-->

Ads1

Inilah Jenis Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Sengon Yang Perlu Anda Tahu

Inilah Jenis Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Sengon Yang Perlu Anda Tahu

Pak Tani Harry Bus - Tanaman sengon atau albasia yaitu sejenis tanaman penghasil kayu yang sanggup tumbuh di kawasan tropis. Pohon sengon ini tumbuh tinggi dan lurus sehingga banyaj dipakai kayunya untuk aneka macam maca properti. Selain itu manfaat tanaman sengon ini juga sanggup dipakai sebagai tanaman peneduh dan menciptakan suasana sekitar menjadi rindang. Namun dalam proses penanaman, ada beberapa hambatan yang niscaya dihadapi, salah satunya yaitu serangan hama dan penyakit. Apa saja jenis hama dan penyakit pada tanaman sengon yang sering menjadi pengganggu? Nah pada postingan kali ini Pak Tani Harry Bus akan membahasnya secara singkat.

Sebelum kita membasmi hama dan penyakit pada tanaman sengon, tentu yang harus kita lakukan yaitu mengenali terlebih dahulu jenis-jenis hama dan penyakit pada tanaman sengon. Berikut ini yaitu hama dan penyakit yang paling sering mengganggu tanaman sengon.

tanaman-sengon.jpg" imageanchor="1" style="margin-left: 1em; margin-right: 1em;"> Tanaman sengon atau albasia yaitu sejenis <b><a href=tanaman penghasil kayu yang sanggup tumbuh di da Inilah Jenis Hama dan Penyakit Pada Tanaman Sengon Yang Perlu Anda Tahu" border="0" data-original-height="708" data-original-width="964" height="293" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjGTZgzz4hzPHsL6EnvGyol6clA4cDT-bq5q-wAPdt36-BykIhVJLVNiQ6ZveeKtZdG0rfsCvWIAM8HAwuFh1Mi-mMA77ab_WgME0sYqGoI8m2j77Nh5nadWdU9sLv43r09baJpZpRQx-c/s400/jenis-hama-dan-penyakit-tanaman-sengon.jpg" title="Inilah Jenis Hama dan Penyakit Pada Tanaman Sengon Yang Perlu Anda Tahu" width="400" />


Jenis Hama dan Penyakit Pada Tanaman Sengon


1. Hama Boktor ( Xystrocera festiva )

Jenis hama ini berjulukan boktor atau biasa juga disebut kumbang, yang mana kumbang boktor ini sering kali menyerang tanaman sengon pada ketika tanaman berumur sekitar 3 tahun. Akibat serangan boktor ini sanggup mengakibatkan batang sengon menjadi ringkih dan lama-lama mati. Ciri-ciri batang kayu sengon terjangkit boktor yaitu adanya serbuk halus yang melekat pada belahan permukaan kulit batang sengon. Lubang kecil pada batang kayu merupakan tempat larva bersarang dan jikalau dibiarkan lama-lama akan merusak batang tanamans sengon.

Cara pengendalian hama boktor pada tanaman sengon ini sanggup dilakukan dengan beberapa tahap:
  1. Menangkap secara pribadi kumbang boktornya
  2. Memusnahkan seluruh larva yang ada pada batang tanaman
  3. Menyayat belahan kulit batang sengon yang terkena hama boktor.

2. Penyakit pada tanaman sengon

  • Jamur upas

Jamur upas yaitu sejenis jamur kulit kayu yang ganas, jikalau tanaman sudah terjangkit jamus upas ini akan mengalami pecah kulit dan lama-lama mengelupas. Cara pengendalian jamur upas pada tanaman sengon yaitu dengan memusnahkan seluruh jamur dan juga mengoleskan obat khusus jamur pada kulit tanaman.

  • Penyakit karat tumor

Jenis penyakit tanaman sengon yang selanjutnya yaitu karat tumor yang juga penyebab awalnya yaitu jamur. Penyakit ini sanggup berdampak jelek pada daun tanaman, batang tanaman. Cara pengendalian penyakit karat tumor pada pohon sengon sanggup dengan memotong belahan tanaman yang terkena saja.

Itulah beberapa Jenis Hama dan Penyakit Pada Tanaman Sengon yang sanggup admin bagikan, mudah-mudahan bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser