-->

Ads1

Pengertian Sawah

Pengertian Sawah

Pengertian Sawah

Pada kesempatan kali ini aku akan mengembangkan ilmu ihwal pengertian sawah. Dalam dunia ilmu pendidikan pertanian pengertian sawah ini perlu diketahui, mungkin belum semua orang mengetahui pengertian sawah. berikut yakni pengertian sawah :


Sawah yakni lahan yang diolah dan diairi untuk tempat penanaman padi. Kondisi lahan sawah harus bisa menampung genangan air sebab padi memerlukan penggenangan pada periode tertentu dalam pertumbuhannya. Pada pengairan sawah dipakai sistem irigasi dari mata air, sungai atau air hujan. Sawah yang terakhir dikenal sebagai sawah tadah hujan, sementara yang lainnya yakni sawah irigasi. Padi yang ditanam di sawah dikenal sebagai padi lahan lembap (lowland rice).

Sawah dicetak berteras atau lebih dikenal terasiring atau sengke pada lahan yang berkemiringan tinggi untuk menghindari pengikisan dan menahan air. Sawah berteras banyak terdapat di lereng-lereng di daerah yang berbukit-bukit atau pegunungan.

Lahan sawah merupakan salah satu ciri kehidupan masyarakat tradisional yang umum dijumpai di beberapa negara yang sebagian besar penduduknya mengonsumsi beras sebagai makan pokoknya, seperti  di Asia (Asia Tengara, Asia Selatan, dan Asia Timur). Lahan sawah yang merupakan ciri kehidupan masyarakat tradisional  sudah ada sejak  zaman purba. Bukti-bukti bahwa lahan sawah sudah ada semenjak zaman purba berdasarkan Rostam dan Anuar (1984) telah dikaji oleh jago arkeologi yang menginformasikan bahwa pertanian lahan sawah dengan tumbuhan utamanya padi dimulai di India dan Cina lebih dari 1.000 tahun yang kemudian sebelum Masehi. Kegiatan pertanian lahan sawah dengan tumbuhan pokok padi mulai  dikembangkan ke daerah Asia lainnya, termasuk ke Indonesia. Karena beberapa negara Asia merasa beras cocok sebagai makanan pokok, perkembangan lahan sawah di negara-negara Asia cukup pesat.

mungkin artikel ini sangat sepele tapi biar bermanfaat...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser