-->

Ads1

Manfaat Cumi-Cumi Bagi Kesehatan Badan Laki-Laki Dan Wanita

Manfaat Cumi-Cumi Bagi Kesehatan Badan Laki-Laki Dan Wanita

Manfaat Cumi-Cumi Bagi Kesehatan Badan Laki-Laki Dan Wanita

Manfaat cumi-cumi bagi kesehatan badan kita sangat banyak sekali selain rasanya yang kenyal dan lezat berdasarkan saya, tampaknya cumi-cumi juga diminati banyak masyarakat di indonesia, terutama penggemar masakan seafood. biasanya cumi-cumi ini dijual di pasaran dalam bentuk segar dan kering asin, bila segar pastinya lezat tapi bila kering belum pernah nyoba sih.. mungkin tetap enak.. Cumi bisa di olah dan menjadi masakan yang cukup lezat dinikmati, bisa di olah menjadi cumi bakar, cumi goreng tepung, cumi saus tiram, cumi asam elok dan masih banyak lagi yang lainya.. untuk cara mengolahnya silahkan bisik bisik sama tetangga ya...

12 Manfaat Cumi Cumi Untuk Kesehatan

Memperkuat tulang
Coba anda lihat tabel kandungan gizi cumi-cumi diatas. 100 gram cumi-cumi mengandung 270 mg, dan 2,7 mg zat besi. Kandungan tersebut sama halnya telah memenuhi kebutuhan gizi harian anda sebesar 17% fosfor, 8% seng dan 10 % magnesium dari total kebutuhan harian anda.
Kandungan tersebut baik untuk kesehatan tulang, memperkuat susunan sel-sel tulang yang kurang padat dengan memicu pembentukan sel-sel gres pengganti sel renta pada tulang.
Menambah nafsu makanAnda punya duduk perkara terhadap nafsu makan, atau mungkin belum dewasa anda yang sulit makan? Hasil studi oleh Amerika Reseacrh mengklaim bahwa kandungan vitamin dalam cumi-cumi mempunyai efek untuk meningkatkan nafsu makan yang sehat.
Kandungan mineral dalam cumi-cumi ini bisa menyehatkan sistem pencernaan insan menyerupai lambung sampai usus.
Mengoptimalkan Sel Darah Putih
Hewan biasanya mempunyai cara untuk melindungi diri dari serangan musuh. Begitu juga dengan cumi-cumi, yang dilakukannya ialah dengan mengeluarkan tinta dari tubuhnya. Penelitian yang dilakukan baru-baru ini menemukan ada zat khusus dalam tinta tersebut yang menjadikannya istimewa. Setelah diuji tinta cumi-cumi turut mengaktifkan sel darah putih yang baik untuk memberantas kuman-kuman atau bibit penyakit dalam badan manusia.
Mengatasi tumor
Seperti yang disebutkan diawal bahwa tinta cumi-cumi bisa dipakai untuk mengatasi tumor. Dengan cara tinta tersebut di injeksikan kepada penderita tumor. Namun ini masih dikaji lebih dalam oleh para pakar mengenai keabsahannya dan takaran yang dibutuhkan untuk mendukung sifat tinta untuk memerangi tumor.
Asumsi mengenai dugaan manfaat tinta cumi-cumi tersebut di awali dari uji coba yang dilakukan Hiroki dari Jepang University yang menyuntikkan tinta cumi-cumi ke dalam 15 badan tikus yang terkena tumor. Hasilnya dari 15 tikus yang diinjeksikan, 3 diantaranya mati dan 12 tikus sisanya tetap hidup yang artinya ancaman maut dari tumor ganas bisa direduksi. Dengan penelitian tersebut dilakukan penelitian lebiih dalam dan ditemukan bahwa dalam tinta cumi-cumi terdapat kandungan mineral vitamin A yang memang kuat pada penyakit tumor. Artinya resiko maut yang disebabkan oleh tumor ganas akan bisa diatasi.
Dilihat dari nilai giziCumi-cumi mempunyai kandungan gizi yang luar biasa lantaran kandungan proteinnya cukup tinggi, yaitu 17,9 g/100 g cumi segar. Daging cumi-cumi mempunyai kelebihan dibanding dengan hasil maritim lain, yaitu tidak ada tulang belakang, gampang dicerna, mempunyai rasa dan aroma yang khas, serta mengandung semua jenis asam amino esensial yang diharapkan oleh tubuh. Asam amino esensial yang mayoritas ialah leusin, lisin, dan fenilalanin. Sementara kadar asam amino nonesensial yang mayoritas ialah asam glutamat dan asam aspartat.
Pertumbuhan Kerangka TulangCumi-cumi juga mengandung beberapa jenis mineral mikro dan makro dalam jumlah yang sangat tinggi.
Mineral penting pada cumi-cumi ialah natrium, kalium, fosfor, kalsium, magnesium, dan selenium. Fosfor dan kalsium berkhasiat untuk pertumbuhan kerangka tulang, sehingga penting untuk pertumbuhan belum dewasa dan mencegah osteoporosis di masa tua. Selain kaya akan protein, cumi-cumi juga merupakan sumber vitamin yang baik, menyerupai vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B12, niasin, asam folat, serta vitamin larut lemak (A, D, E, K).
Dapat Menurunkan Kandungan Kolesterol Dalam DarahKadar lemak pada daging cumi relatif rendah, yaitu 7,5 g/100 g bahan, masing-masing terdiri 1,9 g asam lemak jenuh; 2,7 g asam lemak tidak jenuh tunggal; serta 2,1 g asam lemak tidak jenuh ganda. Termasuk ke dalam asam lemak tidak jenuh ganda ialah omega 3 yang sanggup menurunkan kandungan kolesterol dalam darah.
Walaupun demikian, konsumsi cumi-cumi berlebih harus dihindari lantaran kadar kolesterolnya tidak mengecewakan tinggi, yaitu mencapai 260 mg/100 g bahan. Di dalam kelompok ikan laut, kadar kolesterol pada cumi, udang, lobster, dan kepiting, memang tergolong tinggi. Namun, kadar kolesterol pada produk perikanan tersebut masih relatif lebih rendah dibandingkan dengan kuning telur, hati, jeroan, serta otak ternak.
Pembentukan Sel Darah MerahCumi-cumi juga kaya akan Omega-3, protein, vitamin B, iodium dan banyak sekali mineral. Kandungan tembaga pada cumi-cumi baik untuk pembentukan sel darah merah.
Kesehatan bagi jantungPara andal mengungkapkan, cumi-cumi merupakan sumber masakan maritim yang kaya akan protein, omega-3, tembaga, seng, vitamin B dan yodium. Kandungan tembaga pada cumi baik untuk absorpsi tubuh, penyimpanan dan metabolisme besi dan pembentukan sel darah merah. Namun sebaiknya hindari konsumsi cumi dengan cara digoreng.
Ups maaf temen temen ternyata hanya ada 9.. tapi masih banyak yang belum saya sebutkan yang kandungan gizi dalam cumi-cumi yang bisa kita temukan dan rasakan sesudah kita menkonsumsinya.. biar bertambah wawasan anda dan biar bermanfaat...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser