-->

Ads1

Lahan Sawah Kering Akhir Kemarau, Petani Terlambat Menanam Padi

Lahan Sawah Kering Akhir Kemarau, Petani Terlambat Menanam Padi

Lahan Sawah Kering Akhir Kemarau, Petani Terlambat Menanam Padi

Pak Tani Harry Bus - Musim kemarau disaat memasuki masa tanam padi menyebabkan petani terlambat dalam proses penanaman padi. Karena menanam padi di demam isu kemarau ini sangat menyulitkan dan rentan gagal panen. Namun bila tidak mempunyai alternatif untuk menanam padi dimusim kemarau, maka petani tidak akan mempunyai penghasilan dan hal itu juga akan menghambat pasokan beras. Seperti yang terjadi di Kabupaten Rokan Hulu, tepatnya di Desa Rambah Baru, Kecamatan Rambah Samo, petani terhambat dalam menanam padi sawah alasannya sawah kering jawaban kemarau. Lahan sawah kering ini sudah terjadi semenjak 1 bulan terakhir dan anutan irigasi juga tidak mengalir. Sehingga sawah menjadi kering, bila sawah terlalu usang kering maka tekstur tanahnya akan keras dan membutuhkan waktu yang usang untuk melunakkannya kembali.

 Musim kemarau disaat memasuki masa tanam padi menyebabkan petani terlambat dalam proses p Lahan Sawah Kering Akibat Kemarau, Petani Terlambat Menanam Padi
Gambar Lahan Sawah Kekeringan Akibat Kemarau ( Foto Original Pak Tani Harry Bus )


Sebenarnya ada altenatif yang sanggup dilakukan untuk mengatasi lahan sawah kering jawaban kemarau ini, salah satunya yaitu dengan menciptakan waduk atau bak khusus di area sekitar lahan, dan waduk atau bak ini terhubung eksklusif dengan parit irigasi. Selain itu bila demam isu kemarau tiba, maka sebaiknya hidupkan anutan irigasi dan minta pemerintah untuk menghidupkannya.

Sangat penting memang manfaat irigasi ini bagi pertanian sejenis padi sawah. Terutama pada dikala demam isu kemarau, air irigasi akan terus mengaliri lahan sawah kapan saja. Kaprikornus meskipun demam isu kemarau tiba, petani tetap sanggup menanam padi tanpa hambatan.

Mudah-mudahan demam isu kemarau segera berlalu dan petani sanggup melaksanakan aktivitasnya menanam padi.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser