-->

Ads1

Klasifikasi Dan Morfologi Cecenet Atau Ciplukan (Physalis Angulata L.)

Klasifikasi Dan Morfologi Cecenet Atau Ciplukan (Physalis Angulata L.)

Klasifikasi Dan Morfologi Cecenet Atau Ciplukan (Physalis Angulata L.)

Artikel kali ini blog sampulpertanian akan membahas wacana klsifikasi dan morfologi dari cecenet atau ciplukan, cecenet atau orang sering menyebutnya deengan cecndet ada juga yang menyebutnya dengan ciplukan merupakan tumbuhan yang gampang ditemukan di kebun atau diladang sebagai gulma.

Klasifikasi dan morfologi (Physalis angulata L.)
Cecenet atau dalam bahasa ilmiah disebut dengan Physalis angulata L. diperkirakan berasal dari benua Amerika dan sangat cocok tumbuh di tempat tropis termasuk di Indonesia. Cecenet diklasifikasikan kedalam kelas flora dikotil atau tumbuhan berkeping dua, untuk lebih terang wacana pembagian terstruktur mengenai dari cecenet dapat dilihat dibawah ini.

Klasifikasi Cecenet atau ciplukan
(Physalis angulata L.)
Kingdom
Plantae

Angiosperms

Eudicots

Asterids
Order
Solanales
Family
Solanaceae
Genus
Physalis
Species
P. angulata

Didalam morfologi tumbuhan cecenet secara garis besar dapat terdiri dari daun, batang, akar, bunga dan buah. adapun morfologi dari cecenet atau ciplukan yakni sebgai berikut,

1. Morfologi daun cecenet

Daun cecener memiliki panjang sekitar 7- 15 cm dengan lebar 3-5 cm, memiliki bentuk yang oval dengan diunung daun meruncing dan ditiap pinggiran daun berbentung bergerigi atau bergelombang. warna dari daun cecenet ini berwarna hijau.

2. Morfologi batang cecenet

Batang dari flora cecenet memiliki tinggi sekitar 0,5-1 meteran dengan pangkal batang berwarna coklat. bentuk batang berwarna bundar beralur. bila batang sudah bau tanah batang cecenet akan mengeras menyerupai kayu

3. Morfologi akar cecenet

Tumbuhan cecenet masuk kedalam kelas flora dikotil, berarti akar flora ini memiliki akar yang tunggang yang bercabang, akar flora ini akan membesar seiring pertumbuhan batang, warna dari akar cecenet berwarna putih.


4. Morfologi bunga cecenet

Bunga flora cecenet memiliki bunga tunggal yang tumbuh diujung tangkai, bunga flora ini berwarna putih pada ujung kelopak dan kecoklatan pada pangkal kelopak bunga, bunga ini memiliki 5 sisi ujung pada kelopak bunga nya. 

5. Morfologi buah cecenet

Buah flora ini cukup unik, buah cecenet diselubungi menyerupai kubah sehingga menutupi buah dati flora tersebut, buah cecenet berbentuk bundar dengan berwarna hijau benih ketika masih mentah dan berwarna kuning ketika buah sudah matang.

Demikian artikel wacana pembagian terstruktur mengenai dan morfologi dari Cecenet atau ciplukan (Physalis angulata L.), biar artikel ini dapat menambah pengetahuan wacana flora cecenet atau ciplukan. simpulan kata terima kasih.



Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Ads

Advertiser