-->

Ads1

Cara Perencanaan Yang Baik Untuk Memulai Perjuangan Beternak Ayam

Cara Perencanaan Yang Baik Untuk Memulai Perjuangan Beternak Ayam

Cara Perencanaan Yang Baik Untuk Memulai Perjuangan Beternak Ayam

Banyak orang beternak ayam dengan banyak sekali alasan. ada beberapa peternak memelihara ayam untuk pedaging, sementara ada juga yang membesarkan ayam untuk dijadikan ayam petelur dan ada juga yang memelihara untuk pengendalian hama. ayam merupakan unggas yang dibesarkan secara terkenal di seluruh dunia. membesarkan ayam untuk daging dan telur sanggup menjadi hobi yang sangat menarik. sebagian pemilik, pastilah sangat bangga dikala anda memulai dengan ayam kecil dan di akhiri dengan kulkas isi penuh dengan daging ayam. selain itu juga orang tidak memerlukan banyak lahan untuk membesarkan ayam dan alasannya ialah perputaran meraka cepat anda sanggup mendapatkan kembali uang anda secara cepat.

Diantara sekian banyak jenis aktifitas bisnis, beternak ayam mungkinadalah acara bisnis yang jarang diminati oleh orang, alasannya ialah kesannya kurang bonafit. padahal apabila bisnis ternak ayam ini ditekuni dengan sungguh sungguh bisnis ternak ayam ialah bisnis yang menjanjikan secara finansial. bagaimana tidak secara logika, apabila dihitung secara garang satu rumah membeli seperempat kg ayam sehari, berapa kg ayam yang harus tersedia. dan bahkan beberapa isu menyebutkan bahwa sebuah peternakan dan rumah potong ayam tidak sanggup memenuhi undangan stok ayam, padahal mereka telah memproduksi beberapa kuintal ayam sehari.
Banyak orang beternak ayam dengan banyak sekali alasan Cara Perencanaan Yang Baik Untuk Memulai Usaha Beternak Ayam
Perancangan Memulai Beternak Ayam
Usaha ternak ayam kampung sanggup diusahakan dalam skala kecil-kecilan ataupun besar-besaran tergantung modal yang tersedia. Namun kadang kita gundah untuk memulai perjuangan ini alasannya ialah sering dihantui banyak sekali macam rintangan, hambatan dan ketakutan lainnya. Rintangan dan hambatan yang biasanya muncul sebelum kita memulai perjuangan beternak ayam kampung antara lain bagaimana semoga ayam kampung sanggup tetap hidup? Bagaimana kalau ayam kampung sakit? Dari mana mendapatkan modal? Terus bagaimana kalau rugi? undefinedBagaimana kalau ini, kalau itu dan kalau-kalau yang lainnya. 

Beternak ayam kampung sudah usang dilakukan oleh masyarakat kita, sehingga cara dan teknik beternak bahwasanya tidak perlu kami angkat ke permukaan. Akan tetapi seiring dengan berkembangnya zaman dan undangan akan produk ini (daging dan telur) yang tidak sebanding dengan tingkat produksi maka kiranya perlu problem ini kami angkat kembali terutama untuk yang ingin memulai perjuangan beternak ayam kampung. Untuk mengatasi permasalahan tersebut tidak ada pilihan lain kecuali dengan mengubah cara beternak kita. Masyarakat kita selama ini memakai model pemeliharaan beternak ayam kampong secara ekstensif (diumbar) dan memang sudah semestinya kita mulai berganti minimal dengan model pemeliharaan semiintensif atau lebih-lebih sanggup meningkat menjadi intensif. 

Berikut ialah langkah-langkah yang sanggup membantu anda untuk memulai perjuangan beternak ayam kampong: 

Bangun keyakinan
Membangun keyakinan untuk memulai perjuangan ternak ayam kampung bukanlah hal yang mudah apalagi untuk orang yang tidak mempunyai latar belakang beternak sama sekali. Belakangan banyak kalangan yang memutar haluan untuk terjun di bisnis ini yang notabene bukan berlatar belakang seorang peternak. Mereka kebanyakan hanya sanggup menangkap peluang tapi belum tahu cara beternak benar. Para usahawan yang bermodal tebal, orang yang mau pensiun ramai-ramai merintis perjuangan ini. Mereka ialah orang-orang yang mempunyai kekuatan (modal, mental dan sebagainya) dan siap dengan resiko dan hambatan yang akan di alami. Sehingga resep jitu untuk membangun kenyakinan ialah dengan memaksimalkan kekuatan dalam diri kita dan siap dengan resiko yang akan di alami. 

Singkirkan rintangan!

Semua bentuk perjuangan insan di dalamnya diharapkan pengorbanan (ikhtiar), sesudah itu kita hanya sanggup pasrah bertawakkal kepada yang Maha Memberi Rezeki. Tidak perlu pergi ke dukun, orang pintar, paratidaknormal, dan sebagainnya semoga perjuangan kita membawa keberhasilan alasannya ialah hal itu akan menciptakan kita menjadi musryik bagi orang Islam. Akhir dari bentuk perjuangan yang akan kita jalankan ialah sukses (untung) dan gagal (rugi) tergantung bagaimana administrasi kita dalam mengendalikan usaha. Begitu juga kalau kita akan memulai perjuangan ternak yang pastinya kita harus sedikit faham dan menjadi suatu keharusan untuk berguru akan seluk beluk dan liku-liku cara beternak. Yang perlu dicatat ialah kita harus membedakan perjuangan barang mati dengan barang hidup. Dengan berbekal sedikit pengetahuan dari membaca, mengikuti training atau training, berkunjung atau magang eksklusif ke peternakan kami rasa sudah cukup sebagai modal pertama untuk memulai usaha. Modal keuangan kami rasa ‘gampang’, tapi yang paling sulit ialah modal mental termasuk didalamnya ialah perilaku siap mendapatkan resiko usaha. Berbeda kalau kita sudah menjalani satu siklus usaha, di sana kita akan banyak mendapatkan pengalaman dan kita sanggup melaksanakan penilaian perjuangan kita. Kalau rugi kenapa dan kalau untung apa tidak sanggup ditingkatkan pada siklus kedua atau berikutnya. Singkirkan rintangan dan tanamkan dalam diri kita perilaku percaya diri untuk memulai perjuangan kita dengan modal seadanya, jangan terlalu muluk-muluk dan angan-angan yang belum terang akhirnya. 

Tentukan pilihan perjuangan
Setelah undangan daging dan telur ayam kampung tidak sebanding dengan tingkat produksinya, masyarakat kita mulai membedakan perjuangan antara beternak ayam kampung untuk tujuan pedaging dan tujuan telur. Penting kiranya semenjak dari awal kita sudah menfokuskan diri menentukan perjuangan apa yang akan kita rintis. Karena dengan mengetahui tujuan perjuangan yang terang kita akan semakin mudah dalam mengatur perjuangan kita serta mengambil langkah yang terang pula. Janganlah memulai suatu perjuangan dengan tujuan yang tidak terang alasannya ialah hanya akan membawa hasil simpulan yang tidak terang pula. Banyak bertanya ihwal ke dua pilihan perjuangan tersebut kepada pelaku perjuangan atau orang yang punya pegalaman akan perjuangan tersebut. Singkirkan perilaku sok pintar, sok pandai, sok pengalaman dalam diri kita kalau ingin berhasil. 

Menentukan lokasi perjuangan
Menentukan lokasi perjuangan mirip kita akan menentukan rumah atau daerah tingga untuk keluarga kita. Biasanya ada dua problem dalam penentuan lokasi perjuangan ini yaitu calon peternak yang sudah mempunyai persiapan lahan dan calon peternak yang belum mempunyai lahan. Factor penentuan lokasi perjuangan seringkali diabaikan oleh calon peternak sehingga seringkali juga kita mendengar ada perjuangan peternakan yang berhenti ditengah jalan karena menerima protes dari masyarakat sekitar dan tentu ini sangat merugikan. Secara umum lokasi untuk beternak ayam kampung sanggup diusahakan di mana saja, akan tetapi kalau kita sanggup menentukan lokasi yang nyaman bagi ternak dan nyaman pula untuk masyarakat tentu itu sesuatu yang pandai dan bijaksana. Lokasi untuk beternak ayam kampung sebisa mungkin terpisah dari permukiman penduduk minimal 10 meter. Yang perlu kita pertimbangkan ialah limbah wangi amoniak yang ditimbulkan jangan hingga mengganggu warga sekitar. Lokasi juga kalau sanggup bersahabat dengan sumber air, sarana produksi ternak (sapronak), pasar , transportasi mudah, dan aman. 

Waktu memulai perjuangan
Pertanyaan selanjutnya ialah kapan kita akan memulai usaha? Usaha beternak ayam kampung sanggup dimulai kapan saja asal semua factor pendukung perjuangan siap dan tersedia minimal bibit, pakan dan kandang. Tersedianya bibit, pakan, dan sangkar saja belum cukup kalau tidak dibarengi dengan informasi pasar yang jelas. Waktu yang sedikit sempurna untuk memulai perjuangan beternak ayam kampung ialah 2-3 bulan sebelum hari raya Iedul Fitri (lebaran), imlek dan tahun gres masehi. Mengapa? Karena pada waktu itu undangan daging ayam kampung rata-rata meningkat sehingga kita tidak khawatir produksi kita tidak laris terjual. 

Manajemen perjuangan
Bibit ayam kampung (DOC) sanggup diperoleh dengan beberapa cara antara lain dengan menetaskan sendiri atau eksklusif membeli DOC dari produsen terpercaya. Kalau anda menetaskan sendiri itu lebih baik dan lebih menguntungkan pula. Akan tetapi untuk menetaskan telur sendiri perlu sedikit keahlian dan biaya untuk membeli mesin penetas telur. Untuk praktisnya membeli DOC eksklusif mungkin jalan terbaik, dan seiring dengan bertambahnya waktu sanggup mencoba menetaskan sendiri. 

Pakan untuk ayam kampung bahwasanya cukup sederhana saja, akan tetapi kalau kita mempertimbangkan waktu dan laba kiranya perlu menciptakan terobosan atau mencari sumber pakan berkualitas dengan harga murah. Jangan tertipu pakan jadi dengan harga murah, tapi kalau murah berkualitas tidaklah masalah. 

Kandang untuk beternak ayam kampung cukup dibentuk sederhana saja, akan tetapi kalau sudah yakin perjuangan kita akan sanggup berjalan terus dalam waktu usang maka membangun sangkar permanen ialah suatu keharusan. Kandang permanen biasanya akan terawat lebih baik daripada sangkar yang bersifat sementara. Yang menjadi patokan dalam membangun sangkar ialah arah kandang, dan kepadatan kandang. Kandang ayam kampong sanggup dibentuk menurut fase pemeliharaan (bok, ren, atau postal).
Pencegahan dan penanganan penyakit ialah hal yang tak kalah pentingnya dalam perjuangan peternakan ayam kampong. Lebih baik mencegah daripada mengobati ialah prinsip yang harus dipegang oleh peternak untuk problem ini. Mengapa? Usaha pencegahan jauh lebih murah biayanya daripada biaya yang kita keluarkan untuk mengobati. Usaha pencegahan penyakit ini sanggup dilakukan antara lain dengan menerapkan jadwal sanitasi yang ketat, biosecurity, dan jadwal vaksinasi. Sedangkan untuk perjuangan penanganan penyakit ialah dengan melaksanakan penanganan atau tindakan yang benar dalam mengobati penyakit. 

Pemasaran
Anda tidak perlu gundah untuk memasarkan panenan ayam kampung baik berupa daging atau telurnya, insyaallah banyak jalan. Pasar tradisional, warung penyedia sajian Istimewa ayam kampung, pengepul, pembeli ayam kampung keliling (obrok) tidak pernah berhenti untuk membeli produk ini. Kalau terdapat banyak peternak di suatu daerah atau wilayah maka sebaiknya membentuk suatu komunitas (asosiasi atau paguyuban) semisal koperasi peternak ayam kampung atau semisalnya. Insyaallah banyak manfaat kalau kita bergabung dengan koperasi atau paguyuban di antara salah satunya ialah untuk mengatasi problem pemasaran produk.

Mengenal Ayam Kampung Super
Ayam kampung masih menjadi salah satu ternak unggas yang favorit, dagingnya yang enak, telurnya yang konon berguna untuk menambah kekuatan dan menyembuhkan penyakit hingga untuk materi sesajen, juga harganya yang tidak mengecewakan tinggi sehingga sangat potensial untuk dijadikan sumber penghasilan. Namun, hambatan yang menciptakan masyarakat enggan memelihara ayam kampung ialah lamanya masa panen. Ayam kampung sanggup memakan waktu berbulan - bulan untuk sanggup dipanen. Sehingga menciptakan bisnis rumahan ayam kampung ini cenderung lesu

Terobosan gres kemudian muncul, apa yang diresahkan oleh peternak terkait dengan lamanya masa panen sekarang sanggup ditanggulangi dengan adanya ayam kampung super. Ayam kampung super merupakan hasil pershilangan antara ayam kampung orisinil dengan ayam lainnya yang mempunyai keunggulan. Dari persilangan ini kemudian di dapatlah ayam kampung super yang mememiliki kelebihan diantaranya ialah :
  • Lebih Cepat Panen. Tidak mirip perjuangan rumahan ayam kampung orisinil yang butuh waktu 4-6 bulan, ayam kampung super mempunyai masa panen 50-60 hari. Waktu yang cepat tersebut sehingga mengakibatkan ayam kampung super sanggup dijadikan peluang bisnis rumahan yang potensial.
  • Lebih Kuat. Ayam kampung super cenderung lebih tahan terhadap cuaca, sehingga tingkat janjkematian lebih rendah. Dengan rendahnya tingkat janjkematian tentu saja mengakibatkan panen semakin banyak dan laba pun semakin berlipat.
  • Lebih Menguntungkan. Melihat pada kedua aspek diatas, meskipun harga ayam kampung super lebih rendah Rp. 500 -Rp. 1000, Namun, alasannya ialah singkatnya masa panen sehingga menekan biaya modal. Dengan modal yang kecil maka laba semakin besar terlebih dengan ketahanan badan yang dimiliki oleh ayam kampung super sehingga mengakibatkan peluang panen yang menguntungkan dari bisnis rumahan ini jauh lebih menjanjikan.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser