-->

Ads1

Cara Menyemai Benih Padi Biar Cepat Tumbuh Dan Dapat Segera Ditanam

Cara Menyemai Benih Padi Biar Cepat Tumbuh Dan Dapat Segera Ditanam

Cara Menyemai Benih Padi Biar Cepat Tumbuh Dan Dapat Segera Ditanam

Ilmu Dasar Tani kali ini akan membahas perihal bagaimana cara menyemai benih padi supaya cepat tumbuh dan dapat segera ditanam. Sebelum kita bahas ke inti judul artikel ini, sedikit akan admin jelaskan perihal dasar menyemai benih padi. Pada dasarnya menyemai benih padi dilakukan hanya untuk mendapat benih padi guna ditanam pada lahan sawah maupun lahan kering. Selain dengan cara menyemai ada juga petani padi yang pribadi menaburkan biji atau benih padi kesawah. Namun cara tersebut tidak efektif dan banyak permasalahannya. Makanya jikalau anda ingin membudidayakan padi, sebaiknya anda melaksanakan semai padi untuk mendapat bibit yang baik dan hasil panen terbaik.

Cara menyemai benih padi ini cukup gampang dan tidak terlalu sulit, tapi bagi anda yang belum pernah tahu bagaimana cara menyemai biji padi yang baik dan benar, dapat anda baca artikel ini hingga habis. Berikut ini merupakan hal-hal yang kita lakukan sebelum menyemai benih padi.

Persiapkan Peralatan


1. Cangkul

Cangkul kita gunakan untuk mencangkul sawah dan memperbaiki pematang sawah yang akan dipakai sebagai lahan persemaian, ini jikalau kita menyemai benih padi disawah. Jika didarat, maka cangkul berfungsi untuk menggemburkan tanah sebelum bibit disemaikan.


2. Garu

Kalau yang ini namanya garu kalau kami sebut, garu ialah alat yang berfungsi untuk meratakan lumpur pada sawah yang akan kita semaikan bibit. Alat garu ini dapat kita buat sendiri dari kayu dan papan.

 kali ini akan membahas perihal bagaimana cara menyemai benih padi supaya cepat tumbuh dan b Cara Menyemai Benih Padi Agar Cepat Tumbuh dan Bisa Segera Ditanam
Gambar persemaian padi sawah ( Foto contributor by Wahyu Hendro Wibowo )

Cara Menyemai Benih Padi


1. Persiapkan lahan

Sebelum menyemai benih padi, maka sebaiknya kita siapkan lahan yang akan dipakai untuk menyemai. Jika didarat, maka kita harus menggemburkan tanah dulu dan buat bedengan yang lebarnya kira-kira 3 meter dan panjangnya terserah anda dapat 5-10 meter. Sebenarnya tidak ada patokan khusus untu lebar dan pajang bedengan. Begitu juga jikalau disawah, maka kita harus membajaknya dan meratakan serta menghaluskan permukaan sawah gres kemudian disemaikan benihnya.

2. Persiapkan benih/biji padi

Sebelum benih disemaikan sebaiknya benih padi direndam dalam air selama satu malam, sehabis itu gres kita taburkan pada daerah yang sudah dipersiapkan.

Baca Juga : Manfaat Merendam Benih Padi Sebelum Di Semaikan


3. Menyemai benih padi

Setelah lahan siap, maka selanjutnya tinggal kita semaikan benih padi, jikalau didarat, silahkan ditaburkan benih padi secara merata. Jika sudah final segera tutupi permukaan dengan terpal tipis atau alang-alang juga dapat supaya tidak habis dimakan burung maupun binatang lainnya. Begitu juga perlakuan disawah, sama ibarat didarat.

 4. Perawatan benih

Setelah benih disemaikan, langkah selanjutnya ialah merawatnya dengan baik dan benar. Beri pupuk supaya pertumbuhan benih cepat dan benih dapat cepat tumbuh. 

Setelah benih berumur 2 ahad maka benih padi siap untuk ditanam, tapi untuk usia tanam benih padi ini tergantung pada jenis atau varietas padi yang anda tanam. Semoga bermanfaat.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser