-->

Ads1

Pengertian Mina Padi

Pengertian Mina Padi

Pengertian Mina Padi

Pengertian Mina Padi - Salahsatu meningkatkan pendapatan dari sektor pertanian terutama pertanian tumbuhan padi sanggup dengan cara Mina Padi, lantas apa itu Mina Padi?


Mina Padi
Untuk sebagian orang mungkin sudah mengetahui pengertian dari mina padi, namun untuk yang pertama kali mendengarnya, blog Pak Tani Harry Bus akan membahas sedikit perihal pengertian dari Mina padi.

Mina Padi terdiri dari dua suku kata yakni MINA yang berdasarkan KBBI yang berati Ikan, dan PADI yang berarti Tanaman padi, jadi Mina padi merupakan penggabungan antar budidaya ikan dan budidaya padi.

Untuk pengertian Mina Padi ialah suatu bentuk perjuangan tani adonan (combined farming ) yang memanfaatkan genangan air sawah yang tengah ditanami padi sebagai bak untuk budidaya ikan air tawar dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan petani dan efisiensi lahan sebab satu lahan menjadi sarana untuk budidaya dua komoditas yakni pertanian dan perikanan.

Ikan yang biasa ditebarkan untuk dibudidaya ialah ikan air tawar ibarat Ikan Tawes, Nila dan Ikan mas. Sedangkan untuk varietas padi sanggup apa saja, ikan yang tebar dikala tumbuhan padi pada umur masih muda atau dalam masa vegetatif, dikala masuk fase generatif ikan sudah dipanen. Dalam hal ini Ikan hanyalah perjuangan sampingan dengan tumbuhan padi lah yang menjadi perjuangan utamanya.

Untuk melaksanakan Usaha tani Mina Padi ini perlu memperhatikan persyaratan - persyaratannaya, adapun persyaratan untuk melaksanakan mina padi ialah sebagai berikut,
  1. Penggunaan Pestisida yang rama lingkungan terutama tidak meracuni Ikan
  2. Pengairan yang mendukung
  3. Ikan yang ditebar tidak merusak atau memakan tumbuhan padi.
  4. Mempunyai Drainase yang baik
  5. Genangan yang dipakai dalam mina padi tidak menggangu tanaman
  6. Perawatan yang telaten

Demikian uraian singkat perihal perjuangan tani Mina Padi, supaya artikel ini sanggup menambah pengetahuan dan sanggup memberi manfaat, simpulan kata Salam Pertanian.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser