-->

Ads1

Cara Gampang Dan Mudah Serta Sederhana Menanam Tomat Hidroponik Dirumah

Cara Gampang Dan Mudah Serta Sederhana Menanam Tomat Hidroponik Dirumah

Cara Gampang Dan Mudah Serta Sederhana Menanam Tomat Hidroponik Dirumah

Tips Sederhana Menanam Tomat Hidroponik Dirumah - Budidaya sayuran maupun buah-buahan dirumah sangat menyebangkan, apalagi kalau cara yang dipakai unutk menanam yaitu cara menanam hidroponik. Tanaman hidroponik yaitu cara yang sanggup kita lakukan untuk bercocok tumbuhan dipekarangan yang sempit. Karena menanam dengan cara hidroponik ini tidak membutuhkan media lahan atau tanah yang luas. Kita sanggup memakai bahan-bahan bekas menyerupai botol aqua bekas, sterofoam, dan sebagainya. salah satu cara yang paling gampang dan murah dalam menanam metode hidroponik yaitu sistem wick atau sumbu. Sebagaimana sudah saya posting pada aertikel sebelumnya bahwa sistem wick atau sumbu ini lebih simpel dan murah.

Menanam hidroponik sangat menguntungkan dan tentunya hasil yang didapatkan akan maksimal. Banyak tumbuhan yang sanggup dibudidayakan memakai sistem hidroponik ini, salah satunya yaitu tomat. Nah tomat ini sangat gampang kita budidayakan dengan metode hidroponik, dan dibawah ini akan admin share bagaimana tips sederhana budidaya tomat hidroponik.

budidaya%2Btomat%2Bhidroponik.jpg" imageanchor="1" style="margin-left: 1em; margin-right: 1em;">Tips Sederhana Menanam Tomat Hidroponik Dirumah Cara Mudah dan Mudah serta Sederhana Menanam Tomat Hidroponik Dirumahbudidaya%2Btomat%2Bhidroponik.jpg" title="Cara Mudah dan Mudah serta Sederhana Menanam Tomat Hidroponik Dirumah" width="320" />


Sebelum kita menanam tomat hidroponik, maka hal yang perlu dipersiapkan yaitu pemilihan benih tomat. Untuk menentukan benit atau bibit tomat, anda sanggup beli benih yang baik ditoko pertanian atau sanggup juga menyemai sendiri dengan menentukan buah toamat yang berkualitas. Namun kalau anda ingin cara yang simpel ya dengan membeli benih yang dijual ditoko pertanian.

Setelah benih anda dapatkan, maka kini anda lakukan pembuatan media tanam. Metode hidroponik yang sanggup anda gunakan yaitu dengan menanam hidroponik sistem wick atau sumbu. Anda sanggup baca pada postingan saya sebelumnya perihal Tehnik Menanam Hidroponik Sistem Wick.

Penyemaian

Penyemaian benih tomat sanggup anda lakukan dengan metodehidroponik rockwool. Karena cara ini sanggup dibilang cukup simpel yaitu gampang nantinya untuk dipindahkan. Caranya potong rockwool berbentuk dadu keci-kecil, lalu anda rendam kedalam air yang sudah diberikan nutirisi. Setelah itu silahkan anda benam biji tomat tersebut dalam rockwool dengan masing-masing 1 biji untuk satu rockwool. Agar benih tomat sanggup tumbuh degan baik maka perlu diberikan perawatan, caranya simpan benih ditempat yang cukup teduh selama beberapa hari hingga benih tumbuh kecambah. Setelah tumbuh kecambah silahkan anda pindahkan benih yang tumbuh kecambah tersebut ditempat yang cukup terkena sinar matahari. Setelah benih mulai tumbuh 4 daun atau lebih, maka saatnya anda pindahkan tomat hidroponik anda ketampat yang lebih besar.

Tomat Hidroponik Siap Untuk Dipindah ke Pot atau Botol Plastik

Silahkan anda pindahkan benih tomat yang sudah mempunyai 4 lembar daun tadi pada pot atau bekas botol plastik dengan maksud semoga benih sanggup berkembang dengan baik. Yang perlu anda perhatikan yaitu akar tomat jangan samapi terendam semuanya. Lebih baik kasih jarak antara akar dengan air nutrisi suapaya akar juga mendapat oksigen.

Membesarkan Tomat Hidroponik

Untuk langkah selanjutnya yaitu membesarkan tomat hidroponik anda. Anda sanggup gunakan sistem wick yang sudah sebelumnya anda persiapkan. Untuk caranya silahkan anda baca artikel sebelumnya perihal Tehnik Menanam Hidroponik Sistem Wick. Anda juga sanggup menambahkan watu atau krikil pada media tumbuhan untuk membantu menopang tumbuhnya tumbuhan hidroponik anda. Jika tomat hidroponik anda sudah bertambah besar dan tinggi, sebaiknya gunakan sulur yang membantu tumbuhan semoga sanggup tegak berdiri.

Untuk menunjang pertumbuhan tomat hidroponik silahkan anda pakai nutrisi khusus hidroponik untuk tomat hidroponik, alasannya yaitu kandungan nutrisi didalamnya sudah disesuaikan. Cara penggunaan nutrisi hidroponik tomat yaitu sebagai berikut :

Tips Sederhana Menanam Tomat Hidroponik Dirumah Cara Mudah dan Mudah serta Sederhana Menanam Tomat Hidroponik Dirumah


Cara menciptakan pekatan AB Mix:

Pekatan A : Larutkan kantong A sehingga menjadi 500 ml
Pekatan B : Larutkan kantong B sehingga menjadi 500 ml
Cara pemakaian pekatan AB Mix:
masa semai : 3 ml pekatan A + 3 ml pekatan B dengan 1 liter air bersih
Masa pertumbuhan: 5ml pekatan A +5 ml pekatan B per 1 liter air
Masa pembuahan : 7 ml pekatan A + 7 ml pekatan B per 1 liter air naikkan secara sedikit demi sedikit hingga 10 ml per 1 liter air semoga bunga tidak rontok.


Baca juga artikel lain Panduan Sederhana Menanam Tomat Hidroponik Dirumah, mudah-mudahan bermanfaat dan menambah wawasan anda semua. Salam pertanian..
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser