.com/wp-content/uploads/2015/01/cara-menanam-kangkung-cara-budidaya-kangkung-cara-tanam-kangkung.jpg?resize=300%2C225" />

Pada prinsipnya cara menanam kangkung cukup sederhana, meskipun Anda mempunyai kesibukan, aktifitas menanam kangkung sanggup Anda jadikan waktu berkebun, disaat hari libur. Manfaatkan lahan pekarangan rumah Anda semoga makin produktif.
sumber : infoagribisnis.com
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser