-->

Ads1

Cara Perawatan Dan Referensi Pakan Burung Murai Kerikil Selama Perjodohan

Cara Perawatan Dan Referensi Pakan Burung Murai Kerikil Selama Perjodohan

Cara Perawatan Dan Referensi Pakan Burung Murai Kerikil Selama Perjodohan

Perawatan Dan Pola Pakan Burung Murai Batu Selama Perjodohan. Salah satu kunci sukses menangkar murai watu yaitu tahapan meningkatkan birahi burung betina dan jantan yang akan dimasukkan ke dalam sangkar penangkaran. Sumber makanan yaitu syarat yang penting bagi semua makhluk hidup termasuk juga burung murai batu. Kaprikornus selama kedua indukan burung murai watu sedang melaksanakan pendekatan atau perjodohan, sebaiknya di berikan pakan yang lebih cukup, semoga induk murai watu bisa mencapai tingkat Birahi yang sempurna. Karena, kalau sepasang murai watu itu telah mencapai puncak birahi, maka perkawinan dipastikan akan terjadi yang disusul dengan tahap bertelur pada induk betina. Sesungguhnya apa pakan yang paling baik buat pasangan murai watu dalam penangkaran ?.
Sumber makanan buat burung murai watu bisa berasal dari pakan buatan menyerupai Voer yang banyak dijumpai di pasaran dengan aneka macam brand dan pakan alami menyerupai jangkrik, cacing tanah, belalang, kroto, dan jenis ulat. Berilah pakan yang cukup,jangan kekurangan dan jangan pula berlebihan terutama pada pakan yang berupa jangkrik dan cacing. Jika kita terlalu banyak menunjukkan pakan terutama jangkrik,maka bisa di pastikan,indukan murai watu tersebut malah akan kelebihan birahi.

Untuk Pakan yang berjenis Voer, bisa kita siapkan setiap hari pada tempat pakanya. Kaprikornus pakan terbaik untuk Murai watu di penangkaran yaitu kombinasi aneka macam sumber pakan yang ada dan praktis diperoleh / didapat di pasaran alasannya yaitu setiap jenis pakan mempunyai kandungan nilai gizi yang berbeda dan bisa saling melengkapi untuk memenuhi kebutuhan burung dalam penangkaran.

Perawatan Dan Pola Pakan Burung Murai Batu Selama Perjodohan Cara Perawatan Dan Pola Pakan Burung Murai Batu Selama Perjodohan
Perawatan Dan Pola Pakan Burung Murai Batu Selama Perjodohan


Perawatan Dan Pola Pakan Burung Murai Batu Selama Perjodohan



Cara Memandikan Murai Batu
Induk murai watu juga sangat perlu untuk kita mandikan,tujuanya semoga induk tetap bugar serta staminanya fress.untuk memandikan induk betina murai batu,tidak perlu kita memandikanya,cukup kita berikan wadah yang berupa nampan di dalam sangkar perjodohanya.

Maka dengan sendirinya induk betina akan memandikan badanya secara mandiri, dengan melaksanakan hal ini pada induk murai yang sudah berjodoh, dan sudah berada dalam satu sangkar jodoh,kedua indukan tersebut akan memandikan badanya secara bersama-sama.kita cukup menyediakan nampan yang telah kita isi dengan air pada sangkar tersebut.

Cara Menimbulkan Birahi Murai Batu
Sangat praktis kalau kita sudah tahu caranya menyebabkan birahi indukan murai batu.yang perlu anda lakukan yaitu sebagai berikit untuk mempercepat indukan tersebut birahi dengan cepat.

Setelah kedua induk murai watu kita satukan dalam sebuah kandang,berikan voer,lalu berikan Extra foding atau EF dengan porsi lebih dari pada ketika kita berikan pada hari biasa.

Berikan setiap induk murai watu dengan 15-20 ekor jangkrik,agar lebih cepat timbul birahinya.jika di tempat anda sulit untuk menemukan jangkrik,pakan jangkrik bisa juga di ganti dengan Pakan Kroto yang lebih praktis kita mencariya di sekitar rumah kita.

Selanjutnya,pada hari kedua,berikan pakan yang sama,namun untuk jatan pakan murai watu betina kita kurangi,sebagai teladan kalau satu hari induk betina kita berikan jangkrik 15 ekor,kita kurangi menjadi 10 ekor.hal ini bertujuan semoga induk betina murai watu birahinya tetap stabil dan terjaga.

Untuk hari ke 3 dan 4 pertolongan pakan yang berupa EF pada induk jantan murai watu kita kurangi, sedangkan untuk induk betina tidak kita berikan sama sekali.hal ini sengaja kita lakukan semoga sang induk betina sedikit kelaparan,dengan demikian,sudah di pastikan,ia akan meminta pakan pada induk jantan, lakukan hal ini hingga 2-3 hari,agar induk betina murai watu benar-benar birahi dengan sempurna.

Cara Merawat Indukan Ketika Mengeram
14 Hari indukan murai watu mengerami telurnya.nah,bagi anda pemula dalam hal ini,sewaktu indukan murai watu mengeram,juga sangat membutuhkan perawatan kusus. Kita bisa mengecek indukan tersebut semoga indukan tidak meninggalkan telur yang di engkrami.sebaiknya kita sediakan pakan yang cukup,serta air minumnya. Lingkungan sekitar juga harus terjaga,jauhkan dari kebisingan baik insan maupun bunyi kendaraan bermotor.

Pastikan tempat induk mengeram tersebut nyaman,bebas dari ngangguan hewan,binatang dan parasit,semut dan kecoa.jika indukan tidak merasa nyaman ketika mengerami telurnya,ia akan lebih cenderung meninggalkan telurnya yang bisa menyebabkan telur waktu mengeram tersebut tidak jadi.karena suhu yang tidak stabil akhir induk murai watu sering meninggalkan telurnya dengan waktu yang lama.

Untuk pakan selama induk murai watu mengeram,kita bisa menunjukkan pakan yang cukup. Namun, untuk pakan EF kita kurangi pemberianya, hal ini bertujuan semoga indukan murai watu tersebut birahinya tidak muncul kembali.jika selama mengeram tiba-tiba birahi indukan naik,kedua induk bisa berlagu lebih kasar dan agresif,baik kepada pasanganya maupun kepada telur yang sedang di engkraminya.


Sekian klarifikasi singkat ihwal Perawatan Burung Murai Batu Selama Perjodohan. Semoga goresan pena ini mempunyai kegunaan dan ada manfaatnya.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser