-->

Ads1

Pemberian Pupuk Susulan Pada Tanaman Semangka Untuk Meningkatkan Hasil Panen

Pemberian Pupuk Susulan Pada Tanaman Semangka Untuk Meningkatkan Hasil Panen


Pak Tani Harry Bus - Pemupukan tanaman merupakan hal penting untuk mendorong dan mendongkrak kualitas hasil panen. Begitu juga pada tanaman semangka, pupuk menjadi faktor yang menjadi penentu kualitas buah semangka. Pemberian pupuk pada tanaman semangka juga perlu diperhatikan, jarak pemupukan dan takaran pemupukan. Ada tahap-tahap dalam pemupukan, ibarat pemupukan dasar dan pemupukan susulan. Kalau pemupukan dasar pada tanaman semangka itu menjadi pupuk awal sebelum bibit semangka ditanam. Sedangkan pupuk susulan itu merupakan pupuk yang kita berikan sesudah tanaman semangka ditanamkan.

Lalau apa saja pupuk susulan yang sanggup kita gunakan sebagai pendongkrak hasil buah semangka? Sebenarnya ada banyak jenis pupuk susulan yang manis untuk tanaman semangka. Berikut ini merupakan beberapa pupuk-susulan-pada-tanaman" target="_blank">jenis pupuk susulan yang sering dipakai petani profesional dalam membudidayakan buah semangka, sehingga hasil panen buah semangka menjadi berkualitas.

pupuk%2Bsusulan%2Bpada%2Btanaman%2Bbuah%2Bsemangka.jpg" imageanchor="1" style="margin-left: auto; margin-right: auto;"> Pemupukan <b><a href=tanaman merupakan hal penting untuk mendorong dan mendongkrak kualitas hasil pa Pemberian Pupuk Susulan Pada Tanaman Semangka Untuk Meningkatkan Hasil Panen" border="0" data-original-height="1200" data-original-width="1600" height="480" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgsZNCcMbGe-nk6XuNO-1vtNbGUCRe_VXUiHDP4Y8GvAV76307b0gRdscDy3XJGZ7YcH5fuD193Rp_mskwMfMDJbHNTGm7rGeo7ogWcT_4AXK-bLq2kH9Miiv1b4M6sJ_6yx1pcWQqZOv4/s640/pemberian+pupuk%2Bsusulan%2Bpada%2Btanaman%2Bbuah%2Bsemangka.jpg" title="Pemberian Pupuk Susulan Pada Tanaman Semangka Untuk Meningkatkan Hasil Panen" width="640" />
Pemberian pupuk susulan pada tanaman semangka ( foto original Pak Tani Harry Bus )


1. Pupuk NPK

Manfaat pupuk NPK sangat besar sekali bagi tanam sejenis semangka ini. Sebagai misalnya yaitu NPK 16-16-16 yang banyak dipakai petani untuk memupuk tahap susulan pertama. Berikan pupuk NPK yang sudah dicairkan terlebih dahulu dengan takaran sekitar 5 gr/tanaman dilarutkan pada air 300 ml. Kocorkan pada pangkal batang tanaman buah semangka yang sudah berumur 10 hari pasca tanam.


2. Pupuk ZA

Setelah itu selang seminggu pasca anda berikan pupuk NPK, pupuk kembali dengan ZA dengan takaran 10 gr/tanaman yang juga dilarutkan pada air sekitar 400 ml. Kemudian kocorkan pada pangkal tanaman semangka.


3. Pupuk TSP dan KCL

Setelah itu berikan pula pupuk TSP dan KCL sesudah tanaman berumur 20-30 hari. Anda juga sanggup mengulangi dukungan pupuk dengan tahap berlanjut ibarat pada tahap pertama, yang penting diberikan jarak pada setiap dukungan pupuk susulan. 

Jika anda menerapkan metode pemupukan ini, maka hasil panen buah semangka yang anda tanam akan menghasilkan buah berkualitas. Selamat mencoba biar berhasil.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser