-->

Ads1

Syarat Tumbuh Flora Kacang Buncis (Phaseolus Vulgaris L.)

Syarat Tumbuh Flora Kacang Buncis (Phaseolus Vulgaris L.)

Syarat Tumbuh Flora Kacang Buncis (Phaseolus Vulgaris L.)

Artikel kali ini blog Pak Tani Harry Bus akan membahas perihal Syarat tumbuh tumbuhan buncis, syarat ini sangat penting sebelum memulai membudidayakannya dengan memperhatikan tempat dan kondisi lingkungan baik iklim maupun tanah yang cocok untuk keberlangsungan hidup tumbuhan buncis itu sendiri semoga pertumbuhan dan perkembangannya baik serta sanggup menghasilkan produksi yang tinggi.


Kacang Buncis (Phaseolus vulgaris L.)
Untuk itu kita akan membahas syarat tumbuh tumbuhan Buncis baik secara iklim maupun tanah mulai dari pH hingga pada karakteristik tanah itu sendiri, adapun penjelasannya ialah sebagai berikut,

Iklim untuk Kacang Buncis (Phaseolus vulgaris L.)


Di Indonesia termasuk beriklim tropis yang cocok untuk ditanami jenis sayuran khususnya ibarat Buncis namun untuk pertumbuhan dan hasil yang lebih baik, tumbuhan buncis sangat cocok di tempat yang beriklim berair hingga kering dengan ketinggian tempat yang bervariasi.
Umumnya tumbuhan buncis tidak membutuhkan ketinggian khusus, namun ketinggian yang paling baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan buncis ialah dikisaran antara 1000-1500 m dpl. Tidak sedikit pula buncis ditanam pada ketinggian tempat 300-600 m dpl. Terdapat hasil penelitian dari buncis yang dibudidayakan pada ketinggian tempat 200-300 m dpl dan kesannya memuaskan.

Kebutuhan sinar matahari untuk tumbuhan buncis membutuhkan sinar matahari yang cukup banyak sehingga tidak memerlukan naungan untuk tumbuhan hidup, Jumlah intensitas sinar matahari yang baik bagi tumbuhan buncis pada umumnya berkisar antara 400-800.

Suhu yang ideal untuk tumbuhan buncis berkisar antara 20-25 derajat celcius, Namun apabila suhu kurang dari 20 derajat celcius maka proses fotosintesis pada tumbuhan buncis akan terganggu sehingga pertumbuhannya terhambat dan menghasilkan polong sedikit, Sementara untuk suhu yang lebih besar dari 25 derajat celcius akan mengakibatkan proses pernapasan pada tumbuhan buncis yang berlebih yang sanggup mengurangi proses fotosintesis sehingga banyak polong yang hampa. Kelembaban udara yang dibutuhkan oleh tumbuhan buncis kurang lebih 55% atau kelembaban sedang.

Tanah untuk Kacang Buncis (Phaseolus vulgaris L.)


Syarat tumbuh tumbuhan buncis yang kedua ialah tanah atau Media tanah, tanah yang baik ialah tanah yang sehat banyak mengandung materi organik, gembur, remah, subur dan permeabilitasnya tinggi serta cukup air. Contoh jenis tanah yang baik bagi tumbuhan buncis ialah tanah jenis andosol dan regosol dengan erajat keasaman tanah atau pH yang diharapkan untuk tumbuhan buncis berkisar antara pH 5,5 hingga 6. Jika pH tanah kurang dari 5,5 maka proses perembesan unsur hara akan terganggu bahkan tumbuhan sanggup menjadi keracunan.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser