-->

Ads1

Penyebab Buah Matoa Rontok Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Buah Matoa Rontok Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Buah Matoa Rontok Dan Cara Mengatasinya

Pak Tani Harry Bus - Penyebab buah matoa sering rontok sebelum matang sagatlah banyak dan beragam, mulai dari faktor iklim dan cuaca, serangan hama penyakit, maupun faktor lainnya yang berasal dalam tanaman itu sendiri. Makanya disini Pak Tani Harry Bus akan membahas perihal apa penyebab buah matoa rontok dan bagaaimana cara mengatasinya. Untuk itu silahkan anda baca terus artikel ini hingga habis ya..

Buah matoa ini sendiri yaitu buah yang berasal dari kawasan papua dan menjadi salah satu buah khas papua. Pertumbuhan yang cepat dan mempunyai daging buah yang lezat, kalau sanggup dikatakan hampir seolah-olah dengan buah kelengkeng, menciptakan semua orang ingin menanam buah matoa sendiri dirumah. Buah yang mempunyai nama latin Pometia Pinnata ini sangat digemari semua kalangan. Namun didalam membudidayakan tanaman ini, diharapkan perawatan yang ekstra, alasannya yaitu jikalau tidak dilakukan perwatan, sanggup jadi hasilnya tidak optimal. Salah satu duduk masalah yang sering terjadi pada tanaman matoa yaitu buah matoa sering mengalami kerontokan sebelum matang sempurna. Sehingga cita-cita kita untuk menikmati buah matoa khas papua ini jadi gagal deh. Lantas apa sih bergotong-royong faktor penyebab buah matoa sering rontok dan menimbulkan gagal panen? Berikut ini Pak Tani Harry Bus akan membahasnya sesuai dengan pengalaman dan temuan sendiri.

 Penyebab buah matoa sering rontok sebelum matang sagatlah banyak dan bermacam-macam Penyebab Buah Matoa Rontok dan Cara Mengatasinya
Buah matoa terlihat kurang maksimal dan banyak rontok ( Foto original Pak Tani Harry Bus.blogspot.com )

Penyebab Buah Matoa Sering Rontok


Dalam artikel ini admin akan membagi faktor penyebab buah matoa sering rontok menjadi dua bagian, yaitu faktor dari luar (eksternal) dan faktor dari dalam (internal). Mari simak klarifikasi lengkapnya berikut ini.

1. Faktor dari luar tanaman (eksternal)

Adapun penyebab kenapa buah matoa anda sering mengalami kerontokan sebelum sanggup menjadi buah yang matang yaitu alasannya yaitu beberapa faktor, yang pertama yaitu faktor dari luar tanaman atau faktor eksternal. Apa saja faktor dari luar yang menimbulkan buah matoa gampang rontok? Adapun beberapa pola faktor eksternal yang menimbulkan buah matoa sering rontok yaitu :
  • Iklim dan cuaca
Faktor iklim dn cuaca sangat mensugesti keberhasilan dalam budidaya buah matoa. Maksudnya yaitu apabila buah matoa memasuki masa generatif, lalu datang animo kemarau maupun animo hujan secara berlebihan, akan menjadikan kerontokan buah secara dini. Hal ini biasa dikenal dengan istilah  faktor cuaca ekstrim, makanya sering kali terjadi kerontokan pada buah maupun bunga tanaman.
  • Serangan hama dan penyakit
Selain alasannya yaitu faktor cuaca yang kurang bersahabat, efek hama dan penyakit sangat besar sekali. Karena hama dan penyakit akan menciptakan tanaman buah matoa yang mulai berbunga menjadi gagal, risikonya sebelum sanggup menjadi buah yang tepat sudah rontok terlebih dahulu. Memang hama dan penyakit ini yaitu salah satu faktor penyebab buah matoa gampang rontok dan gagal panen, jikalau tidak segera disegah dan ditanggulangi akan merugikan sekali.
  • Kurang pasokan air
Ketika tanaman buah matoa sudah memasuki masa berbunga, air sangat penting sekali guna memperlancar proses pembuahan. Maka dari itu jikalau datang animo kemarau, penyiraman tanaman harus dilakukan setidaknya dua kali sehari.
Tidak hanya kurang air saja, tapi kurang pupuk juga sanggup menimbulkan buah matoa gampang rontok, untuk itu pupuklah tanaman secara rutin dan terpola biar buah matoa tidak gampang rontok. Selain itu jenis pupuk juga mensugesti buah matoa, untuk itu pilihlah jenis pupuk yang baik dan cocok untuk buah matoa.
Lihat juga : pupuk-buah-matoa-yang-baik-dan-dapat" target="_blank">Jenis Pupuk Yang Dapat Meningkatkan Produksi Buah Matoa

2. Faktor dari dalam tanaman

Faktor penyebab buah matoa sering rontok tidak hanya berasal dari luar tanaman saja, tapi bia juga berasal dari dalam tanaman. Contohnya yaitu kualitas bibit yang tidak baik, penyerbukan yang tidak sempurna. Semua hal itu memang harus kita perhatikan sebelum kita menanam buah matoa.

Cara mengatasi buah matoa yang sering rontok sanggup anda baca pada artikel lainnya pada link berikut ini.
Silahkan baca : pupuk-buah-matoa-yang-baik-dan-dapat" target="_blank">Cara Mengatasi dan Mencegah Agar Buah Matoa Tidak Praktis Rontok

Itulah beberapa Penyebab Buah Matoa Sering Rontok dan Cara Mengatasinya, semoga sanggup dijadikan masukan dan wawasan bagi anda semua.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser