-->

Ads1

Panduan Budidaya Jeruk Nipis Yang Baik Dan Benar

Panduan Budidaya Jeruk Nipis Yang Baik Dan Benar

Pak Tani Harry Bus - Jeruk nipis yaitu tanaman yang tergolong pada jenis tanaman buah yang banyak di manfaatkan masyarakat. Biasanya jeruk nipis ini sering dipakai untuk bumbu dapur, menghilangkan basi anyir pada ikan atau daging dan lain sebagainya. Selain sanggup dipakai dalam bumbu masakan, jeruk nipis ini juga sangat anggun sekali untuk kesehatan, biasanya jeruk nipis dipakai sebagai materi pelengkap dalam pembuatan jamu tradisional. Ada banyak seali khasiat jeruk nipis untuk kesehatan, makanya banyak masyarakat yang ingin menanam jeruk nipis sendiri dirumah.

Harga jeruk nipis ini sanggup dikatakan tidak mengecewakan mahal sehingga apabila anda mau membudidayakan dengan serius, maka anda akan mendapat laba yang besar. Cara menanam jeruk nipis tidak terlalu sulit, hanya butuh perawatan yang baik dan benar. Bagi anda yang ingin membudidayakan jeruk nipis, maka disini Pak Tani Harry Bus akan membagikan sedikit cara ataupun tips budidaya jeruk nipis yang baik dan benar. Karena bila anda tidak memperhatikan beberapa hal penting dalam menanam jeruk nipis, kesannya anda tidak akan mendapat keuntungan. Masalah yang sering timbul dan selalu dijumpai dalam budidaya jeruk nipis yaitu jeruk nipis tidak mau berbuah, daun jeruk nipis kuning dan selalu rontok, dan masih banyak lagi permasalahan dalam budidaya jeruk nipis.

Berikut ini beberapa tahap yang sanggup anda ikuti bila anda berencana untuk menanam atau membudidayakan jeruk nipis. Mudah-mudahan sedikit isu ini bermanfaat dan menunjukkan pencerahan bagi anda yang mau budidaya jeruk nipis bagi pemula.

 Jeruk nipis yaitu <b><a href=tanaman yang tergolong pada jenis tanaman buah yang banyak di manfaatk Panduan Budidaya Jeruk Nipis Yang Baik dan Benar" border="0" data-original-height="425" data-original-width="588" height="288" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjpy6LU6i45RdICGANspNth8ugNgd9aSs0pt2guHm-vHiKtdB6mkspvj3jt4yDMJZTiDQloktF7U1bNOkxxzFQ1QwFVzhLPFCF-yXWPc-wY_UDhMUTbw5W0rgNr9T1yjM9zGobekblzghE/s400/cara-menanam-jeruk-nipis.jpg" title="Panduan Budidaya Jeruk Nipis Yang Baik dan Benar" width="400" />


budidaya-jeruk-nipis-yang-baik">Cara Menanam Jeruk Nipis Yang Baik dan Benar


1. Persiapan lahan atau media tanam

Sebelum kita menanam jeruk nipis, tentu yang pertama harus dipersiapkan yaitu lahan atau daerah kita menanam jeruk nipis. Media untuk menanam jeruk nipis ini sanggup dilakukan dilahan kosong atau pekarangan rumah, dan sanggup juga menanam jeruk nipis dalam pot. Namun yang akan kita bahas kali ini yaitu cara menanam jeruk nipis dilahan kosong saja. Persiapan lahan tidak terlalu rumit, langkah-langkah persiapan lahan antara lain :
  • Menggemburkan tanah atau lahan sebelum menanam bibit jeruk nipis. Gemburkan tanah dengan alat yang anda miliki, sanggup cangkul, garpu, dan lain sebagainya.
  • Buat lubang tanam dengan jarak untuk setiap lubang tanam yaitu 5-6 meter. Kenapa demikian? alasannya pohon jeruk nipis ini sanggup tumbuh besar, bila terlalu rapat tidak anggun untuk perkembangan.
  • Menambah pupuk dasar, usahakan anda tambah pupuk dasar sebelum bibit ditanam. Biarkan lubang tanam selama 1 minggu.


2. Persiapan bibit

Setelah anda siapkan lahan dan lubang tanam, maka kini saatnya anda siapkan bibit jeruk nipis. Biasanya bibit jeruk nipis yang anggun yaitu hasil dari stek dan cangkok batang. Karena bibit tersebut masih mempunyai sifat induknya. Namun yang perlu diperhatikan sebelum mencangkok jeruk nipis yaitu menentukan pohon induk yang unggul.


3. Menanam jeruk nipis

Setelah bibit jeruk siap tanam, maka saatnya anda tanamkan bibit tersebut pada lubang tanam yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Jika bibit jeruk nipis ada dalam polibag, maka lepaskan plastik polybag dengan hati-hati jangan hingga tanahnya pecah atau hancur. Setelah bibit dimasukkan pada lubang tanam, maka timbun segera dengan tanah bercampur pupuk kandang.


4. Tahap perawatan

Perawatan jeruk nipis juga tidak terlalu rumit, namun tidak sanggup dianggap mudah. Cara merawat tanaman jeruk nipis yang baik dan benar yaitu sebagi berikut:
  • Menyiram secara rutin dipagi dan sore hari
  • Memberikan pupuk susulan
  • Melakukan pemangkasan
  • Membasmi dan menaggulangi hama penyakit

Dengan demikian anda sudah sanggup membudidayakan jeruk nipis dengan baik dan benar. Mudah-mudahan sedikit isu ini bermanfaat dan menambah wawasan anda semua. Jangan lupa untuk terus berlangganan artikel ini dan jadi pembaca setia kami.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser