-->

Ads1

Cara Menciptakan Sangkar Ternak Burung Murai Batu

Cara Menciptakan Sangkar Ternak Burung Murai Batu

Cara Menciptakan Sangkar Ternak Burung Murai Batu

Kandang Ternak Burung Murai Batu- Tahapan Sebelum Membuat Kandang Ternak Burung Murai Batu Sederhana. Sebelumnya kami telah membahas perihal Harga Murai Batu, dan untuk selanjutnya kami akan membahas perihal Tahapan Sebelum Membuat Kandang Ternak Murai Batu. Buat pecinta burung kicau, tentu tahu mengenai jenis burung murai batu. Saat ini burung Murai watu di pasaran cukup gencar menjadi burung kicau buruan bagi penggemarnya. Karena kualitas bunyi gacor yang bagus, merdu, bermelodi serta tampilan fisik yang indah, maka semakin banyak orang yang memanfaatkan hobinya tersebut menjadi ladang uang. Sekarang banyak penghobi murai watu yang mencoba menangkarkan jenis burung ini, untuk dijadikan sebagai bisnis yang begitu sangat menjanjikan. Bayangkan saja murai watu yang berprestasi dan sering memenangkan perlombaan sanggup dihargai sampai ratusan juta rupiah. Hal ini merupakan salah satu alasan kenapa orang-orang ingin beternak murai batu, namun tak sedikit orang yang mengalami kegagalan, alasannya yaitu teknik serta cara yang salah dan belum memahami benar mengenai apa saja perlengkapan serta bagaimana cara menangkarkan burung jenis murai watu ini dengan benar.

Dalam berbisnis murai batu, langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu menyiapkan kandang ternak terlebih dahulu. Selain sebagai tempat berternak, sangkar juga berkhasiat sebagai tempat pemeliharaan harian. Serta lokasi sangkar juga harus di perhitungkan. Apakah itu luas, atau tidak terlalu luas. kadang burung pada umumnya memang sama saja tapi kalau untuk burung yang ingin beternak atau burung yang Istimewa biasanya akan sedikit berbeda dengan sangkar – kandang ternak pada umumnya. Untuk Kandang Ternak Murai Batu Anda sanggup membuatnya secara ideal sederhana maupun secara minimalis.

 Tahapan Sebelum Membuat Kandang Ternak Burung Murai Batu Sederhana Cara Membuat Kandang Ternak Burung Murai Batu


Memang tidak gampang untuk kita beternak murai watu ini, pengalaman serta keahlian dan skil juga harus di miliki sebelum tetapkan untuk melangkah Ternak Burung Murai Batu. Maka dari itu,sebelum ada melaksanakan budidaya murai batu, sebaiknya di pelajari cara serta penanganan yang benar semoga nantinya tercapai sesuai apa yang menjadi impian kita sebagai peternak. Nah berikut ini Terdapat beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan dalam pembuatan kandang ternak murai batu, diantaranya adalah:


1. Persiapkan Tempat Kandang yang Nyaman
Terkadang, kita tidak sanggup menentukan sebuah tempat yang hening atau jauh dari pabrik, lantaran kondisi sebagian dari kita yang terkadang tinggal di tempat-tempat ramai ibarat di bersahabat pasar atau di bersahabat pabrik. Jika demikian, Kita harus pandai-pandai menyiasati semoga penempatan sangkar sanggup sedikit lebih tenang.

Namun, secara umum apabila anda ingin menciptakan kandang ternak untuk MB, sebaiknya anda mencari tempat-tempat yang memang hening dan jauh dari kebisingan semoga sanggup lebih berkonsentrasi.

Tidak hanya itu, bergotong-royong tempat hening akan sangat diharapkan apabila anda ingin Memaster Murai Batu yang anda miliki. Disamping menghindarkan burung dari stres, tempat hening juga diharapkan semoga MB sanggup berkonsentrasi ketika proses mastering berjalan.

2. Ukuran Kandang

Bagi anda yang tidak mempunyai tempat untuk sangkar yang luas, ada baiknya anda menyiasatinya dengan menciptakan sangkar yang bersusun. Disamping sanggup menghemat banyak tempat, ini juga yaitu salah satu solusi untuk mereka yang mempunyai lahan sempit.

Ukuran sangkar memang bervariasi dan tergantung dari tempat yang anda miliki. Semakin luas sangkar yang anda buat maka akan semakin bagus. Walau demikian, batas minimal untuk pembuatan sangkar sebaiknya ditentukan semoga burung sanggup lebih bebas dalam beraktivitas sehingga tidak merasa terlalu terkekang. Ukuran minimal sebuah sangkar untuk Murai Batu biasanya yaitu 80 x 80 dan tingginya sanggup menyesuaikan, contohnya 100 cm atau lebih.

3. Bahan Pembuatan Kandang

Bahan sangkar sanggup dibentuk dari bahan-bahan ibarat sangkar atau sangkar burung lainnya kita sanggup membuatnya kombinasi antara kayu, kawat, dan juga tembok bata, atau batako.

Sedangkan untuk atapnya, anda sanggup menentukan antara genteng atau memakai atap asbes yang bergelombang. Dan hindarilah penggunaan atap seng lantaran pada siang hari terkadang sangat panas serta apa bila hujan terlalu berisik.

Namun apabila anda membangun sangkar di dalam rumah, maka atap tidak anda perlukan. Untuk lantai kandang, anda sanggup memakai apa pun mulai dari kawat RAM, lantai semen, serutan kayu, atau anda juga sanggup memakai tanah dan pasir. Pasir yang higienis sangat dianjurkan sebagai lantai lantaran sanggup dengan gampang menyerap kelembaban dan kotoran dari burung.

4. Desain Kandang

Desain sangkar sanggup anda sesuaikan dengan kebutuhan. Namun pada umumnya sangkar harus mempunyai dua pintu. Pintu kepingan bawah untuk membersihkan dan pintu kepingan atas untuk mengganti masakan dan minuman.

5. Kenyamanan dan Keamanan

Selanjutnya, keamanan dari pemangsa harus menjadi prioritas utama, dan ketika anda menciptakan sangkar pastikan sangkar tersebut sanggup menjaga burung tetap kondusif dari binatang apapun. Kemudian buatlah sangkar senyaman mungkin, termasuk juga sediakan tempat burung bertelur kalau anda ingin mengawinkannya.

Apabila anda tinggal di tempat yang terlalu dingin, ada baiknya anda menyediakan lampu 5 atau 10 watt atau lebih yang berupa bohlam dan sanggup menghangatkan.

Sekian bahasan mengenai Tahapan Sebelum Membuat Kandang Ternak Burung Murai Batu, semoga gosip yang kami sajikan sanggup bermanfaat buat teman pecinta murai batu. Sallam MB Mania!!
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser