-->

Ads1

Cara Dan Takaran Pemupukan Pohon Durian Yang Gres Ditanam

Cara Dan Takaran Pemupukan Pohon Durian Yang Gres Ditanam

Cara Dan Takaran Pemupukan Pohon Durian Yang Gres Ditanam

Artikel kali ini blog sampulpertanian.com akan membuatkan perihal cara dan takaran pemupukan pohon durian yang gres ditanam atau pohon durian yang masih kecil. layaknya pohon yang gres ditanam, pohon durian sangat memerlukan unsur hara yang cukup untuk pertumbuhan, salahsatu cara memenuhi kebutuhan unsur hara tersebut sanggup dengan cara pemeberian pupuk. 


Pemupukan menjadi hal yang sangat penting mengingat pohon durian yang gres ditanam sangat membutuhkan nutrisi untuk pertumbuhan dari tumbuhan menyerupai akar, batang maupun daun, Untuk memperoleh pertumbuhan pohon durian yang baik kita perlu memberi perlakuan terhadap pohon tersebut salahsatunya ialah perlakuan santunan pupuk dasar dan pemupukan secara berkala. Dalam pemupukan tersebut ada beberapa jenis pupuk yang sanggup kita dipakai diantaranya Jenis pupuk yang dipakai untuk memupuk durian ialah pupuk kandang, pupuk kompos, Bokhasi atau pupuk hijau dan juga pupuk NPK.

Adapun cara dan takaran pemupukan pohon durian ialah sebagai berikut,

1. Pemupukan Dasar

Pemupukan dasar sanggup merangsang pertumbuhan pohon durian dalam fasa vegetatif pada awal-awal pohon gres ditanam, pupuk yang dipakai untuk pemupukan pertama pohon durian sanggup dengan mengunakan pupuk kandang, pupuk kompos, Bokhasi atau pupuk hijau dengan takaran pupuk sekitar 30-40 kg.

Cara pemupukan awal ialah sebelum menanam bibit pohon durian terlebih dahulu kita menggali tanah dengan kedalaman sekitar kurang lebih 50 cm, lalu masukan pupuk organik kedalam lubang tersebut sesudah itu, tanamkan bibit pohon durian dilubang yang telah dimasukan pupuk organik tadi, sesudah itu tutup dengan tanah.

2. Pemberian Pupuk NPK

Selain emberian pupuk organik, pupuk kimia pun perlu diberikan yakni untuk mempercepat rangsangan dari tanaman, salahsatu pupuk yang direkomendasikan ialah pupuk NPK baik itu NPK biasa maupun NPK Mutiara, pemupukan NPK ini dilakukan pada tumbuhan setiap 3-4 bulan sekali.

Cara pemupukan NPK untuk pohon durian yang gres ditanam ialah dengan terlebih dahulu menggali tanah berbentuk parit yang mengelilingi pohon durian dengan kedalaman 20-30 cm di areal tajuk pohon atau di areal daun paling jauh, sanggup dilihat pada gambar dibawah ini.

Sumber gambar : durianochee.wordpress.com
Pemberian pupuk NPK Mutiara sebanyak sebanyak 200 gram perpohon dengan cara disebar dengan merata disetiap parit yang tadi dibuat, sesudah itu timbun kembali pupuk NPK tersebut dan ulangi secara bersiklus setiap 3-4 bulan sekali.

3. Pemberian Pupuk Organik kembali

Pupuk organik kembali diberikan sesudah usia pohon durian mencapai satu tahun dengan takaran santunan pupuk organik sebanyak 50-100 kg perpohon, santunan diulangi setiap 1 tahun sekali dengan tujuan menjaga kesuburan tanah diareal pohon durian tersebut. waktu santunan pupuk organik lebih baik diwaktu awal demam isu kemarau atau pada waktu hujan terakhir pada demam isu penghujan. Cara pemupukan sama halnya dengan santunan pupuk NPK, menciptakan parit dan ditimbun kembali.

4. Tambahan Pemberian Takaran Pupuk

Pada usia pohon durian sudah mencapai umur 3 tahun, pemupukan perlu ditambahkan terutama santunan pupuk NPK, santunan pupuk NPK ditambah sebanyak 25 hingga 30% dari santunan pupuk sebelumnya, alasannya ialah kebutuhan pohon durian akan unsur hara semakin meningkat.

Demikian artikel perihal cara dan takaran santunan pupuk pada tumbuhan durian gres ditanam atau pohon durian masih kecil, biar artikel ini berkhasiat dan bermanfaat bagi anda, akhirkata terima kasih sudah berkunjung ke blog sampulpertanian. Salam pertanian.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser