-->

Ads1

Defenisi Pupuk Kompos Dan Keuntungannya Bagi Tanaman

Defenisi Pupuk Kompos Dan Keuntungannya Bagi Tanaman

Defenisi Pupuk Kompos Dan Keuntungannya Bagi Tanaman

Ilmu Dasar Tani kali ini akan membahas wacana pengertian pupuk kompos dan manfaat pupuk kompos bagi tanaman. Tahukah anda apa itu pupuk kompos? Mungkin bagi sebagian anda sudah mengetahui apa arti pupuk kompos dan kegunaannya terhadap tanaman. Namun ada juga mungkin sebagian dari anda juga yang belum tahu apa bergotong-royong pupuk kompos dan keuntungannya pada tanaman. Untuk itu sebaiknya anda baca artikel ini hingga habis dan jangan lupa untuk terus mengujungi blog ini semoga anda mendapat warta terbaru dalam bidang pertanian maupun perkebunan.

 kali ini akan membahas wacana pengertian pupuk kompos dan manfaat pupuk kompos bagi tana Defenisi Pupuk Kompos dan Manfaatnya Bagi Tanaman


Pengertian Pupuk Kompos


Pupuk kompos ialah pupuk organik yang terbuat dari proses penguraian bahan-bahan menyerupai sisa makanan, pembususukan tanaman, maupun kotoran hewan. Makara maksud dari pengomposan ini ialah kita menguraikan bahan-bahan organik dengan proteksi mikroba. Jenis materi organik yang sering dipakai sebagai materi dasar pembuatan pupuk kompos ialah kotoran ternak dan sisa-sisa materi organik tanaman, sampah dan lain-lain.

Arti bergotong-royong dari pengomposan yaitu proses penguraian bahan-bahan organik secara biologis yang dibantu oleh mikroba-mikroba. Bahan yang dipakai dalam proses pengomposan ini antara lain banyak sekali gabungan bahan-bahan organik, baik sisa makanan, kotoran ternak, air, dan lain sebagainya. Adapun manfaat dari pupuk kompos ini bagi tumbuhan sangat banyak.


Manfaat Pupuk Kompos Bagi Tanaman


  1. Dapat meningkatkan kesuburan pada tanah dan juga tanaman. Hal ini alasannya pupuk kompos mengandung banyak sekali unsur hara yang cukup lengkap, baik unsur hara makro ataupun unsur hara mikro. Tahukah anda bahwa kandungan unsur hara menyerupai ini tidak terdapat pada pupuk anorganik atau pupuk kimia.
  2. Dapat memperbaiki sifat fisik tanah yang sudah rusak. Makara manfaat pupuk kompos juga sanggup menciptakan tanah yang sudah tandus sanggup kembali subur.
  3. Dapat memperbaiki serta menjaga strukur tanah dan menyangga pH pada tanah.
  4. Manfaat pupuk kompos selanjutnya sanggup menciptakan kelembaban tanah tetap terjaga.
  5. Dapat dipakai dalam jumlah yang banyak atau berlebihan, alasannya tidak mempunyai efek samping, berbeda dengan pupuk kimia yang apabila dipakai secara berlebihan akan merusak sruktur tanah.
  6. Pupuk yang ramah lingkungan dan kondusif dipakai di segala kondisi.

Itulah Pengertian Pupuk Kompos dan Manfaatnya Bagi Tanaman, semoga artikel ini membantu menambah wawasan anda semua.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser