-->

Ads1

3 Golongan Jenis Hama Serangga Dilihat Dari Tanda-Tanda Yang Ditimbulkan

3 Golongan Jenis Hama Serangga Dilihat Dari Tanda-Tanda Yang Ditimbulkan

3 Golongan Jenis Hama Serangga Dilihat Dari Tanda-Tanda Yang Ditimbulkan

Jenis Hama Serangga - Dalam dunia pertanian, terutama dalam bidang budidaya kita seringkali mengenal dengan istilah hama, umumnya hama digolongkan menjadi beberapa jenis baik itu hama serangga, tikus bahkan hama lainnya menyerupai burung dll.


Hama Aphids
Hama serangga sendiri sanggup digolongkan menjadi 3 golongan jenis hama dilihat dari tanda-tanda kerusakan yang ditimbulkan, berikut ini ialah 3 golongan jenis hama tersebut sesuai kerusakan yang ditimbulkan.

1. Serangga yang menggigit tumbuhan dari luar.

Jenis hama serangga ini merusak bab dari tumbuhan dari luar, dari mulai akar, batang, daun hingga pada bunga dan buah. Hama ini menyerang dengan cara menggerogoti bagian-bagian tumbuhan yang ia suka. Adapun beberapa pola hama yang menggigit tumbuhan dari luar dilihat dari bab yang dirusaknya adalah

Bagian Akar : larva dari kumbang Tenebrionidae dan Melolonthinae (uret), rayap, anjing tanah.
Bagian Batang : Jangkrik, ulat Agrotis dan Rayap
Bagian Daun : Ulat Nympula depunctalis, Belalang dan sebagian dari jenis kumbang
Bagian Bunga dan Buah : Kelompok kumbang dari sub famili Cetoniinae dan Melolonthinae.

2. Serangga yang menggigit tumbuhan dari dalam.

Jenis hama serangga ini merusak tumbuhan dari dalam dengan cara memakan atau menggerogoti bab dalam tumbuhan sehingga tumbuhan akan mengalami terganggu pada pertumbuhannya bahkan akan mati, berikut ini ialah bab tumbuhan yang diseramjg hama serangga mengigit dari dalam.

Bagian Akar : Hama yang merusak akar bekerjsama berasal dari batang yang turun ke bab akan yang mengakibatkan Tanaman mulai layu, chlorosis, tumbuh kurang subur dan kayu xylem rusak sanggup mati.
Bagian Batang : Penggerek batang pada tumbuhan padi, Duomitus ceramicus pada tumbuhan jati dan Zeuzera coffeae pada tumbuhan kopi.
Bagian Daun : Phyllocnistis citrella (jeruk), Acrocercops coffeifolialla (kopi), Caloptilia theivorae (teh), Cosmopteryx pallidifasciella (tebu).
Bagian Bunga dan Buah : Lalat buah, Acrocercops cramerella (coklat), Etiella zinckenella (polong leguminosae), Mudaria variabilis (randu) dan Heliothis armigera (jagung).

3. Serangga yang menghisap

Hama serangga dengan jenis penghisap ini sangat berbahaya, selain sanggup merusak tumbuhan yang diserangnya, hama ini juga sanggup menjadi sebagai vektor dari penyakit atau virus pada tanaman, menyerupai kerdil rumput. Adapun pola hama serangga dari jenis penghisap diantaranya. Nephotettix spp (wereng hijau), Sogata spp dan Nilaparvata lugens (wereng coklat) dan lain-lain.

Baca juga :

Demikian artikel perihal 3 Golongan jenis Hama Serangga dilihat dari tanda-tanda yang ditimbulkan, biar artikel ini sanggup menambah pengetahuan dan memperlihatkan manfaat. Akhir kata terimakasih dan salam pertanian.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser