-->

Ads1

3 Tips Cara Gampang Dan Mudah Memelihara Kambing Dirumah

3 Tips Cara Gampang Dan Mudah Memelihara Kambing Dirumah

3 Tips Cara Gampang Dan Mudah Memelihara Kambing Dirumah

Cara Memelihara Kambing - Berternak Kambing sanggup menjadi solusi bisnis anda, kebutuhan akan daging kambing juga tinggi terutama dikala lebaran kurban dan harga jual kambing pada isu terkini kurban sanggup meningkat drastis. Tentunya untuk mengundang ketertarikan para pembeli haruslah ditunjang dengan kualitas dari kambing-kambing yang dijual, kualitas kambing sebagai binatang ternak tentunya tidak lepas dari bagaimana cara memelihara kambing tersebut. Beberapa faktor penting yang mendukung keberhasilan beternak kambing diantaranya:

 Berternak Kambing sanggup menjadi solusi bisnis anda 3 Tips Cara Mudah dan Mudah Memelihara Kambing Dirumah
Cara Memelihara Kambing
Cara beternak kambing yang benar, Cara memelihara kambing, Faktor yang mempengaruhi kesuksesan ternak kambing, Peternakan, Ternak Kambing, tips berternak kambing,

1. Pembibitan Kambing
Jenis kambing mempunyai peranan penting terhadap kualitas kambing itu sendiri, menyerupai bentuk, ketahanan terhadap penyakit, dan nilai jual. Beberapa jenis kambing yang banyak dibudidayakan di Indonesia diantaranya : Kambing Kacang dan Kambing Etawa.

Jenis kambing kacang paling banyak dibudidayakan, kambing ini mempunyai perawakan yang relatif lebih kecil dibanding kambing etawa dan banyak dijumpai hampir di seluruh kawasan di Indonesia. Namun dari harga, kambing etawa lebih mahal dibanding kambing jenis kacang.

Cara memelihara kambing, Faktor yang mempengaruhi kesuksesan ternak kambing, Ternak Kambing, Cara beternak kambing yang benar, tips berternak kambing,

Untuk menyiapkan bibit kambing untuk dikembangbiakkan maka perlu memeperhatikan beberpa hal berikut:
  • Pilih jenis kambing yang anda harapkan
  • Pilih Induk kambing yang mempunyai tubuh sehat, bentuk badannya bagus, bulu tumbuh sehat dan mengkilap, tidak cacat.
  • Pilih kambing jantan yang sehat dan manis untuk dijadikan pejantan.
2. Kualitas Makanan
Makanan untuk ternak kambing memperlihatkan nutrisi yang berkhasiat bagi kesehatan kambing peliharaan, pakan yang baik yaitu rumput dan dedaunan hijau dari jenis tumbuhan yang disukai kambing. Namun dukungan pakan buatan juga sanggup dilakukan sesekali untuk memenuhi kebutuhan vitamin.

Pemberian makanan juga harus rutin dilakukan alasannya kambing relatif sering makan, bila perlu kambing yang diternak sanggup dilepas ke lahan yang ditumbuhi rumput-rumput (angon).

Bentuk wadah makanan kambing di sangkar juga sebaiknya didesain lebih tinggi sehingga posisi kambing dikala makan sedikit naik, hal ini sanggup mempengaruhi contoh makan kambing.

3. Kesehatan Kandang

Sanitasi sangkar sangat kuat terhadap kesehatan kambing-kambing yang ada di dalamnya, buatlah sangkar menghadap ke timur semoga mendapat sinar matahari pagi. Namun kalau tidak memungkinkan menghadap timur, maka buatlah sangkar jangan terlalu tertutup semoga sikulasi udara dan sinar matahari sanggup masuk dengan baik ke kandang.

Kondisi sangkar yang tidak higienis sanggup menyebabkan bibit penyakit pada kambing menyerupai jamur yang menjadikan problem pada kulit kambing (gudik). Lakukan pencucian kotoran-kotoran kambing secara terpola untuk mengantisipasi pertumbuhan bibit penyakit. Desain sangkar untuk kambing yang paling baik yaitu sistem panggung dengan lantai berongga, alasannya memungkinkan kotoran sanggup pribadi turun dan idak banyak melekat di lantai.

Luasan sangkar juga memegang peranan penting terhadap kesehatan kandang, perhatikan daya tampung sangkar dikala berniat menciptakan sangkar untuk kambing.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dikala memeilihara kambing, tentunya faktor keberhasilan beternak kambing sangat banyak namun kalau beberapa hal di atas sudah dilakukan dengan baik dan benar akan menghasilkan kambing yang sehat dan bernilai jual tinggi.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser