-->

Ads1

Panduan Teknis Cara Gampang Beternak Kelinci

Panduan Teknis Cara Gampang Beternak Kelinci

Panduan Teknis Cara Gampang Beternak Kelinci

Cara Praktis Beternak Kelinci - Kelinci bisa dikategorikan binatang peliharaan dan ternak potong, lantaran daging kelinci ternyata cukup diminati masyarakat terutama untuk panganan berbentuk sate kelinci. Nilai hemat budidaya kelinci sangat bergantung pada tata cara beternak yang dilakukan terutama menyangkut masa panen dan pemasaran. Kita tahu bahwa kelinci merupakan salah satu binatang yang paling produktif dalam berkembang biak, oleh lantaran itu jikalau kita ingin memulai bisnis ini ada baiknya pastikan terlebih dahulu pasar yang akan menampung produksi (panen).

 Kelinci bisa dikategorikan binatang peliharaan dan ternak potong Panduan Teknis Cara Praktis Beternak Kelinci
Cara Praktis Beternak Kelinci
Dari pengalaman seorang sobat di kantor saya dulu menyetakan bahwa kebangkrutannya beternak kelinci bukan lantaran final hayat atau penyakit, tapi kerugian diakibatkan lantaran tidak adanya pasar yang niscaya mau menampung produksi. Untuk sanggup kita ketahui bersama bahwa seekor induk bisa menghasilkan anak sampai 12 ekor dalam tempo 2 bulan, buatlah rata-rata kelahiran 4 ekor saja dalam 2 bulan berarti setahun anda akan memperoleh kelinci sebanyak 24 ekor dari seekor induk saja.

Jika pasar mememag selalu ada maka ternak kelinci ini akan sangat menguntungkan, lantaran sangat gampang dikembang biakkan, namun jikalau pasar di kawasan anda sangat tidak niscaya saya sarankan jangan jadikan sebagai usaha, lantaran biaya pakan dan pemeliharaan akan sangat membebani.

Cara sederhana beternak kelinci
  • Jika kita ingin memelihara atau beternak kelinci mulai dari anakan maka sebiknya sangkar yang kita sediakan yakni sangkar baterani yang diberi litter.
  • Namun jikalau kita eksklusif membeli indukan, maka cukup dibangun sangkar baterai saja.
  • Ukuran box baterai sangkar kelinci yang bisa dipakai untuk semua jenis kelinci 70 x 50 x 60 cm. (panjang x lebar x tinggi) ini bisa memuat 5 ekor. Namun jikalau kita ingin megembang biakkan maka dalam satu box sangkar cukup diisi dengan sepasang.
  • Siapkan pakan atau kuliner kelinci. Jika ingin simpel cukup membeli pelet dan ditambahkan dengan sedikit hijauan kuliner ternak yang cocok untuk kelinci. Adapun beberapa hijauan yang cocok untuk kuliner kelinci; leguminoseae (daun kacang-kacangan), sayuran (kangkung dan wortel), rumput unggul yang masih muda, daun ubi (baik umbi jalar maupun ketela). selengkapnya lihat di sini.
  • Sebaiknya dalam sangkar diberi penerangan lampu listrik
  • Obat-obatan yang harus selalu siap sedia yang paling utama yakni vitamin C dan antibiotik.
  • Kontrol untuk kelinci cerdik balig cukup akal cukup 2 kali sehari sekali di pagi hari dan sekali di sore hari. Kontrol dilakukan sekalian memberi makanan. Sedangakan untuk anakan sebaiknya dikontrol sesering mungkin.
Itulah citra garis besar yang paling pengting dipersiapkan dalam beternak kelinci. Sekali lagi saya pesankan bahwa budidaya ini bukan masalah yang sulit bila dibandingkan dengan sapi atau bebek, selain itu kelinci sangat produktif dan bisa dikatakan gemar beranak. Oleh lantaran itu pastikan bahwa sebelum terjun ke bisnis ini anda sudah mengetahui seluk beluk pasar di kota anda. Jika tujuan anda hanya untuk menjual anakan sebagai ternak hias, jangan coba sekala besar. Namun jika  di kawasan anda banyak terdapat penggemar daging kelinci, mungkin anda bisa memelihara angora, rex atau jenis lainnya dalam sekala menengah.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser