-->

Ads1

Cara Gampang Stek ( Sambung Pucuk ) Pohon Mangga Semoga Berbuah Lebat

Cara Gampang Stek ( Sambung Pucuk ) Pohon Mangga Semoga Berbuah Lebat

Pak Tani Harry Bus - Stek yaitu tehnik memperbanyak tanaman dengan memakai kepingan badan tanaman, sanggup bab akar, daun, dan batang. Stek ini juga bertujuan untuk mendapat variasi lain dari pohon yang berbeda namun masih dalam satu jenis. Misalnya kita mau menyambung tanaman mangga jenis arumanis dengan mangga bangkok. Selain itu manfaat stek batang pada tanaman juga sanggup menciptakan tanaman lebih lebat buahnya. Nah pada kesempatan kali ini Pak Tani Harry Bus akan mencoba menawarkan sidikit tutorial wacana cara stek pohon mangga biar sanggup berbuah lebat.

Dalam metode stek batang ini, yang akan admin contohkan yaitu stek dengan tehnik sambung pucuk. Kaprikornus yang akan kita stek yaitu batang pohon mangga bab pucuknya saja. Untuk lebih jelasnya silahkan anda baca hingga tuntas klarifikasi berikut ini.

 Stek yaitu tehnik memperbanyak <b><a href=tanaman dengan memakai kepingan badan tanaman Cara Praktis Stek ( Sambung Pucuk ) Pohon Mangga Agar Berbuah Lebat" border="0" data-original-height="906" data-original-width="780" height="13" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiIO4dpjz3ec29d0zGguBdxiKlsj82_lF-vWkEH4mjsQ61fLKLcR931uhCAcj2_vySb7dKDrZ33dhiVQCv7tNBn_x1JQSIMUigBMp5_Pk4LGiDzrw4CncuAv4a1ZjYp4FDXUGq9SOxAtCo/s400/cara-sambung-pucukmangga.jpg" title="Cara Praktis Stek ( Sambung Pucuk ) Pohon Mangga Agar Berbuah Lebat" width="400" />


Cara Praktis Stek ( Sambung Pucuk ) Pohon Mangga Agar Berbuah Lebat


Peralatan yang diperlukan

  • Pisau yang tajam ( disarankan yang masih gres )
  • Tali okulasi ( Grafting tape ) atau jikalau tidak ada boleh tali ravia. Yang penting sanggup mengikat hasil sambung tadi secara kuat.
  • Plastik
Baca juga : Cara Stek Terong dengan Rimbang

Bahan yang diperlukan

  • Pucuk pohon mangga yang akan dijadikan sambungan. 


Cara menyambung/stek :


  1. Silahkan anda pilih dan tentukan jenis pohon mangga yang akan diambil pucuknya, Dalam menentukan pucuk mangga sebaiknya anda pilih pohon mangga yang sudah pernah berbuah dan jenis mangga unggul.
  2. Setelah sanggup pucuk pohon mangganya, silahkan anda potong dan sayat pada bab pangkal kepingan pucuk tadi tepatnya di bab kanan dan kirinya memakai pisau yang tajam dan masih baru. Bisa anda beli pisau cutter yang harganya cukup murah.
  3. Setelah itu anda juga harus menentukan pohon utama yang akan disambung. Setelah ada silahkan anda potong juga pada bab pucuknya.
  4. Setelah bab pucuknya anda potong, selanjutnya belah menjadi dua bab pucuk tadi kira-kira sedalam 2 cm atau sesuaikan dengan pucuk yang sebelumnya sudah di sayat tadi.
  5. Setelah itu masukkan pucuk pohon mangga yang pertama tadi pada pokok mangga utama yang sudah kita belah bab pucuknya.
  6. Ikat memakai tali okulasi atau tali rafia dengan berpengaruh hingga suluruh luka tertutupi.
  7. Setelah sambungan di ikat, jangan lupa bungkus hasil stek tersebut dengan plastik yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Tujuan pembungkusan ini yaitu supaya hasil stek tidak terkena air hujan, alasannya jikalau terkena air maka hasil stek sanggup gagal.
  8. Terus pantau perkembangan hasil stek selama 1 bulan, biasanya sehabis usia stek 1 bulan, gejala stek berhasil yaitu sudah tumbuh tunas pada pucuk sambung tersebut.

Demikianlah gosip wacana Cara Praktis Stek ( Sambung Pucuk ) Pohon Mangga Agar Berbuah Lebat, mudah-mudahan bermanfaat.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser