-->

Ads1

Pengertian Monokotil Atau Monocotyledon (Tumbuhan Biji Tunggal)

Pengertian Monokotil Atau Monocotyledon (Tumbuhan Biji Tunggal)

Pengertian Monokotil Atau Monocotyledon (Tumbuhan Biji Tunggal)

Pada postingan sebelumnya kita membahas Pengertian dari Dikotil atau Dicotyledoneae (tumbuhan berkeping biji dua), kini blog sampulpertanian akan membahas artikel perihal Pengertian Monokotil atau Monocotyledon (Tumbuhan biji tunggal). Tanaman berjenis monokotil mempunyai ciri dan bentuk tumbuhan yang gampang untuk dibedakan dengan jenis tumbuhan menyerupai tumbuhan dikotil.


 Pada postingan sebelumnya kita membahas  Pengertian Monokotil atau Monocotyledon (Tumbuhan biji tunggal)
Monokotil atau Monocotyledon (Tumbuhan biji tunggal)
Pengertian Monokotil yaitu tumbuhan atau flora yang mempunyai biji berkeping tunggal, tumbuhan jenis ini akan mempunyai biji tetap utuh ketika ditanam namun usang kelamaan biji dari tumbuhan ini akan habis dengan sendirinya, berbeda dengan tumbuhan jenis dikotil yang mempunyai biji terbelah menjadi dua ketika tumbuhan tumbuh pertama kali.

Tanaman atau flora dari jenis monokotil mempunyai ciri yang sanggup dibedakan, dari mulai akar, batang, hingga pada bunganya, adapun ciri-ciri dari tumbuhan atau flora jenis monokotil yaitu sebagai berikut,

1. Biji tumbuhan Monokotil

Biji tumbuhan monokotil sanggup dilihat dengan gampang ketika ditanam, biji tumbuhan monokotil akan tetap utuh namun usang kelamaan biji dari tumbuhan monokotil akan habis diserap, sebab biji tersebut tersimpan cadangan makanan atau endosperm yang membantu memperlihatkan makanan untuk tumbuhan ketika pertama kali tumbuh.

2. Akar tumbuhan Monokotil

Ciri yang membedakan tumbuhan Monokotil atau Monocotyledon selanjutnya terletak pada perakaran tanaman, perakaran jenis tumbuhan atau flora ini mempunyai perakaran yang serabut, tumbuhan ini cenderung mempunyai perakaran yang cukup dangkal dan tidak berpengaruh menahan angin sehingga gampang roboh menyerupai Padi dan pisang.

3. Batang tumbuhan Monokotil

Batang tumbuhan Monokotil ini umumnya tidak mempunyai kambium didalamnya, sehingga jenis tumbuhan ini tidak sanggup diperbanyak dengan caravegetatif sepeti cangkok dan okulasi

4.Daun tumbuhan Monokotil

Tanaman atau flora jenis monokotil sanggup dilihat dari bentuk daunnya, daun pada tumbuhan monokotil mempunyai urat daun yang sejajar atau melengkung, biasanya mempunyai pelepahdaun, tidak beranting dan mempunayi daun tunggal.

5. Bunga tumbuhan Monokotil

Ciri tumbuhan atau flora dari jenis Monokotil sanggup juga dilihat dari bunganya, bunga tumbuhan ini mempunya ciri khas pada jumla kelopak pada bunganya, umunya bunga dari jenis tumbuhan monokotil mempunyai jumlak kelopak 3 buah atau kelipatan menyerupai 6 dan sembilan. menyerupai pola bunga anggrek dan bunga vanilli.

Demikian artikel perihal Pengertian Monokotil atau Monocotyledon (Tumbuhan biji tunggal), agar artikel ini sanggup menambah ilmu perihal dunia flora terutama perihal jenis tumbuhan monokotil, simpulan kata terima kasih.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser