-->

Ads1

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Mangga (Mangifera Indica)

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Mangga (Mangifera Indica)

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Mangga (Mangifera Indica)

Mangga atau pohon mangga aku rasa hampir semua lapisan masyarakat sudah mengetahuinya. Buah yang memiliki nama ilmiah Mangifera indica ini termasuk ke dalam Marga Mangifera yang terdiri dari 35-40 anggota dan suku Anacard iaceae.


Mangga (Mangifera indica L/)
Pohon mangga termasuk flora habitus atau flora tingkat tinggi dengan struktur batangnya yang termasuk kelompok arboreus, yaitu flora berkayu yang memiliki tinggi batang lebih dari 5 m, tinggi pohon mangga dapat mencapai tinggi 20 hingga 40 m jikalau keadaan tanahnya subur.

Berikut ini akan membahas wacana Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Mangga (Mangifera indica), adapun Klasifikasi Dan Morfologi ialah sebagai berikut:

Klasifikasi Tanaman Mangga (Mangifera indica)


Klasifikasi Tanaman Mangga
(Mangifera indica)
Kingdome
: Plantae
Sub kingdom
: Viridiplantae
Infra kingdom
: Streptophyta
Super divisi
: Embryophyta
Divisi
: Tracheophyta
Sub divisi
: Spermatophytina
Kelas
: Magnoliopsida
Super ordo
: Rosanae
Ordo
: Sapindales
Famili
: Anacardiaceae
Genus
: Mangifera L.
Spesies
: Mangifera indica L.

Morfologi Tanaman Mangga (Mangifera indica)


Daun Tanaman Mangga

Mangga memiliki ciri-ciri fisik pada daunnya ialah sebagai berikut : daun berwarna hijau, berselang seling, dan memiliki bentuk oval dengan runcing pada ujungnya, pinggiran daunnya bergelombang dengan panjang daun sekitar 10-35 cm dan lebar 5-16 cm tergantung varietas. Daun mangga yang masih muda biasanya berwarna kemerahan, keunguan atau kekuningan, jikalau daun sudah renta akan berubah pada bab permukaan sebelah atas menjadi hijau mengkilat, sedangkan bab permukaan bawah berwarna hijau muda.

Bunga dan buah Tanaman Mangga

Pohon mangga memiliki bunga berbentuk bulir ujungnya dengan panjang 1-1,5 cm, ukuran bunga mangga sangat kecil dan berwarna putih, dengan memiliki lima kelopak yang panjangnya sekitar 5-10 mm, apabila kelopak bunga mangga rontok, buah mulai akan matang sesudah 3-6 bulan. Ukuran buah mangga memiliki panjang sekitar 10-25 cm, diameter 7-12 cm. Berat hingga 2,5 kg dengan warna buah yang masak antara warna kuning, jingga, atau merah sedangkan pada waktu buah masih muda akan berwarna hijau.

Akar Tanaman Mangga

Perakaran pohon mangga memiliki akar Tunggang dengan memiliki cabang pada akarnya, akar utama akan menancap dalam kedalam tanah dengan kedalaman sekitar 6 Meter.

Batang Tanaman Mangga

Batang pohon mangga berkayu dengan kulit batang pohon mangga tebal dan berangasan dan berwarna coklat gelap hingga abu-abu kehitaman. Batang pohon dapat mencapai ketinggian 40 meter dengan memiliki ranting disetiap batangnya.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser