-->

Ads1

Cara Mengatasi Tanah Masam Atau Ph Rendah

Cara Mengatasi Tanah Masam Atau Ph Rendah

Cara Mengatasi Tanah Masam Atau Ph Rendah

Tanah masam atau tanah yang memiliki pH yang rendah berdasarkan banyak sumber tidak baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman, oleh alasannya ialah itu dibutuhkan cara biar sanggup mengatasi hal tersebut.


Penukuran pH tanah
Ada beberapa cara mengatasi Tanah Masam atau pH rendah, adapun caranya ialah sebagai berikut,

1.Pengapuran


Pemberian kapur ketika pengolahan lahan sangat dibutuhkan lantaran akan menawarkan manfaat bagi tanah dan tanaman, selain untuk menetralkan pH tanah pengapuran juga merupakan upaya peninggkatan unsurhara, adapun tujuan diberikan kapur sebagai berikut,

a. Menaikkan pH tanah

Kadar pH dalam tanah sanggup dinaikkan hingga pada tingkat netral atau dimana unsur Almunium (Al) tidak lagi bersifat racun bagi tanaman, selain itu unsur hara yang tersedia didalam tanah dalam kondisi yang seimbang.

b. Meningkatkan Kapasitas Tukar Kation (KTK)

KTK meningkat sebagai akhir dari peningkatan pH tanah. Namun peningkatan KTK ini juga bersifat tidak tetap, lantaran sistem penyangga pH tanah akan kembali kesemula namun dalam waktu yang cukup lama.

c. Menetralisir unsur Al yang meracuni tanaman.

Dengan menambahkan dolomit (Ca, Mg(CO3)2) merupakan cara yang lebih mudah, Pemberian kapur menyerupai ini memerlukan pertimbangan yang seksama mengingat proteksi Ca dan Mg akan mengganggu keseimbangan unsur hara yang lain. Tanaman sanggup mampu tumbuh dengan baik, bila terdapat Ca/Mg/K dengan dosis yang tepat. Penambahan Ca atau Mg seringkali malah menjadikan tumbuhan memperlihatkan tanda-tanda kekurangan K, walaupun jumlah K bahwasanya sudah cukup di dalam tanah. Masalah ini menjadi semakin sulit dipecahkan, bila pada awalnya sudah terjadi kahat unsur K pada tanah tersebut.

2. Hindari penggenangan/perbaikan Drainase.


Air memang sangat dibutuhkan oleh tanaman, namun bila terus menerus dilakukan penggenangan sangat tidak baik bagi tanaman, selain dari itu dengan penggenangan terus menerus sanggup menjadikan tanah menjadi masam, oleh alasannya ialah itu segeralah perbaiki drainase atau gunakan metode pengeringan.

3. Pemberian pupuk Phospat


Tanah masam memiliki beberapa hambatan terhadap kesuburan tanah, salah satunya ialah kekurangan unsur P, lantaran itu tanah masam sangat memerlukan unsur P dengan dosis tinggi dengan tujuan memperbaiki kesuburan tanah dan meningkatkan produktivitas dari tanaman. Untuk mengatasinya tanah masam sanggup diberikan pupuk P menyerupai TSP, SP-36, SSP, DAP (Diamonium Fosfat).

4. Pemberian komplemen Mikroorganisme Pengurai.


Pemberian oraganik memang sangat membantu kesuburan tanah, namun bila materi organik tersebut belum terurai tepat akan memancing tanah menjadi masam, oleh lantaran itu sangat dibutuhkan komplemen mikroorganisme pengurai. Pemberian mikroorganisme pengurai akan mempercepat dekomposisi materi organik dalam tanah sehingga akan membantu ketersediaan dan keseimbangan unsur hara. Selain itu perombakan materi organik juga akan menyeimbangkan KTK (Kapasitas tukar katioj tanah.

Demikian Cara mengatasi Tanah Masam atau pH rendah, selalu kontrol tanah pada kadar pH normal lantaran salahsatu meningkatkan produktivitas tumbuhan yakni tetap menjaga pH tanah yang Netral.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser