-->

Ads1

Inilah Cara Budidaya Melon Yang Baik Dan Benar

Inilah Cara Budidaya Melon Yang Baik Dan Benar

Pak Tani Harry Bus - Tahukah anda dengan buah Melon? Melon adalah salah satu buah-buahan yang tergolong kedalam keluarga labu-labuan (Cucurbitaceae). Melon atau buah yang mempunyai nama latin Cucumis melo L ini merupakan buah yang banyak dijadikan sebagai gabungan dalam minuman atau sering juga dijadikan ekstrak minuman serbuk segar. Ciri-ciri buah melon ini yakni berbentuk lingkaran seolah-olah semangka dan isi buah ketika dibelah seolah-olah dengan labu. Rasanya yang manis dan menyegarkan menciptakan banyak orang menyukai buah melon ini. Lalu bagaimana cara menanam buah melon yang baik dan benar? Bagi anda yang ingin mencoba tehnik budidaya buah melon dengan hasil maksimal silahkan baca terus artikel ini hingga selesai.

Sebelum kita memulai membudidayakan melon, terlebih dahulu harus diketahui yakni syarat tumbuh tanaman melon. Adapun syarat tumbuh melon yakni sebagai berikut :

Syarat tumbuh

  • Tanaman melon baik tumbuh pada kawasan dengan ketinggian sekitar 300 hingga 1000 meter diatas permukaan bahari (dpl).
  • Intensitas curah hujan yang manis dan ideal untuk tananam melon yaitu sekitar 2000 hingga 3000 mm/tahun.
  • Untuk pH tanah sekitar 6,0 - 6,8 dengan kelembaban udara berkisar antara 70% - 80%.
  • Tanaman melon wajib menerima penyinaran sinar matahari setidaknya 10 - 12 jam /hari.


budidaya-melon.jpg" imageanchor="1" style="margin-left: 1em; margin-right: 1em;">buahan yang tergolong kedalam keluarga labu Inilah Cara Budidaya Melon Yang Baik dan Benarbudidaya-melon.jpg" title="Inilah Cara Budidaya Melon Yang Baik dan Benar" width="400" />


budidaya-melon-yang-baik">Cara Budidaya Melon Yang Baik dan Benar


1. Persiapan bibit ( pembibitan )

Sebelum menanam melon, kita diharuskan untuk menyiapkan bibit atau melaksanakan pembibitan melon. Cara membibitkan melon yang baik dan benar yakni sebagai berikut :
  • rendam benih melon selama kurang lebih 3 jam hingga jadi kecambah.
  • pindahkan kecambah kedalam polybag yang telah diisi dengan tanah dan pupuk.
  • lakukan penyiraman secara rutin di pagi atau sore hari.
  • jika benih melon sudah mempunyai setidaknya 3-5 helai daun ( biasa berkisar umur 12 hari sehabis pembibitan ), maka bibit sudah sanggup dipindahkan atau ditanam pada lahan.

2. Persiapan lahan

Menjelang bibit tumbuh dan siap untuk ditanam pada lahan, sebaiknya anda juga mempersiapkan lahan tempat menanam buah melon. Buahlah bedengan yang rapi dan terlebih dahulu gemburkan tanah memakai cangkul atau mesin yang tujuannya yakni supaya tanah menjadi lebih subur.


3. Penananam bibit

Setelah point 1 dan 2 siap, maka saatnya menanam bibit melon pada lahan garapan yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Buatlah lubang tanam dengan jarak tanam melon yang ideal yakni 50-60 cm antar lubang tanam. Setelah bibit tamat ditanam semua, segera siram dengan air biar tidak kering.


4. Tehnik perawatan melon

Perawatan tanaman wajib kita lakukan kalau ingin sukses dalam budidaya tanaman, begitu juga dengan tanaman melon yang kita tanam, maka perlu kita rawat dengan baik. Adapun cara perawatan tanaman melon ini meliputi penyiraman rutin, pemupukan, santunan tiang ajir, pecegahan dan pembasmian hama penyakit, penyiangan gulma, dan lain-lain.

Baca juga :
  • budidaya-melon-yang-baik" target="_blank">Cara Pemupukan Tanaman Melon
  • Hama Penyakit Tanaman Melon dan Pengendaliannya


5. Tahap Pemanenan

Buah melon sanggup dipanen biasanya sehabis berumur kurang lebih 3 bulan. Adapun cara mengetahui buah melon sudah sanggup dipanen yakni mengenali ciri-cirinya. Ciri-ciri melon sudah siap untuk dipanen yakni sebagai berikut:
  • serat jala dipermukaan kulit terlihat terperinci dan garang kalau diraba
  • permukaan kulit di sekitar tangkai buah akan terlihat retak-retak
  • warna buah sudah hijau kekuningan
  • buah sudah mengeluarkan aroma khas

Demikianlah sedikit klarifikasi perihal budidaya-melon-yang-baik">Cara Budidaya Melon Yang Baik dan Benar, mudah-mudahan bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser