-->

Ads1

6 Faktor Yang Menghipnotis Rendemen Gabah Atau Padi Dapat Naik Ataupun Turun

6 Faktor Yang Menghipnotis Rendemen Gabah Atau Padi Dapat Naik Ataupun Turun

6 Faktor Yang Menghipnotis Rendemen Gabah Atau Padi Dapat Naik Ataupun Turun

Rendemen gabah merupakan salahsatu tolak ukur keberhasilan panen, jikalau rendemen tinggi maka hasil panen pun sanggup dikatakan meningkat dan sebaliknya, alasannya ialah rendemen sanggup mempengaruhi jumlah dosis timbangan hasil panen.


Beras
Banyak faktor yang mempengaruhi rendemen dari gabah itu untuk sanggup naik maupun turun, dari mulai perlakuan, alam dan varitas yang ditanam, artikel kali ini akan membahas ihwal faktor-faktor yang mempengaruhi rendemen gabah atau padi sanggup naik ataupun turun, adapun diantaranya sebagai berikut.

1. Faktor Alam

Faktor alam menjadi faktor utama dalam mempengaruhi dosis hasil rendemen dari padi, ketika umur flora dalam masa pengisian bulir atau bunting terjadi animo kemarau sehingga kekurangan air, maka rendemen padi akan menyusut drastis, sama halnya jikalau hujan berlebihan bulir padi akan mengalami kehitaman atau tidak putih bersih.

2. Faktor Nutrisi dan Unsur hara

Pemberian Nutrisi dan Unsur hara sangat penting, alasannya ialah kebutuhan unsurhama didalam tanah yang diserap flora sudah tidak cukup sehingga diharapkan suplemen menyerupai donasi NPK ataupun KCL untuk memberi asupan nutrisi kepada flora serta lebih baik berikan pula pupuk organik dikala pengolahan lahan, alasannya ialah kandungan didalam pupuk organik cukup usang diuraikan sehingga disaat pengisian nutrisi sanggup diserap secara bertahap.

3. Faktor Serangan hama dan penyakit

Pengendali hama dan penyakit sangat penting, alasannya ialah faktor serangan ini sangat mempengaruhi rendemen pada bulir padi. Selain menggangu kinerja tanaman, serangan hama penyakit pun sanggup menghentikannya, menyerupai referensi serangan penggerek batang, hama ini menyerang malai produktif sehingga nutrisi yang seharusnya untuk bulir menjadi terganggu atau bahkan terhenti dengan itu kualitas dari bulir padi pun menjadi buruk bahkan hampa.

4. Faktor Jenis varietas

Varietas yang ditanampun menawarkan efek terhadap jumlah rendemen pada bulir padi, untuk lebih baiknya carilah varietas unggul agal hasil panen sanggup lebih maksimal.

5. Faktor Perlakuan

Perlakuan ini meliputi donasi pupuk, pengendalian, pengelolaan, pengamatan dan lain lain, Sehingga sangat kuat terhada rendemen dari bulir padi itu sendiri.

6. Faktor Panen dan Pasca panen

Yang terakhir ialah faktor panen dan pasca panen, lakukanlah pemanenan padi sesuai umur flora siap dipanen yang sanggup dicirikan melalui fisiologinya yang berupa bulir padi yang telah mengguning, jikalau dipanen tidak sesuai umur maka akan terjadi turunnya rendemen gabahnya. Perlakuan pasca panen pun sangat diharapkan menyerupai referensi dilakukan pengeringan dengan maksimal kadar air 14% dan mesin penggilingan yang tidak ada hambatan atau dalam keadaan yang baik.

Demikian 6 Faktor yang mempengaruhi RENDEMEN Gabah atau Padi sanggup Naik ataupun Turun, biar artikel ini sanggup menawarkan manfaat dan sanggup menawarkan solusi terutama dalam peningkatan hasil panen.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser